7 Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Mendukung Program Hamil

Makanan yang sehat sangat berpengaruh dan dibutuhkan bagi kamu yang sedang menjalani program hamil

4 Maret 2020

7 Makanan Perlu Dikonsumsi Mendukung Program Hamil
Freepik/Senivpetro

Bagi Mama yang sedang menjalani program hamil, selain memerhatikan kesehatan reproduksi, ternyata penting juga untuk memerhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan yang sehat sangat diperlukan karena memberikan energi dan nutrisi makanan yang baik bagi tubuh.

Makanan juga berdampak untuk mengatur keseimbangan hormon yang berperan penting dalam mendukung kesuburan sistem reproduksi.

Berikut beberapa makanan yang Popmama.com dapat sarankan untuk dikonsumsi guna mendukung program kehamilan:

1. Telur

1. Telur
Freepik

Telur adalah sumber protein yang mudah dan murah untuk dibeli. Telur juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, D dan beberapa vitamin B kompleks.

Selain itu telur juga kaya akan asam folat, yang berguna untuk mencegah cacat pada otak dan cacat pada sumsum tulang belakang untuk janin.

2. Minyak zaitun

2. Minyak zaitun
everydayhealth.com

Minyak zaitun kaya akan asam oleat dan baik untuk kesehatan jantung. Studi membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun extra virgin secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular sebesar 48 persen.

Minyak zaitun juga mengandung Omega 3, yang berguna untuk meningkatkan pembentukan jaringan saraf pada janin, ketika janin berada di trimester ketiga.

Editors' Picks

3. Sayur-sayuran berwarna hijau

3. Sayur-sayuran berwarna hijau
Freepik

Sayur-sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, selada dan lainnya memiliki banyak kandungan asam folat dan zat besi.

Zat besi sangat penting untuk siklus menstruasi, mendukung ovulasi dan berguna untuk perkembangan sel telur yang sehat.

Kandungan serat pada sayuran juga dapat mencegah Mama terkena masalah yang paling sering dialami oleh ibu hamil, yaitu konstipasi (susah buang air besar) dan wasir.

4. Ikan

4. Ikan
Freepik

Ikan kaya akan DHA (docosahexaenoic acid) merupakan salah satu jenis asam lemak omega-3. DHA memegang peranan penting untuk pembentukan sistem saraf, mata, dan otak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan DHA yang cukup saat hamil dapat menurunkan risiko ibu hamil terkena preeklamsia.

Salmon, tuna, sarden, dan ikan lele adalah beberapa jenis ikan yang banyak mengandung omega 3.

5. Daging

5. Daging
Freepik

Daging sapi atau ayam adalah sumber protein dan zat besi yang baik bagi tubuh.

Protein dibutuhkan bagi tubuh antara lain sebagai sumber tenaga, membangun daya tahan tubuh dan membantu proses metabolisme.

Dalam proses kehamilan, protein dibutuhkan sebagai energi bagi pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan baru.

 Zat besi juga membantu pembentukan dan produksi sel-sel darah merah sehingga meningkatkan asupan oksigen bagi janin dan ibu.

6. Yogurt

6. Yogurt
Freepik

Yogurt adalah salah satu sumber kalsium yang terbaik. Kalsium adalah salah satu mineral penting untuk pertumbuhan tulang pada janin

Mengonsumsi kalsium juga dapat membantu Mama menyerap nutrisi penting bagi tulang sehingga terhindar dari osteoporosis. Kekurangan kalsium pada kehamilan bisa berakibat masalah pada kesehatan tulang dan gigi.

Yogurt juga kaya akan probiotik, kandungan probiotik atau mikroorganisme baik pada yogurt berfungsi untuk melancarkan pencernaan.
 

7. Alpukat

7. Alpukat
Freepik

Alpukat banyak mengandung vitamin B1, B2, B5, B6, C, E, dan K dan asam folat yang semuanya penting untuk Mama juga untuk pertumbuhan janin.

Asam folat di dalam alpukat memiliki penting untuk proses pengembangan organ tubuh bayi serta mencegah penyakit spina bifida pada janin. Spina bifida adalah cacat lahir karena terganggunya pembentukan tabung saraf selama bayi dalam kandungan.

Vitamin C yang ada dalam alpukat, berguna untuk mengatasi mual atau morning sickness.

Diatas adalah 7 makanan yang baik dikonsumsi untuk Mama selama program hamil. Kami harapkan program hamil berjalan dengan baik dan Mama serta adik bayi dalam kondisi sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.