5 Olahraga yang Bisa Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Tubuh tetap prima, kesempatan memiliki momongan pun semakin terbuka

25 Januari 2022

5 Olahraga Bisa Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil
Freepik

Mempersiapkan kehamilan tak hanya bicara tentang nutrisi, Ma. Kondisi fisik yang prima sejak masa persiapan pun merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan.

Dengan olahraga yang baik, maka stamina dan metabolisme tubuh pun jadi lebih terjaga. Tentu saja ini juga dapat meningkatkan kesuburan.

Jika sebelumnya Mama tidak terbiasa berolah raga, belum terlambat kok. Ini bahkan bisa menjadi awal yang baru untuk memulai kebiasaan sehat.

Berikut ini Popmama.com rangkum olahraga yang bisa meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Yuk, simak!

1. Berlari dan berjalan santai untuk latihan kardio

1. Berlari berjalan santai latihan kardio
vulcantyref.top

Lari atau berjalan adalah olahraga yang dapat Mama lakukan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, olahraga ini termasuk cukup mudah dan ringkas untuk dilakukan. 

Mama cukup memakai sepatu olahraga dan menggunakan kaos olahraga favorit Mama.

Olahraga ini juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk melatih kardiovaskular lho, Ma. Bahkan tak hanya saat mempersiapkan kehamilan, saat memasuki masa kehamilan pun olahraga ini menjadi salah satu yang direkomendasikan oleh para dokter.

Namun, jika Mama memiliki keadaan tertentu pastikan untuk berkonsultasi sebelum melakukan olahraga ini untuk mengurangi cedera.

Editors' Picks

2. Angkat beban untuk membangun tonus otot dan kekuatan tulang

2. Angkat beban membangun tonus otot kekuatan tulang
Freepik/nonthachai

Walau terdengar cukup berat, latihan angkat beban juga bisa Mama lakukan sendiri baik di gym atau di rumah. Mama bisa memulainya dengan beban yang cukup ringan, sesuai dengan rekomendasi ahli.

Latihan angkat beban direkomendasikan karena dapat membantu membangun tonus otot dan kekuatan tulang. Ini merupakan hal yang penting untuk memastikan Mama tetap bugar dan aktif di masa kehamilan nanti.

Mulai lakukan latihan dengan beban yang ringan dan lakukan dengan repetisi. Jika Mama tidak memiliki beban, Mama bisa melakukan beberapa gerakan seperti lunge, squat, crunch, dan push-up.

3. Pilates atau yoga yang bisa meningkatkan keseimbangan, daya tahan, dan membuat tubuh lebih relaks

3. Pilates atau yoga bisa meningkatkan keseimbangan, daya tahan, membuat tubuh lebih relaks
Freepik/user18526052

Pilates atau yoga dapat membantu Mama untuk meningkatkan fleksibilitas dan juga ketenangan.

Selain itu, olahraga ini juga direkomendasikan karena baik untuk membangun kekuatan, keseimbangan, daya tahan tubuh, dan kekuatan otot.

Ini semua adalah hal-hal yang Mama butuhkan di masa konsepsi.

Jika ini adalah yoga pertama Mama, ada baiknya dilakukan bersama instruktur atau Mama bisa mengambil mengambil kelas khusus. Tapi, jika Mama sudah sering melakukannnya cobalah untuk melakukan yoga bikram yang lebih menantang.

4. Berenang untuk membuat tubuh lebih relaks dan menambah tonus otot

4. Berenang membuat tubuh lebih relaks menambah tonus otot
Pexels/AndreaPiacquadio

Olahraga yang satu ini bisa jadi favorit Mama, lho. Selain bebas dari keringat, olahraga ini juga bisa membuat pikiran dan tubuh Mama jadi lebih segar.

Walau terlihat ringan, nyatanya latihan berenang adalah latihan berdampak rendah yang membangun tonus otot dan dapat memberikan manfaat kardiovaskular yang luar biasa.

Berenang juga sangat ideal untuk dilakukan saat hamil karena dapat membuat tubuh Mama jadi lebih ringan. Olahraga ini bahkan bisa meringankan gejala awal kehamilan yang umum seperti mual dan juga bengkak, lho.

5. Latihan sepeda statis, latihan kardio ringan yang aman

5. Latihan sepeda statis, latihan kardio ringan aman
Pixabay/valkovav

Olahraga ini merupakan olahraga yang cocok dilakukan untuk Mama yang tidak suka dengan teriknya matahari, tapi ingin tetap bugar. 

Para ahli pun merekomendasikan jenis olahraga kardio ini, baik di masa konsepsi atau pun saat Mama memasuki masa kehamilan. Alasannya karena olahraga ini merupakan salah satu olahraga kardio yang aman dan memiliki dampak rendah, bahkan di masa kehamilan.

Walau dilakukan di dalam ruangan, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik ya, Ma.

Itulah tadi beberapa olahraga yang bisa meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk