7 Buah Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

Apa yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kesuksesan program hamil

12 November 2021

7 Buah Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil
Pixabay/sweetlouise

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menyukseskan program hamil. Ada yang berhenti minum alkohol, berhenti merokok, hingga mengonsumsi berbagai susu hamil atau suplemen.

Namun, tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan tertentu efektif untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya adalah protein yang sehat, lemak sehat, dan serat yang dapat membantu meningkatkan mikroba usus, mengatur hormon, dan menurunkan tingkat stres.

Berbicara mengenai makanan, buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan perlu yang dikonsumsi karena memiliki segudang nutrisi. Bahkan, perempuan yang sedang dalam program hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang dapat meningkatkan kesuburan. 

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa buah-buahan yang dapat meningkatkan kesuburan bagi perempuan yang sedang menjalani program hamil. Langsung saja simak rangkuman berikut ini ya.

1. Alpukat

1. Alpukat
Freepik/Bearfotos

Alpukat merupakan buah yang sangat disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan memiliki tekstur yang lembut. Selain nikmat, ternyata alpukat juga dapat meningkatkan kesuburan, lho.

Alpukat merupakan sumber vitamin E yang memberikan manfaat baik untuk kesuburan karena fungsinya yang mampu menunjang kinerja banyak organ tubuh.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung lemak sehat, tinggi potasium, folat, dan vitamin K, yang membantu tubuh menyerap vitamin dari makanan lain dengan baik.

2. Berry

2. Berry
Pixabay/Sponchia

Buah berry seperti blueberry, stroberi, dan raspberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan seperti folat dan seng.

Antioksidan sangat bermanfaat. Tak hanya untuk perempuan yang sedang dalam program hamil, tetapi juga untuk pasangan. Antioksidan dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel sperma dan sel telur.

Kamu bisa mengonsumsi buah beri dengan berbagai cara, seperti dijadikan camilan utuh atau dicampurkan dengan yoghurt. Namun, pastikan kamu memilih buah berry organik, karena buah ini mengandung pestisida yang cukup tinggi.

Editors' Picks

3. Pisang

3. Pisang
Freepik

Buah pisang sangat terkenal dengan kandungannya yang dapat memberikan banyak manfaat, termasuk untuk yang sedang menjalankan program hamil.

Pisang mengandung asam folat tinggi yang dapat meningkatkan kesempatan hamil dan meningkatkan kesuburan calon Papa. 

Pisang juga mengandung vitamin B6 untuk melancarkan siklus menstruasi. Hal ini baik untuk perempuan yang sedang dalam program hamil karena menstruasi tidak lancar dapat mengurangi kesuburan rahim.

Selain itu, pisang juga diperkaya dengan zat besi, kalium, dan kalori, yang kelak dapat mendukung kehamilan.

4. Kurma

4. Kurma
Freepik/azerbaijan-stockers

Kamu tentu tidak asing dengan buah yang satu ini. Selain memiliki rasa yang manis, kurma juga sangat terkenal dengan khasiatnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi kurma selama program hamil karena buah ini memiliki kandungan hormon botosi sangat tinggi untuk meningkatkan reaksi peristaltik dalam pembuluh darah dan uterus atau rahim.

Tak hanya itu, buah kurma juga turut memberi manfaat pada produksi hormon oksitosin yang sangat penting dalam membantu proses reproduksi ketika berhubungan intim dengan pasangan.

5. Nanas

5. Nanas
Freepik/mdjaff

Di awal kehamilan, banyak yang menghindari buah nanas karena dianggap dapat menyebabkan keguguran.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa nanas merupakan buah yang dapat menyuburkan kandungan karena mengandung enzim bromelain, yang mampu meredakan peradangan pada rahim dan membantu stimulasi produksi ovum.

Selain itu, nanas mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan laki-laki dan perempuan. Nanas juga mengandung mineral seperti zinc, tembaga, betakaroten, dan folat yang dapat membantu laki-laki memiliki sistem reproduksi yang sehat.

6. Manggis

6. Manggis
Freepik/suksao

Buah selanjutnya yang dapat membantu memperlancar program hamil adalah manggis. Buah ini memang sudah sangat terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Perempuan yang sedang dalam program hamil dianjurkan mengonsumsi buah manggis karena mengandung asam folat, vitamin C, dan mangan. Selain itu, buah manggis juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur dan cacat lahir pada bayi di kemudian hari,

    7. Delima

    7. Delima
    Unsplash/Arjun Kapoor

    Delima juga termasuk buah yang dapat meningkatkan kesuburan, baik untuk suami maupun istri.

    Buah delima sendiri merupakan simbol kesuburan dalam banyak budaya di dunia, hal ini karena buah delima mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan organ reproduksi dan kesuburan.

    Buah delima kaya akan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, serat, asam folat, vitamin C, E, K, B1, B2, B3, B5, B6 dan kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, mangan, fosfor, potassium dan zinc.

    Nah, itulah 7 buah-buahan yang dapat meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Selain buah-buahan di atas, sebaiknya kamu juga mengonsumsi asupan lain seperti daging, sayuran, dan kacang-kacangan.

    Nutrisi yang baik akan sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan seseorang. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.