5 Fakta Buah Parijoto yang Dipercaya Mengatasi Sulit Hamil

Dari berbagai buah yang disarankan, parijoto termasuk salah satunya

26 Juli 2021

5 Fakta Buah Parijoto Dipercaya Mengatasi Sulit Hamil
shopee.co.id

Parijoto adalah salah satu buah yang dipercaya bisa membantu pasangan yang sedang berusaha memiliki buah hati. Dikatakan, buah ini bisa meningkatkan kesuburan. 

Parijoto atau parijata adalah buah yang berasal dari tanaman liar. Memiliki nama ilmiah Medinilla speciosa, buah ini sering ditemukan di Indonesia dan Filipina. 

Bagi sebagian orang, buah ini dipercaya manjur untuk meningkatkan peluang hamil bagi mereka yang selama ini kesulitan punya momongan. 

Lebih dalam, Popmama.com akan mengulik fakta-fakta dari buah parijoto. 

1. Merupakan tanaman liar

1. Merupakan tanaman liar
Specialtyproduce.com

Meski sekarang sudah banyak yang membudidayakannya, sebenarnya parijoto adalah tanaman semak yang hidup liar. Mereka tumbuh di ketinggian 800-2.300 mdpl dan juga di hutan hujan tropis. 

Beberapa tempat yang banyak ditemui parijoto secara liar adalah Gunung Andong dan Gunung Muria. Lalu, ada juga di Kalimantan, dan bahkan Filipina. 

Editors' Picks

2. Menjadi tanaman hias yang banyak dicari

2. Menjadi tanaman hias banyak dicari
amazon.com

Sebagai tanaman semak, parijoto juga dilirik pasar internasional. Ia dijadikan tanaman hias di Eropa, Amerika, dan juga Asia. 

Seperti contoh, parijoto punya harga yang cukup mahal jika dijual di Jepang karena menjadi primadona untuk tanaman hias. 

Pohonnya yang subur dengan bunga dan buah yang berwarna ungu mampu mempercantik tembok dan pagar. 

3. Mengandung antioksidan 

3. Mengandung antioksidan 
Freepik/rawpixel.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan di ejournal2.litbang.kemkes.go.id, buah parijoto mengandung senyawa aktif flavonoid. Di mana, senyawa ini punya aktifitas biologis sebagai anti radikal bebas dan antioksidan. 

Antioksidan bisa membantu meregenerasi sel reproduksi di dalam tubuh. Serta melawan radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatan tubuh, termasuk organ reproduksi. 

4. Membantu melindungi sel telur

4. Membantu melindungi sel telur
theestablishment.co

Buah ini juga mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan sel telur perempuan. Vitamin A yang terdapat di dalamnya bisa melindungi sel telur dari kerusakan karena radikal bebas. 

Beta karoten juga punya kemampuan melindungi DNA dan membantu memperbaiki kualitas sperma pria. 

5. Cara mengonsumsi parijoto dengan aman

5. Cara mengonsumsi parijoto aman
catatanshand.blogspot.com

Parijoto atau anggur Asia ini punya citarasa yang sedikit asam. Kalau mengonsumsinya langsung, mungkin tidak bisa terlalu banyak agar tidak mengganggu pencernaan. 

Namun saat ini sudah banyak olahan dari buah tersebut seperti dibuat selai, sirup, atau roti dan keripik. Untuk lebih mudahnya, kamu juga bisa langsung membeli obat herbal parijoto yang sudah dalam kemasan. 

Jika ingin makan langsung, icip dahulu sedikit untuk melihat reaksi alergi, ya!

Mengonsumsi beberapa makanan menjadi salah satu cara dan usaha untuk mendapatkan keturunan. Namun jangan sampai terbutakan sehingga melewatkan asupan gizi yang seimbang. 

Pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, rutin berolahraga, hindari stres, dan jangan lupa berdoa. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.