Benarkah Polip Rahim Membuat Perempuan jadi Sulit Hamil?

Bisa jadi salah satu penyebab sulitnya hamil, Ma

2 Agustus 2021

Benarkah Polip Rahim Membuat Perempuan jadi Sulit Hamil
Freepik/Racool_studio

Selain miom dan kista, ada juga masalah lain yang memengaruhi proses kehamilan seseorang yaitu polip, tepatnya yang terletak di rahim. Sebenarnya, seberapa besar kemungkinan seseorang bisa hamil meski punya polip?

Polip rahim punya nama lain endometrial polip. Biasanya bentuknya kecil dan lembut, bertumbuh di dalam uterus perempuan, atau di dalam rahim. 

Dilansir dari researchgate.net, ukuran polip bisa sekecil biji wijen, atau sebesar bola golf. Juga, ada yang hanya punya 1 polip, atau malah beberapa di dalam rahimnya. 

Apakah kondisi ini membuat seseorang lebih sulit hamil? Atau, sebenarnya tak masalah sama sekali?

Untuk lebih jelasnya, Popmama.com akan menjelaskan dengan lengkap mengenai polip khusus untuk kamu. 

1. Penyebab polip yang masih belum diketahui pasti

1. Penyebab polip masih belum diketahui pasti
theestablishment.co

Seperti kebanyakan penyakit lainnya, kehadiran polip pun belum jelas diketahui asalnya. Para peneliti dan dokter mengungkapkan bahwa kemungkinan besar penyebabnya adalah perubahan hormon. 

Ketika hormon estrogen naik dan turun, dinding rahim menebal dan meluruh saat mens. Ketika terlalu tebal, maka polip bisa muncul. 

Selain itu, dari webmd.com, perempuan dengan obesitas, memiliki tekanan darah tinggi, dan punya riwayat kanker payudara juga punya risiko lebih tinggi memiliki polip dibanding perempuan lainnya. 

Editors' Picks

2. Gejala seseorang yang memiliki polip

2. Gejala seseorang memiliki polip
Freepik/kroshka__nastya

Kebanyakan perempuan tidak merasakan gejala apapun dan bisa saja tiba-tiba didiagnosa memiliki polip. Namun pada umumnya, gejala yang dirasakan saat memiliki polip antara lain mengalami jadwal mens yang berantakan, mens dengan darah yang sangat banyak, terjadi pendarahan saat haid, dan kesulitan hamil. 

Meski kebanyakan polip adalah jaringan yang jinak, namun ada beberapa kasus yang membuatnya berkembang menjadi kanker. 

Dari healthline.com, seperti miom, polip bisa kembali tergantung keadaan hormon seseorang. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengecek kondisi rahim, terutama jika kamu sedang merencanakan kehamilan. 

3. Fakta bahwa polip menyulitkan kehamilan

3. Fakta bahwa polip menyulitkan kehamilan
Freepik/freepik

Menurut txfertility.com, keberadaan polip sedikit banyak memengaruhi kesuburan dan kemungkinan seseorang hamil. 

Sebenarnya, belum ada penelitian yang mendukung bahwa pengangkatan polip bisa meningkatkan kesempatan hamil. Namun sebuah penelitian yang cukup akurat membuktikan bahwa saat polip diangkat, kesempatan hamil meningkat hingga 63%. 

Sedangkan jika belum diangkat, maka tingkat keberhasilan hamil dengan polip hanya sebesar 28% saja. 

Menariknya, saat polip yang tumbuh di jalur uterus diangkat, kemungkinan hamil lebih tinggi dibanding mengangkat polip di tempat lain. Dengan begitu, jelas sekali polip menjadi penghalang tersendiri untuk proses kehamilan. 

Namun polip bukanlah satu-satunya masalah kesulitan hamil, jadi lebih baik cek secara menyeluruh mengenai organ reproduksi kamu dan pasangan untuk mendapat hasil yang valid. 

4. Cara mengobati polip di rahim

4. Cara mengobati polip rahim
Pexels/karolina-grabowska

Memiliki polip di rahim bukanlah akhir dari segalanya. Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan atau mengangkat polip. 

Di beberapa kasus, dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat yang membantu mengontrol hormon. Sementara pada beberapa kasus berisiko, dokter akan mengangkatnya menggunakan cara operasi. 

Apapun itu, pastikan bahwa itu adalah langkah yang terbaik untukmu, ya. 

Itu dia beberapa fakta mengenai polip yang ternyata punya hubungan dengan kesulitan hamil. Penting sekali untuk punya gaya hidup yang sehat sehingga hormon bisa lebih terkontrol. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.