Jangan Asal, Ini Cara Mudah Mengolah Buah Kundur untuk Program Hamil

Demi cepat hamil dan mendapatkan anak, begini cara mengonsumsi buah kundur

16 November 2020

Jangan Asal, Ini Cara Mudah Mengolah Buah Kundur Program Hamil
educalingo.com

Faktor kesuburan seringkali menjadi masalah bagi beberapa pasangan suami istri yang belum juga mendapatkan keturunan. Tak jarang, di antara mereka pun berusaha untuk menjalani program hamil dengan mengonsumsi buah atau sayuran yang terbukti menyehatkan. 

Buah kundur bisa menjadi salah satu pilihan asupan bergizi yang mengandung asam folat yang dibutuhkan selama menjalani program hamil. Buah hasil budidaya dari Asia Tenggara ini juga kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. 

Jika dicicipi secara langsung, rasa buah kundur ini akan seperti timun. Buah kundur pun bisa diolah menjadi beberapa sajian yang menunjang program kehamilan agar semakin berhasil. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa cara mudah untuk mengolah buah kundur selama menjalani program hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Sup bening buah kundur bisa menghangatkan tubuh dan menjadi sumber energi

1. Sup bening buah kundur bisa menghangatkan tubuh menjadi sumber energi
Healthline.com/

Buah kundur dikenal juga dengan nama beligo, bligo atau baligo ini dikenal mampu melawan radikal bebas. Ukuran buah kundur yang menyerupai labu besar ini memiliki daging cukup banyak. 

Mama yang sedang menjalani program hamil bisa memanfaatkan daging buah kundur untuk dimasak menjadi sup. Sup bening buah kundur bisa dikonsumsi untuk mendapatkan khasiat yang diinginkan. 

Sebelum diolah menjadi makanan tertentu, Mama perlu pastikan untuk mencuci buah kundur terlebih dahulu agar bersih. Buang biji dan potong buah kundur sesuai selera. 

Sup bening buah kundur yang diolah dengan cara direbus bisa memberikan beragam manfaat positif untuk tubuh saat dikonsumsi. Apalagi ada kandungan zat gizi makro seperti protein, lemak serta karbohidrat. 

Sup bening buah kundur yang dikonsumsi ketika musim hujan dapat membantu menghangatkan tubuh dan menjadi sumber energi. 

2. Dijadikan bahan salad atau dikonsumsi secara langsung seperti buah pada umumnya 

2. Dijadikan bahan salad atau dikonsumsi secara langsung seperti buah umumnya 
Freepik

Ma, perlu diketahui bahwa buah kundur memiliki beragam manfaat positif untuk seseorang yang sedang menjalani program hamil. 

Tidak hanya kaya akan vitamin C, namun buah kundur juga memiliki kandungan lainnya yang bergizi mulai dari vitamin E, vitamin K, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin). Selain itu, buah kundur memiliki berbagai jenis mineral yang terdiri dari kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium. 

Demi meningkatkan khasiat dari buah kundur untuk program hamil, Mama bisa mengonsumsi daging buah secara langsung seperti buah pada umumnya. 

Pastikan untuk mengonsumsi buah kundur setelah mencucinya dengan bersih dan menyingkirkan biji-biji yang ada di dalam. Ketika sudah bersih, buah kundur bisa ditaruh di lemari es sebelum dikonsumsi. 

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, cobalah untuk menjadikan buah kundur sebagai salah satu bahan untuk membuat salad. Potong buah kundur menjadi kecil-kecil seperti dadu, lalu Mama hanya tinggal menambahkan buah-buahan pendamping lainnya untuk dikonsumsi secara bersamaan. 

Carilah buah pendamping lainnya yang dapat meningkatkan kesuburan selama menjalani program hamil. 

3. Buah kundur bisa dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi jus sehat

3. Buah kundur bisa dikonsumsi mengolah menjadi jus sehat
Publiccanteen.com

Menurut The Center for Disease Control (CDC), perempuan yang sedang menjalani program kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup serta asam folat. 

Perlu Mama ketahui bahwa buah kundur menjadi sumber asam folat yang baik untuk tubuh. Tak hanya berperan untuk mendukung kesuburan, namun kebutuhan asam folat juga mampu menjaga keseimbangan tubuh. 

Jika Mama mau mendapatkan khasiat dari buah kundur dan berkeinginan mengolah sesuatu yang sehat, maka buah kundur bisa diolah menjadi jus sehat. Apalagi buah kundur cukup kaya akan kandungan air yaitu lebih dari 95 persen. 

Nah, itulah beberapa cara mudah mengolah buah kundur untuk program hamil. Selamat mencoba khasiat dari buah kundur agar semakin cepat hamil dan mendapatkan keturunan. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.