Hasil Test Pack Keliru, Istri Gilang Dirga Dinyatakan Belum Hamil

Walau belum dinyatakan positif hamil, Gilang dan sang Istri masih tetap berpikir positif

7 Oktober 2020

Hasil Test Pack Keliru, Istri Gilang Dirga Dinyatakan Belum Hamil
YouTube.com/Adiez Gilang

Adiezty Fersa, istri Gilang Dirga yang telah menjalani program In Vitro Fertilization (IVF) atau yang populer disebut bayi tabung sempat memberikan kabar bahwa dirinya telah positif hamil. 

Di hari yang sama setelah Adiez memberikan kejutan kepada sang Suami, dirinya mengalami perdarahan. 

Melalui sebuah video berjudul "Akhir Penantian Adiez dan Gilang?" yang diunggah di channel YouTube, Adiez menjelaskan kalau ada dua alasan terkait terjadinya perdarahan termasuk kemungkinan adanya implantasi. 

Perlu diketahui bahwa implantasi sendiri merupakan sebuah proses menempelnya embrio pada dinding rahim. 

"Aduh, masa baru berapa jam lalu gue ngasih test pack positif, terus nggak lama mengalami bleeding. Kayak istilahnya sudah ngasih harapan terus dijatuhin lagi. Sampai akhirnya, Gilang ngomong, sayang bagaimana kita mau ngasih tahu orangtua apa nggak?," ucap Adiez.

Menjawab pertanyaan dari suaminya, Adiez mengatakan untuk lebih baik menunda ketika ingin memberitahukan kedua orangtua mereka. Adiez ingin memastikan hasilnya terlebih dahulu setelah tes kadar beta hCG.

Jika Mama ingin mengetahui cerita terbaru dari keluarga kecil Gilang dan Adiez, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Gilang Dirga menemani Adiez untuk tes beta hCG

1. Gilang Dirga menemani Adiez tes beta hCG
YouTube.com/Adiez Gilang

Saat bertemu dokter, Adiez diambil darah untuk tes beta hCG yang akan memastikan apakah positif hamil atau tidak. Tes ini dilakukan untuk memeriksa jumlah kandungan hormon hCG pada darah. 

Setelah menunggu sekitar dua jam, Adiez dan Gilang pun bertemu langsung dengan dr. Caroline untuk menjelaskan secara detail terkait hasilnya. 

"Aduh. Kayaknya ini hasilnya membuat saya sedih," kata dr. Caroline. 

"Kenapa, Dok?" tanya Adiez dengan rasa penasaran. 

"Belum (berhasil). Sabar, ya!" jawab dokter

Mengetahui jawaban dari dokter, akhirnya Adiez mempertanyakan alasan kenapa hasil test pack kemarin bisa positif. 

Dokter pun menjelaskan bahwa hasil test pack positif tersebut dikarenakan masih ada pengaruh dari obat-obatan yang disuntikkan. Pengaruh obatlah yang membuat hasil test pack bisa positif layaknya sudah dinyatakan hamil.

Editors' Picks

2. Obat-obatan kesuburan memang bisa membuat hasil test pack menjadi positif

2. Obat-obatan kesuburan memang bisa membuat hasil test pack menjadi positif
freepik/serg60

Perlu diketahui bahwa obat kesuburan akan bekerja secara optimal, sehingga memicu ovulasi pada perempuan.  

Obat kesuburan pun sebagian besar mengandung hCG, sehingga saat test pack dilakukan kadang-kadang memperlihatkan hasil positif hamil padahal kenyataannya tidak.

Jika sedang menggunakan obat-obatan yang menunjang kesuburan, usahakan untuk memeriksakan status kehamilan ke dokter secara langsung. Ini bisa dilakukan untuk menghindari hasil test pack yang memiliki kemungkinan kurang akurat. 

3. Adiez dan Gilang sedih karena 2 embrio tersisa tidak bisa ditransfer ke rahim

3. Adiez Gilang sedih karena 2 embrio tersisa tidak bisa ditransfer ke rahim
Instagram.com/adieztyfersa

Walau hasilnya masih belum positif hamil, namun Adiez masih mempunyai dua embrio tersisa.

Sebagai seorang dokter, dr. Caroline pun memberikan motivasi agar Gilang dan Adiez bisa kembali semangat. Mengingat Adiez masih dapat melakukan ET (Embryo Transfer) secepatnya dengan embrio yang masih tersisa. 

Namun sayangnya, setelah dilakukan tes PGT-A, diketahui bahwa dua embrio tersisa milik Adiez dan Gilang tidak dalam kondisi yang baik untuk ditransfer.

Perlu diketahui bahwa PGT-A adalah Pre Implantation Genetic Testing for Aneuploidy, yaitu tes untuk menyeleksi embrio yang bagus dengan jumlah kromosom yang diperlukan sebelum ditanam ke dalam rahim. Tes ini berguna untuk memastikan bahwa embrio yang ditanam di rahim adalah embrio yang benar-benar berkualitas dan dapat tumbuh dengan baik di dalam rahim.

4. Banyak dukungan semangat yang diberikan untuk Gilang dan Adiez 

4. Banyak dukungan semangat diberikan Gilang Adiez 
Instagram.com/adieztyfersa

Usai mengabarkan kenyataan yang terjadi bahwa Adiez belum dinyatakan positif hamil, pasangan ini mendapatkan banyak dukungan dari warganet. 

Sebagai pejuang IVF yang telah melalui perjalanan panjang, Gilang dan Adiez mendapatkan pesan serta doa dari banyak orang. Pasangan ini didoakan agar tetap sabar dan menikmati segala proses. 

"Semangat terus untuk Kak Adiez dan Kak Gilang. Jangan patah semangat, selalu berusaha dan berdoa untuk mendapatkan sang buah hati." - @ttute90

"Tetap semangat ya Bang Gilang dan Adiez, aku akan selalu mendoakan kalian. Pokoknya kalian jangan banyak pikiran dan dibawa santai aja. Insya allah kalian cepat dikasih keturunan. Amin." - @isna5831

"Yang terbaik sudah Tuhan atur, tetap percaya. Amin." - @yosfebrian

"Semangat ya buat kalian berdua, semoga doa kalian lekas dijabah Allah aamiin yra." - @liviarukti

Beberapa tulisan di atas sempat membanjiri kolom komentar dari Adiez dan Gilang. Diharapkan mereka berdua bisa kembali semangat untuk tetap berusaha mendapatkan momongan.

Semoga usaha dari pasangan ini ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga keinginan untuk memiliki anak pertama bisa segera terkabul.

Tetap semangat untuk Gilang Dirga dan Adiez! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.