Ingin Cepat Hamil? Coba Konsumsi Buah-Buahan Ini

Ternyata rutin mengonsumsi buah-buahan bisa membantu cepat hamil

26 Mei 2020

Ingin Cepat Hamil Coba Konsumsi Buah-Buahan Ini
unsplash.com/_jannis

Manfaat buah-buahan sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan tubuh. Bahkan untuk perempuan yang sedang ingin cepat hamil, konsumsi buah-buahan juga sangat dianjurkan guna mendukung program hamil. Hal inilah yang terkadang luput dari perhatian, karena menganggap konsumsi buah bisa digantikan dengan makanan lainnya.

Bagi beberapa pasangan, kehamilan istri mungkin didapat dengan mudah tanpa program khusus. Tapi tingkat kesuburan masing-masing perempuan tentunya berbeda, sehingga kemungkinan hamilnya pun pasti berbeda.

Nah, bagi Kamu yang saat ini sedang menjalani program hamil, ada baiknya jika didukung dengan mengonsumsi beberapa jenis buah untuk program hamil.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum beberapa buah-buahan yang dapat mendukung program hamil.

Buah-Buahan untuk Mendukung Program Hamil

1. Alpukat

1. Alpukat
Freepik/mrsiraphol

Ada keterkaitan yang unik antara buah alpukat dan perempuan. Jika dilihat sekilas, bentuk buah alpukat sangat mirip dengan rahim perempuan. Setelah diteliti, ternyata yang terkandung dalam alpukat sangat bermanfaat bagi para perempuan yang ingin cepat hamil.

Pasalnya, alpukat mempunyai kandungan asam folat sangat tinggi dibanding dengan buah-buahan lainnya, yang mana sangat berguna untuk menyuburkan kandungan. Diketahui bahwa kandungan asam folat dalam alpukat bisa memenuhi 22 persen kebutuhan harian perempuan.

Bukan hanya asam folat, tapi ada pula berbagai vitamin, omega-3, serat, dan sodium.

Editors' Picks

2. Pisang

2. Pisang
Freepik/jannoon028

Buah untuk program hamil berikutnya adalah pisang. Selain juga mengandung asam folat tinggi, pisang juga mengandung vitamin B6. Konsumsi buah pisang secara rutin akan melancarkan siklus menstruasi.

Sebab, siklus menstruasi yang sering terhambat ternyata dapat meningkatkan risiko tidak suburnya rahim. Selain itu, pisang juga diperkaya dengan zat besi, kalium, dan kalori, yang kelak akan mendukung kehamilan, sehingga sangat dianjurkan selama program hamil.

3. Kurma

3. Kurma
seruni.id

Kurma ternyata bukan hanya baik dikonsumsi saat berbuka puasa saja, tetapi juga banyak manfaatnya di hari-hari biasa. Kurma dianjurkan untuk perempuan yang sedang menjalani program hamil karena dapat memperkuat dinding-dinding rahim, yang tengah dipersiapkan untuk kehamilan.

Adapun kandungan penting di dalam buah kurma ini antara lain adalah fosfor, magnesium, kalsium, kalium, mangan, dan serat yang tinggi. Buah kurma ini juga bisa memenuhi asupan nutrisi dan mencegah anemia.

4. Nanas

4. Nanas
Freepik

Di periode awal kehamilan, buah nanas sangat dihindari oleh para ibu hamil, karena disebut-sebut bisa menyebabkan kontraksi hingga keguguran. Tapi ternyata, buah nanas juga bagus untuk program kehamilan. Sebab, di dalam nanas terkandung suatu enzim untuk membantu stimulasi produksi ovum, sehingga dapat menyuburkan rahim perempuan.

Selain itu, mengonsumsi buah nanas dapat menyeimbangkan hormon. Pria juga bisa merasakan khasiat mengonsumsi buah nanas untuk meningkatkan gairah saat berhubungan intim dengan istri. Untuk mendapat manfaatnya, konsumsilah 200-300 gram nanas per hari.

5. Manggis

5. Manggis
momjunction.com

Sumber asam folat lainnya adalah buah manggis, buah yang mengandung asam folat, vitamin c, dan mangan. Tak heran jika manggis juga dianjurkan untuk perempuan yang sedang menjalani program hamil. Manggis juga bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Sedangkan untuk perempuan hamil, konsumsi buah manggis dapat mencegah cacat lahir pada bayi dan kelahiran prematur.

Mengonsumsi buah untuk program hamil sangat penting demi meningkatkan kemungkinan hamil. Bukan hanya dikonsumsi secara langsung, tapi Mama juga bisa mengolahnya menjadi jus buah atau salad supaya tidak membosankan.

Itulah lima buah yang dapat mendukung program kehamilan yang Kamu jalankan. Jika ingin mengetahui kadar gizinya lebih lanjut, Kami bisa konsultasikan pada ahli gizi, untuk mengetahui buah mana yang paling cocok untuk program hamil kamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.