7 Daftar Ceklis Saat Mempersiapkan Kehamilan yang Harus Mama Buat

Ini dia hal penting yang harus kamu perhatikan saat mempersiapkan kehamilan, mudah kok ternyata

27 Maret 2019

7 Daftar Ceklis Saat Mempersiapkan Kehamilan Harus Mama Buat
Unsplash/Ludo Sawicki

Kamu mungkin belum hamil saat ini, tetapi ada banyak yang dapat kamu persiapkan sekarang untuk membuat keadaan kamu sesehat mungkin demi bayi yang nantinya tumbuh di dalam rahim kamu.

Pertimbangkan daftar berikut ini, karena ini tugas kamu bersama pasangan.

Sejak awal, perempuan yang masuk ke tahap mempersiapkan kehamilan tentu harus banyak konsumsi makanan mengandung asam folat. Ini tidak boleh tertinggal sejak awal pembentukan bakat janin di rahim kamu.

Baca Juga: 10 Pilihan Makanan dengan Kandungan Asam Folat

Selanjutnya kamu bisa perhatikan 7 hal berikut ini:

1. Buat janji dengan dokter kandungan

1. Buat janji dokter kandungan
Unsplash/josephineamaliepaysen

Benar, kamu akan sering bertemu dengan dokter kandungan setelah kamu hamil, tetapi itu ide yang baik untuk memesan kunjungan sebelumnya. 

Kunjungan sebelum kehamilan sebagai konsultasi awal.

Bahkan jika kamu sudah hamil sebelumnya. Kalau kamu memiliki masalah kesehatan yang dapat memengaruhi peluang kehamilan atau yang dapat membuat kehamilan menjadi lebih berisiko, penting untuk mengendalikan masalah tersebbut mulai dari sekarang.

Jika penyakit seperti cystic fibrosis berjalan di keluarga kamu atau pasangan, kamu mungkin juga ingin menemui konselor genetik atau melakukan tes skrining prakonsepsi.

Baca Juga: Cek 8 Persiapan Penting Sebelum Melahirkan Ini Menurut Obgyn

2. Memeriksa kesehatan gusi

2. Memeriksa kesehatan gusi
Unsplash/Adrian Sava

Ada hubungan antara kesehatan mulut yang baik dan kehamilan yang sehat. Penyakit gusi terkait dengan kelahiran dini dan berat badan lahir rendah. Jadi sekarang saatnya untuk menemui dokter gigi untuk mengatasi masalah kesehatan gusi ini.

Baca Juga: Pengaruh Antara Kesehatan Gigi dan Peluang Kehamilan

3. Berhenti merokok dan minum alkohol

3. Berhenti merokok minum alkohol
Unsplash/Bruce Mars

Kamu mungkin sudah tahu bahwa tembakau dan alkohol selama kehamilan tidak pernah baik. Mereka buruk untuk pertumbuhan bayi dan dapat menyebabkan masalah kesehatan baginya ketika ia semakin tua.

Tetapi bahkan sekarang, merokok dan minum alkohol dapat membuat lebih sulit untuk hamil dan meningkatkan peluang keguguran kamu. Bicarakan dengan dokter Mama tentang program yang dapat membantu kamu menghentikan kebiasaan-kebiasaan ini.

Baca Juga: Penting! Stop Minum Alkohol Selama Kehamilan

Editors' Picks

4. Stop kafein, kalau terasa sulit kamu tetap harus mengurangi banyaknya

4. Stop kafein, kalau terasa sulit kamu tetap harus mengurangi banyaknya
Unsplash/Josefa nDiaz

Lihat kembali catatan yang kamu buat saat mempersiapkan kehamilan, apa yang belum kamu lakukan?

Bagaimana dengan aturan minum kopi bagi ibu hamil?

Minum lebih dari dua cangkir kopi atau lima kaleng soda sehari (sekitar 250 miligram kafein) bisa membuat lebih sulit bagi kamu untuk hamil dan meningkatkan kemungkinan bahwa kamu akan keguguran.

Beralih ke kafe tanpa kafein sekarang memiliki keuntungan lain. Kamu tidak harus bertahan dengan hasrat ingin minum kafein seperti kopi atau teh selama beberapa minggu pertama kehamilan.

Baca Juga: Amankah Minum Kopi Bagi Ibu Hamil?

5. Memilih makanlah dengan cerdas

5. Memilih makanlah cerdas
Unsplash/Brooke Lark

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk memotong junk food dan semua kalori kosongnya. Pastikan kamu mendapatkan banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak setiap hari.

Pola makan yang sehat sebelum kamu hamil dapat membuat kamu kurang cenderung untuk mendapatkan diabetes kehamilan, sejenis yang memengaruhi wanita hamil.

Harus lebih selektif dalam memilih makanan laut.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa pintar untuk menghindari ikan yang mengandung merkuri tinggi saat kamu hamil. Tetapi perlu waktu hingga satu tahun bagi tubuhmu untuk membersihkan kandungannya dari darah kamu.

Ikan di piring kamu dua kali seminggu baik-baik saja, tetapi berikan jenis yang memiliki banyak merkuri, seperti ikan todak, tilefish, king mackerel dan hiu.

6. Mengejar vaksin

6. Mengejar vaksin
Unsplash/guibolduc

Beberapa penyakit selama kehamilan bisa lebih dari membuat kamu sengsara. Mereka mungkin menyakiti anak kamu. Bicaralah dengan dokter kamu tentang vaksin yang kamu butuhkan sekarang dan mana yang akan kamu butuhkan nanti.

Dokter memberikan beberapa suntikan selama kehamilan, seperti vaksin Tdap untuk batuk rejan, sehingga bayi kamu dapat memperoleh manfaat dari perlindungannya juga.

Baca Juga: Lindungi Mama dan Janin dengan Vaksin Influenza

Baca Juga: Mama, Mari Kenali Perbedaan Antara Efek Samping dan Alergi Vaksin

7. Pikirkan tentang obat yang kamu minum

7. Pikirkan tentang obat kamu minum
Unsplash/freestocks.org

Penting untuk memberi tahu dokter kamu tentang semua obat yang kamu minum. Pastikan obat yang kamu minum berdasarkan resep dokter dan bukan obat bebas, bahkan konsultasikan juga jenis vitamin dan obat herbal yang kamu konsumsi.

Beberapa di antaranya bisa memengaruhi bayi kamu.

Sekarang saatnya untuk mulai mengonsumsi vitamin kehamilan atau suplemen asam folat sehingga kamu dapat menurunkan risiko cacat lahir.

Baca Juga: 7 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk Saat Hamil!

Baca Juga: Pola Makan dan Pengobatan Ibu Hamil dengan Diabetes Gestasional

Itulah 7 daftar ceklis yang harus kamu buat saat mempersiapkan kehamilan. Kamu harus disiplin agar kesehatan kamu dan janin terjaga dengan baik.

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!