Tingkatkan Kualitas Sperma, Ini 5 Buah yang Mengandung Likopen Tinggi

Selain tomat, ada juga beberapa buah lainnya

30 Juli 2021

Tingkatkan Kualitas Sperma, Ini 5 Buah Mengandung Likopen Tinggi
Pexels/Trang Doan

Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan organ reproduksi laki-laki, salah satunya adalah asupan makanan yang sehat. Dari buah-buahan, ada satu kandungan nutrisi yaitu likopen yang bermanfaat untuk kesehatan dan kualitas sperma. 

Selama ini, banyak orang menganggap tomat saja yang mengandung likopen tinggi yang bisa membuat kualitas sperma sangat bagus. Namun, masih ada beberapa buah lain yang manfaatnya tak kalah besar. 

Umumnya, likopen terkandung pada sayur dan buah-buahan yang berwarna cerah. Untuk lebih jelasnya, Popmama.com akan menjabarkannya, hanya untuk Mama.

1. Tomat untuk meningkatkan kualitas sperma

1. Tomat meningkatkan kualitas sperma
Freepik/azebaijan_stockers

Diketahui bahwa antioksidan penting sekali untuk melawan radikal bebas yang mungkin bisa merusak sel sehat di dalam tubuh. Tomat adalah salah satu buah yang mengandung banyak antioksidan. Tomat juga dianggap menjadi buah yang baik bagi sperma.

Selain likopen, buah ini juga mengandung lutein, kolin, dan asam folat yang baik untuk kesehatan organ reproduksi. 

Hal ini didukung dari penelitian yang dilansir dari BBC News, bahwa laki-laki yang mengonsumsi 2 sendok makan olahan tomat setiap hari memiliki kualitas sperma lebih baik dibanding mereka yang hanya mengonsumsi suplemen saja. 

Editors' Picks

2. Jeruk grapefruit yang juga mengandung vitamin C

2. Jeruk grapefruit juga mengandung vitamin C
Freepik/Racool_studio

Buah yang dianggap bagus untuk kualitas sperma jeruk. Menurut myfooddata.com, dalam 100 g buah grapefruit, terdapat 1.219 ug likopen. Di mana, likopen ini juga bisa meningkatkan motilitas sperma atau kemampuan sperma untuk berenang dan membuahi sel telur. 

Selain itu, grapefruit juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi yaitu 71,8 mg per 150 gr, setara dengan kebutuhan 80% vitamin C harian orang dewasa. 

Vitamin C juga penting untuk kesehatan organ reproduksi, dan tentunya untuk menjaga imun tubuh. 

3. Jambu biji merah yang mengandung likopen paling tinggi 

3. Jambu biji merah mengandung likopen paling tinggi 
Pixabay/josepaulomv

Selain baik untuk penderita DBD, jambu biji merah juga bagus, lho, untuk Papa. Karena buah ini mengandung likopen paling tinggi dibanding buah-buahan lainnya. 

Dalam 150 gr jambu biji merah, terdapat 5.204 ug likopen, sedangkan dalam tomat hanya terdapat 3.041 ug saja. 

Kandungan likopen yang tinggi bisa menurunkan jumlah sperma yang berbentuk abnormal. Jadi, untuk Papa yang punya masalah dengan sperma, bisa rutinkan mengonsumsi buah ini. 

Oh iya, jambu biji merah ini juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. 

4. Semangka yang segar dan mampu meningkatkan kualitas sperma

4. Semangka segar mampu meningkatkan kualitas sperma
Freepik

Seorang pendiri klinik bayi tabung di Cambridgeshire, Inggris, Simon Fishel mengatakan penting sekali untuk mengonsumsi makanan sehat sebelum melakukan program kehamilan. 

Satu lagi buah yang tinggi likopennya adalah semangka. Buah berwarna cerah ini tak hanya menyegarkan namun juga membantu meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam promil pada pria. 

Dalam 150 gr semangka, terkandung 4.532 ug likopen. Buah ini juga mengandung banyak air yang mampu menjaga asupan cairan ke tubuh. 

5. Pepaya yang sering dianggap biasa saja

5. Pepaya sering dianggap biasa saja
Freepik/jcomp

Buah yang punya likopen cukup tinggi dan mudah ditemui di mana saja adalah pepaya. Dalam 100 gr pepaya, terkandung 1.828 ug likopen. 

Seperti kebanyakan buah dengan likopen tinggi lainnya, pepaya juga mengandung vitamin C yang tinggi. Mengonsumsi 150 gr pepaya bisa memenuhi 98% kebutuhan vitamin C harian kamu. 

Jadi, siapa bilang sehat itu selalu mahal? Kamu masih bisa mencari buah-buahan lokal yang murah dan mudah didapat. Apalagi jika manfaatnya besar, Ma!

Itu dia beberapa buah yang bagus untuk kualitas sperma. Terutama untuk Mama dan Papa yang sedang merencanakan program kehamilan. Yuk, mulai hidup sehat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.