Ajaib Manfaatnya, Ini 5 Rekomendasi Minuman untuk Program Hamil

Saat program hamil, minuman sehat diperlukan karena dapat meningkatkan peluang kehamilan

7 Desember 2021

Ajaib Manfaatnya, Ini 5 Rekomendasi Minuman Program Hamil
Freepik

Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari bisa menjadi salah satu faktor pendukung ketika sedang menjalani program hamil. Untuk meningkatkan peluang kehamilan perlu sekali mengonsumsi minuman yang sehat. 

Ada berbagai jenis minuman sehat yang bisa dipilih selama menjalani program hamil karena mengandung banyak nutrisi. Mengonsumsi minuman sehat juga dapat mengatasi stres secara fisik dan mental yang dialami ketika sedang menjalani persiapan untuk bisa hamil. 

Mengonsumsi minuman sehat selama program hamil dapat mengurangi risiko gangguan ovulasi, memperlancar siklus menstruasi, hingga mencukupi vitamin di dalam tubuh. 

Penasaran apa saja minuman sehat yang bisa dipilih untuk meningkatkan kehamilan? 

Jika kamj ingin mengetahui beberapa rekomendasi minuman yang bermanfaat untuk program hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Jus alpukat memberikan sumber vitamin E yang mencukupi kebutuhan tubuh

1. Jus alpukat memberikan sumber vitamin E mencukupi kebutuhan tubuh
Pexels/Daria Shevtsova

Alpukat menjadi salah satu buah favorit untuk banyak orang, termasuk ketika sudah diolah menjadi jus. Jus alpukat menjadi salah satu rekomendasi minuman yang bisa dikonsumsi selama program hamil. 

Dilansir dari Health Me Up, tubuh perlu mendapatkan lebih dari 2 mg asupan vitamin E. Kandungan vitamin E di dalam jus buah alpukat dapat berguna untuk tubuh karena membantu proses konsepsi apalagi jika dikonsumsi dengan rutin. 

Tak hanya vitamin E saja, buah alpukat juga memiliki asam folat, potasium, dan serat. Kandungan tersebut sangat baik untuk perempuan yang sedang menjalani program hamil. 

Editors' Picks

2. Minuman dari kacang-kacangan dapat mengurangi risiko gangguan ovulasi

2. Minuman dari kacang-kacangan dapat mengurangi risiko gangguan ovulasi
Freepik/drobotdean

Ketika sedang menjalani program hamil, minuman dari kacang-kacangan bisa dikonsumsi agar dapat meningkatkan peluang untuk memiliki anak. 

Berdasarkan penelitian, asupan minuman berbahan kacang-kacangan dapat mengurangi risiko gangguan ovulasi. 

Pilihlah susu almond, susu kedelai, dan sari kacang hijau untuk memenuhi gizi selama program hamil. Jenis minuman dari kacang-kacangan tersebut bisa menjadi asupan sumber protein nabati baik untuk tubuh.

Perlu diketahui bahwa kandungan protein nabati aman selama program kehamilan karena mengandung lemak sehat, relatif rendah kalori, dan membantu penurunan berat badan. 

Yang paling penting, jika rutin dikonsumsi sesuai porsi, minuman sehat ini dapat meningkatkan kesuburan.

3. Jus mangga mampu membantu dalam memperlancar siklus menstruasi

3. Jus mangga mampu membantu dalam memperlancar siklus menstruasi
Freepik/topntp26

Mangga menjadi salah satu jenis buah yang mampu meningkatkan kesuburan. Mangga bisa diolah menjadi jus sehat untuk dapat memperlancar siklus menstruasi. 

Perlu diketahui bahwa jus buah mangga mempunyai kandungan karotenoid dan vitamin B6, sehingga bermanfaat untuk melancarkan siklus menstruasi tanpa adanya gangguan.

Selain itu, mangga juga memiliki kandungan vitamin E dan asam folat yang berguna untuk menyuburkan rahim.

Sudah siap merencanakan program kehamilan dengan mengonsumsi jus mangga belum nih

4. Jus pepaya mampu menjaga DNA sel telur serta bisa membantu kesuburan 

4. Jus pepaya mampu menjaga DNA sel telur serta bisa membantu kesuburan 
Unsplash/Ilyuza Mingazova

Jika sedang mencari rekomendasi minuman sehat yang berguna untuk meningkatkan program hamil, maka jus pepaya bisa dikonsumsi. 

Jus pepaya mampu menjaga DNA sel telur serta bisa membantu kesuburan. Maka dari itu, jus pepaya bisa rutin dikonsumsi sesuai dengan porsinya agar tidak terlalu berlebihan. 

Buah pepaya mengandung nutrisi yang berguna untuk kesehatan karena terdapat kandungan vitamin E, karoten, dan potasium, juga antioksidan. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga DNA sel telur.

5. Olahan susu full fat berguna untuk menurunkan risiko terjadinya gangguan ovulasi

5. Olahan susu full fat berguna menurunkan risiko terjadi gangguan ovulasi
Freepik

Ketika ingin meningkatkan peluang kehamilan, cobalah untuk mengonsumsi olahan susu full fat. Perlu diketahui bahwa minuman sehat ini dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan ovulasi. 

Mengonsumsi olahan susu full fat secara rutin, dapat meningkatkan kualitas sel telur. Maka dari itu, olahan susu full fat lebih baik diminum secara rutin dibandingkan dengan produk susu tanpa lemak.

Itulah beberapa rekomendasi terkait minuman sehat untuk program hamil yang dapat dikonsumsi secara rutin. 

Demi kesuksesan ketika ingin menjalani program kehamilan yang sehat, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya setiap hari. Tetap semangat menanti dua garis biru pada test pack ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.