Agar Cepat Hamil, Ini 5 Cara Alami Memperbaiki Teratozoospermia

Salah satu yang termudah adalah mengatur gaya hidup

29 Juli 2021

Agar Cepat Hamil, Ini 5 Cara Alami Memperbaiki Teratozoospermia
Freepik/whatwolf

Ada beberapa masalah kesuburan yang bisa dialami pria, di antaranya adalah kualitas sperma. Adalah teratozoospermia yang menjadi salah satu pemicu pasangan sulit mendapat keturunan. 

Teratozoospermia adalah suatu kondisi gangguan kesuburan yang disebabkan oleh produksi sel sperma yang abnormal lebih banyak dibanding yang normal. 

Ini membuat sperma kesulitan untuk membuahi sel telur. Sehingga, kehamilan pun tidak mudah dicapai. 

Meski terasa sulit, namun kondisi ini masih bisa diperbaiki. Jika masih ingin menempuh cara yang alami, Popmama.com akan memberikan caranya. 

1. Mengubah gaya hidup

1. Mengubah gaya hidup
Freepik/drobotdean

Perlu diketahui, ada banyak kenapa seorang laki-laki bisa mengalami teratozoospermia. Beberapa di antaranya adalah karena merokok, mengonsumsi alkohol, stres, kurang tidur, paparan polusi, dan pola makan yang tidak sehat. 

Salah satu cara alami dan mudah yang bisa dilakukan adalah menghentikan semua kebiasaan buruk tersebut. Jika senang begadang, maka hentikan dan mulailah tidur dengan lebih berkualitas. 

Begitu juga jika masih senang merokok, maka usahakan untuk berhenti, tidak juga menggantinya dengan vape. Dengan makanan, kamu bisa mengurangi makanan siap saji dan ultraproses dan perbanyak makanan utuh. 

Editors' Picks

2. Perbanyak asupan dengan antioksidan dan asam amino

2. Perbanyak asupan antioksidan asam amino
Freepik/rawpixel.com

Dilansir dari novaivffertility.com, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur asupan makanan harian. Mengonsumsi diet yang seimbang adalah kuncinya. 

Untuk memperbaiki kualitas sperma, kamu bisa memperbanyak makanan seperti buah dan sayuran yang kaya antioksidan. Begitu juga dengan makanan yang mengandung asam amino. Usahakan seimbangkan dengan sumber vitamin dan mineral lainnya juga, ya!

3. Ganti daging dengan ikan

3. Ganti daging ikan
Freepik/zefirchic06

Jika selama ini Papa senang makan daging sapi atau ayam, kini saatnya mengganti menu harian. Perbanyaklah menu seafood terutama ikan karena mengandung omega 3 yang tinggi. 

Di mana kandungan makanan dengan asam omega 3 bisa membantu memperbaiki produksi sperma. 

4. Perbanyak vitamin C dan vitamin E

4. Perbanyak vitamin C vitamin E
Pixabay/pixel2013

Dilansir dari jurnal yang dipublikasikan di hindawi.com, menunjukkan bahwa asupan vitamin E dan vitamin C merupakan yang paling efektif memberikan perubahan bagi penderita teratozoospermia. 

Masih dari penelitian tersebut, dikatakan bahwa antioksidan berperan sangat penting untuk melindungi sperma dari kerusakan dan bisa memperbaiki kerusakan yang dikarenakan teratozoospermia. 

5. Lakukan olahraga secara teratur

5. Lakukan olahraga secara teratur
Pexels/Ketut Subiyanto

Dengan gaya hidup yang terlanjur tidak sehat, maka ini akan makin memperburuk kualitas sperma. Pria dengan kelainan bentuk sperma bisa memperbaikinya dengan melakukan olahraga secara teratur. 

Menurut sciencedirect.com, para laki-laki yang punya masalah dengan kesehatan dan kualitas spermanya bisa melakukan olahraga secara teratur karena efeknya terlihat bisa memperbaiki kondisi sperma. 

Papa tak perlu berolahraga secara berlebihan namun tidak rutin. Lebih baik yang masuk akal baik durasi dan gerakan, namun dilakukan dengan terjadwal. 

Itu dia beberapa cara alami yang bisa ditempuh untuk memperbaiki teratozoospermia. Semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.