Menurut Penelitian, Diet Vegan Meningkatkan Kesuburan Perempuan

Asal makanan yang dikonsumsi memiliki gizi yang seimbang, ya

25 Mei 2021

Menurut Penelitian, Diet Vegan Meningkatkan Kesuburan Perempuan
Pixabay/Jill111

Ada banyak jenis diet yang bisa dilakukan, salah satunya diet vegan. Sebuah penelitian mengungkapkan bagaimana diet jenis ini bisa meningkatkan kesuburan perempuan. 

Hampir semua ahli akan menyarankan untuk melakukan diet seimbang untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Namun ternyata, ada juga yang mengungkapkan bahwa diet vegan bisa membantu menyuburkan organ reproduksi perempuan. 

Seperti apa penelitiannya, dan apakah sesuai dengan fakta yang ada? Popmama.com akan menjabarkannya untuk Mama. 

1. Perempuan yang makan buah dan sayuran lebih besar kemungkinan hamil

1. Perempuan makan buah sayuran lebih besar kemungkinan hamil
Freepik/gpointstudio

Sebuah studi mengenai jurnal medis untuk reproduksi melibatkan 5,5 ribu perempuan yang belum pernah hamil, mengenai diet mereka. 

Perempuan yang berasal dari Inggris, Irlandia, Selandia Baru, dan Australia ini diwawancara oleh para bidan saat pertama kali datang konsultasi. 

Informasi yang dihasilkan menyebutkan bahwa perempuan dengan asupan buah paling sedikit memiliki waktu lebih panjang untuk akhirnya hamil. 

Risiko ini meningkat dari 8-12% dari mereka yang tidak suka atau jarang makan buah. 

Editors' Picks

2. Perempuan yang senang konsumsi fast food lebih tinggi risiko sulit hamil

2. Perempuan senang konsumsi fast food lebih tinggi risiko sulit hamil
scinexx.de

Dari penelitian yang sama disebutkan bahwa perempuan yang suka makan fast food minimal 4 kali seminggu memiliki risiko sulit hamil yang lebih tinggi. 

Mereka yang gemar makan junk food memiliki risiko 16% lebih sulit dibanding perempuan lain yang tidak mengonsumsinya. 

Hal ini didukung dengan sebuah studi di Harvard School of Public Health yang menunjukkan bahwa ketidaksuburan ovulasi hampir 40% lebih mungkin terjadi pada perempuan yang banyak mengonsumsi protein hewani. 

3. Makanan vegan mengandung lebih banyak nutrisi yang baik untuk kesuburan

3. Makanan vegan mengandung lebih banyak nutrisi baik kesuburan
freepik/valeria_aksakova

Pola makan vegan dipercaya bisa meningkatkan kesuburan karena banyaknya kandungan antioksidan, protein nabati, dan vitamin lainnya dari buah, sayur, dan kacang-kacangan. 

Buah dan sayur yang mengandung antioksidan bisa juga membersihkan tubuh dari senyawa yang bisa merusak kesehatan reproduksi. 

Sedangkan untuk kamu yang butuh kandungan omega-3, asam folat, dan B12 untuk memicu kehamilan, maka bisa mendapatkannya dari minyak biji rami dan kacang kenari. 

4. Pada dasarnya, hampir setiap perempuan tidak punya masalah dengan kesuburan

4. dasarnya, hampir setiap perempuan tidak pu masalah kesuburan
Freepik/user18526052

Salah satu dokter yang menginisiasi penelitian ini, dr Jessica Grieger mengatakan, bahwa pada dasarnya hampir setiap perempuan memiliki organ reproduksi yang baik dan sehat. 

Jika seseorang mengalami kesulitan hamil, maka bisa melihat kembali seperti apa makanan yang selama ini dikonsumsinya. Dari sana barulah terlihat seperti apa risiko yang ia miliki, karena asupan makanan yang tidak sehat yang telah dikonsumsinya selama ini. 

Makanan yang tidak seimbang dan gaya hidup yang tidak sehat bisa memengaruhi kesuburan. Itu termasuk dengan kenaikan berat badan yang drastis, riwayat merokok, dan minum alkohol. 

5. Jenis makanan yang bisa meningkatkan kesuburan perempuan

5. Jenis makanan bisa meningkatkan kesuburan perempuan
Freepik/User6694312

Penelitian ini juga tidak hanya menyebutkan buah dan sayur saja. Lebih jauh, mereka mengatakan bahwa makanan seperti gandum utuh, lemak sehat, dan protein nabati bisa membantu meningkatkan kesehatan kesuburan perempuan. 

Namun tetap konsumsi segalanya dengan seimbang karena jika berlebihan malah bisa merugikan tubuh dan membuat ketidakseimbangan gizi. Tak hanya berpengaruh pada berat badan, namun juga pada hormon yang punya peran penting pada kesuburan reproduksi perempuan. 

Mulai saat ini, jangan malas konsumsi makanan nabati seperti sayur, buah dan kacang-kacangan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.