Meski Subur bisa Juga Sulit Hamil? Ini 5 Penyebab yang Harus Kamu Tahu

Pernah menunda kehamilan bisa jadi salah satu kemungkinannya

16 Juni 2021

Meski Subur bisa Juga Sulit Hamil Ini 5 Penyebab Harus Kamu Tahu
Freepik/freepic.diller

Setelah melewati serangkaian tes, terlihat bahwa kondisi reproduksi kamu subur. Namun nyatanya, kamu masih sulit hamil. Kenapa, ya?

Selain tes kehamilan, kamu juga bisa membeli alat untuk mengecek kesuburan. Biasanya, ini digunakan untuk menghitung masa subur untuk menyesuaikan dengan waktu berhubungan intim. 

Kesuburan organ reproduksi memang berperan penting dalam kesempatan hamil seseorang. Namun tak hanya itu, ada faktor lain yang tak kalah penting juga. 

Bersama Popmama.com, inilah beberapa alasan kenapa kamu sulit hamil meski sedang subur. 

1. Berat badan yang tidak ideal

1. Berat badan tidak ideal
Freepik/Atlascompany

Dilansir dari clevelandclinic.org berat badan seorang perempuan bisa memengaruhi kesempatan untuk hamil. 

Menurut penelitian, peluang hamil terbaik terjadi saat IMT berada di rentang 20-25. Perempuan yang IMT kurang dari 20 atau lebih dari 25 memiliki peluang kehamilan yang lebih rendah 18% dari perempuan yang memiliki berat badan ideal. 

Editors' Picks

2. Memiliki masalah dengan organ reproduksi

2. Memiliki masalah organ reproduksi
Freepik/gballgiggsphoto

Memiliki masalah tertentu dengan reproduksi tidak menutup kemungkinan kamu tetap mengalami siklus subur.

Seperti saat mengalami masalah tuba falopi yang tersumbat, kamu tetap memiliki siklus subur secara rutin, apalagi jika gaya hidupnya sehat. 

Namun karena tersumbatnya tuba falopi, sehingga kehamilan alami sulit untuk terjadi. 

Dari medicalnewstoday.com disebutkan, beberapa masalah organ reproduksi yang juga berpengaruh pada kehamilan adalah endometriosis, PCOS, miom, dan chlamydia.

3. Kualitas sperma pasangan

3. Kualitas sperma pasangan
Freepik/whatwolf

Sudah waktunya masa subur, sudah memaksimalkan waktu untuk berhubungan intim dengan rutin selama waktu tersebut, namun kenapa masih sulit hamil? 

Mungkin Mama perlu mengecek kondisi sperma suami. Beberapa masalah sulit hamil disebabkan oleh kualitas sperma yang buruk seperti terlalu cair, jumlah sperma yang sedikit, atau mengalami kelainan bentuk. 

Jangan hanya memeriksakan diri sendiri, namun Papa juga perlu dicek ya, Ma. 

4. Pernah menunda kehamilan

4. Pernah menunda kehamilan
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Tidak semua pasangan ingin langsung punya anak setelah menikah. Ada beberapa yang memang sengaja menunda dan akhirnya memutuskan untuk mengonsumsi pil penunda hamil atau alat kontrasepsi. 

Pada beberapa kasus, penggunaan KB hormonal jangka panjang bisa menyebabkan perempuan sulit hamil. Salah satunya adalah KB suntik yang bisa memengaruhi siklus menstruasi dan masa subur. 

Dikutip dari Healthline, pil KB bisa menurunkan kesempatan kehamilan karena mengandung estrogen dan progesteron yang mencegah pelepasan sel telur saat ovulasi. 

5. Kondisi mental yang stres

5. Kondisi mental stres
Freepik/freepik

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di ncbi.nlm.nih.gov, tingkat stres seseorang juga bisa memengaruhi kemungkinan hamil seseorang. Pikiran yang tidak tenang bisa berpengaruh besar pada pelepasan hormon. Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu penyebab seseorang sulit hamil. 

Kamu yang sering stres karena pekerjaan, gaya hidup tidak sehat, dan sering kurang tidur bisa menenangkan diri agar tidak mudah stres. Dengan begitu, kemungkinan hamil pun bisa lebih besar. 

Itulah beberapa alasan kenapa seseorang tidak bisa hamil meski sudah mengalami masa subur. Jika sudah tahu penyebabnya, jangan lupa untuk segera memperbaikinya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.