Banjir Dukungan, Zaskia Sungkar Melewati Transfer Embrio dengan Lancar

Semangat Zaskia Sungkar dan Irwansyah untuk mendapatkan anak pertama!

28 Juli 2020

Banjir Dukungan, Zaskia Sungkar Melewati Transfer Embrio Lancar
Instagram.com/irwansyah_15

Perjalanan proses bayi tabung (IVF) yang dilakukan Zaskia Sungkar masih terus berjalan. Memang ini membutuhkan rangkaian proses yang begitu panjang untuk bisa benar-benar mendapatkan anak pertama. 

Bersama dukungan dari Irwansyah dan orang-orang terdekat, Zaskia Sungkar baru saja selesai menjalani transfer embrio. 

Transfer embrio adalah proses pemindahan embrio hasil dari sel telur yang sudah dibuahi, yang terjadi di laboratorium sebagai salah satu rangkaian program bayi tabung. Transfer embrio segar dilakukan setelah telur dibuahi, lalu telur akan menjalani proses kultur selama 1-2 hari. Embrio terbaik pun dipilih untuk dipindahkan langsung ke rahim perempuan, sehingga meningkatkan peluang untuk bisa segera hamil.

Transfer embrio yang dijalani oleh Zaskia Sungkar ini dibantu oleh dr. Reino Rambey, SpOG. Menurut cerita dari Irwansyah, dokter Reino Rambey selalu memberikan dukungan setiap saat. 

"Ikhtiarnya udah kita lakuin ya dok tinggal kehendak dari Allah SWT, bantu doanya ya teman-teman," kata Irwansyah. 

Jika ingin mengetahui lebih banyak informasi terkait cerita dari Zaskia Sungkar pasca menjalani transfer embrio, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Fenny Bauty terus mendukung perjuangan Zaskia Sungkar

1. Fenny Bauty terus mendukung perjuangan Zaskia Sungkar
Instagram.com/fenny.bauty

Sebagai seorang Mama, cinta dan kasih sayang Fenny Bauty kepada anak-anaknya tidak pernah pudar. 

Baru-baru ini, Fenny mengunggah sebuah dukungan untuk putri pertamanya yang baru saja selesai menjalani transfer embrio dengan lancar. Tak hanya doa dan kata-kata semangat saja, namun Fenny sempat menyuapi Zaskia yang sedang berbaring di tempat tidur. 

Alhamdulilah atas izin Allah Subhanahu wata'Ala lancar sudah transfer embrio ke kandungan Zaskia, doakan ya teman-teman. 

Selanjutnya semoga harapan Zaskia serta Irwan mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholeha, sehat walafiat dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata'Ala aamiin ya Rabbal alamin 

Kuucapkan terima kasih untuk keluargaku dan teman-temanku tercinta yang sudah mendoakan serta berikan support ke Zaskia atas kelancaran proses bayi tabungnya. 

Unggahan Fenny yang sedang menyuapi Zaskia seolah memberikan makna bahwa kasih orangtua akan selalu ada untuk anak-anaknya. 

Editors' Picks

2. Irwansyah sudah tidak sabar mengajarkan banyak hal kepada anak pertamanya

Sebagai suami, Irwansyah selalu berada di sisi Zaskia dalam suka dan duka. 

Irwansyah pun sempat menemani sang Istri untuk periksa kesehatan ke Belanda hingga pada akhirnya memutuskan menjalani rangkaian program bayi tabung di Indonesia. 

Setiap tahapan perjalanan program kehamilan dijalani oleh pasangan ini dengan ikhlas. 

Usai menjalani transfer embrio, Zaskia sempat mengunggah video suaminya ketika sedang berbicara dengan embrio di dalam perut. Percakapan tersebut memperlihatkan kalau Irwansyah ingin anaknya bisa tumbuh dengan sehat. 

"Lagi ngomong sama embrionya disuruh tumbuh yang terbaik ya, sayang. Yakin sama rencana Allah paling indah kalau belum rezeki kita usaha lagi," tulis Zaskia dalam unggahan videonya. 

