Simak, Pantangan Makanan untuk Kesuburan Laki-Laki

Ini makanan yang harus dihindari untuk meningkatkan kesuburan laki-laki

9 Maret 2021

Simak, Pantangan Makanan Kesuburan Laki-Laki
Pexels/jack-sparrow

Infertilitas atau ketidaksuburan memengaruhi sekitar 15 persen pasangan di seluruh dunia. Saat ini, membicarakan ketidaksuburan pasangan suami-istri bukan hanya tentang ovum atau sel telur.

Namun juga faktor pada laki-laki yang dapat memengaruhi ketidaksuburan. Ketidaksuburan pada laki-laki terjadi saat jumlah sperma kurang dari 39 juta setiap ejakulasi, atau kurang dari 15 juta sperma per mm.

Banyak hal yang dapat menyebabkan ketidaksuburan pada laki-laki, salah satunya adalah pilihan makanan. Pilihan makanan yang baik dapat meningkatkan kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan, termasuk peluang laki-laki untuk menjadi seorang papa. Begitu pula pada perempuan.

Berikut Popmama.com akan memberikan informasi mengenai pantangan makanan untuk kesuburan laki-laki

1. Hindari makanan yang dapat menyebabkan obesitas

1. Hindari makanan dapat menyebabkan obesitas
Pexels/olya-kobruseva

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa, obesitas dapat menjadi faktor berkurangnya kualitas sperma, obesitas juga menyebabkan berkurangnya hormon testoteron dan meningkatkan estrogen yang dapat berpengaruh negatif bagi kesuburan laki-laki.

Apa yang kita makan selalu menjadi pemicu permasalahan kesehatan diri. Laki-laki dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara rutin berolahraga untuk mengontrol berat badan.

Editors' Picks

2. Hindari mengonsumsi daging olahan

2. Hindari mengonsumsi daging olahan
pexels/votsis-panagiotis

Daging olahan memang makanan yang sangat enak dan sayang untuk dilewatkan. Namun, dalam kasus kesuburan laki-laki, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa memakan daging merah olahan dapat memicu penurunan jumlah sperma dan perubahan motilitas sperma.

Kamu bisa mengganti daging merah olahan dengan mengonsumsi daging ayam, yang tidak berpengaruh buruk terhadap kesuburan.

3. Hindari makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi

3. Hindari makanan mengandung lemak gula tinggi
Pexels/alleksana

Makanan yang tinggi lemak dan tinggi kandungan gula yang dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak kesuburan pada laki-laki dan menjadi racun untuk sperma.

Jadi pastikan kamu memilih makanan yang lebih sehat, ya.

4. Kedelai dan alkohol

4. Kedelai alkohol
Pexels/polina-tankilevitch

Mengonsumsi kedelai yang memiliki kandungan estrogen secara berlebihan, dapat membahayakan fungsi yang ada pada sperma. Laki-laki dianjurkan untuk selalu memerhatikan kadar makanan yang dikonsumsi perharinya, untuk mencegah kerusakan fungsi sperma.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak alkohol juga tidak diperbolehkan. Selain akan merusak kesehatan tubuh, alkohol juga sangat membahayakan bagi kesuburan.

5. Hal yang perlu dilakukan

5. Hal perlu dilakukan
Pexels/deon-black

Demi mengontrol makanan yang dikonsumsi, selalu terapkan hidup sehat dan mulai melaksanakan diet. Para pria juga harus mengurangi begadang.

Mungkin, hal ini akan susah untuk dilakukan, sebab itu sebagai pasangan, perempuan juga harus mendukung terlaksananya hidup sehat. Dukungan yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan memberikan motivasi berupa selalu mengingatkan keinginan kamu dan pasangan untuk mempunyai anak.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang memberikan kesehatan pada tubuh. Makanan yang dianjurkan adalah buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan seperti bayam, kacang, stroberi. Selain itu juga mengonsumsi protein hewani yang tidak berlemak.

Itulah informasi mengenai pantangan makanan untuk kesuburan laki-laki. Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi kamu dan pasangan yang sedang menantikan kedatangan si Kecil, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.