Dalam video percakapan itu, Irwansyah sudah tidak sabar ingin melihat anaknya dan ingin mengajarkan mengaji.

3. Ada banyak doa yang diberikan untuk Zaskia Sungkar 

3. Ada banyak doa diberikan Zaskia Sungkar 
Instagram.com/zaskiasungkar15

Menjalani proses bayi tabung memang tidak mudah. Apalagi proses ini dijalani dengan cukup panjang karena perlu melewati tahap demi tahap.

Dukungan penuh dari orang-orang terdekat memang sangat diperlukan karena ini termasuk salah satu kunci keberhasilan dari proses bayi tabung. Pejuang IVF tidak boleh stres terhadap apapun, sebisa mungkin harus terus berpikir positif. 

"Bismillah ya Allah. Semangat Zaskia Sungkar dan Irwansyah doa terbaik untuk kalian." - Ayushita

"Bismillah ya Allah. Rencana terbaik Allah ya ki. InsyaAllah Allah berprasangka sesuai prasangka hambanya. Jadi, tumbuh, sehat dan mudah amin." - Kartika Putri

"Bismillah, semoga tumbuh jadi bayi sehat! Amin" - Rani Hatta

Berbagai semangat yang hadir untuk Zaskia Sungkar pasca menjalani transfer embrio memberikan motivasi tersendiri. 

Apa Saja Makanan yang Baik saat Menjalani Program IVF

Apa Saja Makanan Baik saat Menjalani Program IVF
Freepik

Jika sedang menjalani program kehamilan dengan IVF seperti yang dilakukan Zaskia Sungkar, maka perlu sekali memerhatikan pola makan sehat karena ini menjadi faktor penting terhadap sebuah keberhasilan. 

Bagi yang sedang berusaha meningkatkan peluang hamil saat menjalani program IVF, maka perlu diketahui kalau ada makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan siap untuk hamil. Hal ini perlu dilakukan karena tubuh memerlukan asupan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan calon janin. 

Hindari makanan yang dapat memperburuk kesehatan, antara lain ikan merkuri tinggi. Selain itu, hindari mengonsumsi alkohol, kafein, bahkan nikotin untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat program IVF, antara lain: 

  • Sumber zinc alami yang dikonsumsi selama program dapat membantu menyeimbangkan level hormon. Zinc secara alami dapat bersumber dari produk susu, biji-bijian, kentang, kacang-kacangan serta daging merah seperti daging sapi.
  • Karbohidrat perlu dikonsumsi untuk memasok sejumlah energi ke dalam tubuh agar dapat menjalani berbagai aktivitas. 
  • Asam folat juga diperlukan selama program IVF agar embrio terbentuk sehat dan bebas dari gangguan perkembangan. Asam folat bisa ditemukan dari kacang polong, bayam, brokoli, kiwi, daging unggas, tahu dan susu. 
  • Pilihlah jenis lemak yang sehat agar tubuh memiliki cadangan energi. Sumber lemak sehat bisa ditemukan di kacang-kacangan, jagung, minyak zaitun, dan minyak biji rami.
  • Alpukat dikenal mengandung tinggi lemak tak jenuh, sehingga dapat menyehatkan tubuh sekaligus melancarkan siklus ovulasi.
  • Makanan yang kaya akan protein karena secara tidak langsung dapat memengaruhi perkembangan sel telur. Sumber alami protein bisa didapat dari berbagai jenis seafood, daging, ayam, dan telur. 

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama menjalani program IVF, usahakan untuk tidak lupa meminum air putih dengan jumlah yang cukup. Air putih menjadi salah satu jenis minuman yang sehat dalam keadaan apa saja, termasuk saat menjalani program bayi tabung. 

Kadar air yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan yang baik dari berbagai elemen di dalam tubuh serta melancarkan sirkulasi tubuh.

Itulah beberapa cerita perjuangan dari Zaskia Sungkar yang baru saja transfer embrio. 

Doakan agar usaha dari pasangan ini bisa berjalanan dengan lancar, sehingga keinginan untuk memiliki anak pertama bisa segera terkabul.

Semangat untuk Zaskia dan Irwansyah! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.