Tetap Semangat! Ini 6 Tips Program Hamil Pasca Keguguran

Jangan khawatir, setelah keguguran Mama bisa cepat hamil lagi dengan cara ini lho

8 Juli 2020

Tetap Semangat Ini 6 Tips Program Hamil Pasca Keguguran
verywell.com

Setiap pasangan tentunya ingin segera memiliki momongan setelah menikah. Bahkan, tak jarang dari mereka yang melakukan berbagai cara agar bisa hamil.

Sayangnya, tidak semua pasangan mudah untuk segera hamil. Begitupun dengan beberapa pasangan yang pernah merasakan kehamilan lalu keguguran. Peluang dari keguguran sebanyak 5-10 persen dan beberapa di antaranya mengalami blighted ovum.

“Peluang keguguran seseorang biasanya hanya 5 sampai 10 persen, angka yang cukup kecil memang dan tidak perlu dijadikan kekhawatiran. Untuk blighted ovum, ini merupakan kondisi hasil pembuahan (embrio) tidak tumbuh. Bisa saja diakibatkan oleh kelainan kromosom. Ini terjadi biasanya di trimester pertama,” ungkap dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER, MSc, dalam live instagram @ovutest_id, Sabtu (4/7/2020).

Keguguran menjadi salah satu kondisi yang ditakuti setiap perempuan yang sedang hamil. Mereka yang mengalami keguguran tentu akan merasa sangat terpukul, sedih, atau bahkan trauma untuk memiliki anak. Padahal kehamilan masih mungkin bisa kembali terjadi meski pernah mengalami keguguran. Bagi Kamu yang juga mengalami hal ini, Kamu masih bisa mencobanya kembali.

Berikut Popmama.com rangkum tips program hamil pasca keguguran, yang disampaikan oleh dr. Yassin:

1. Mengonsumsi makanan peningkat kesuburan

1. Mengonsumsi makanan peningkat kesuburan
Unsplash/Dan Gold

Salah satu tips program hamil setelah keguguran adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bisa menyehatkan sistem reproduksi seperti ikan, biji-bijian, daging segar rendah lemak, dan kacang-kacangan. Mama juga bisa mengonsumi makanan yang memiliki kandungan zinc seperti susu, telur, dan tiram.

2. Olahraga teratur

2. Olahraga teratur
shivohamyogaschool.com

Olaraga memang memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kesempatan untuk bisa hamil lagi pasca keguguran. Namun, jika ingin berolahraga, pastikan untuk melakukan olahraga yang ringan seperti jalan sehat, yoga, dan lainnya.

Kamu bisa mengajak pasangan untuk berolahraga bersama agar olahraga terasa lebih menyenangkan dan bisa menjadi kebiasaan positif.

Editors' Picks

3. Konsumsi obat dan vitamin

3. Konsumsi obat vitamin
Dok. Jovee

Pasca keguguran, dokter biasanya akan memberikan resep obat yang bisa mempercepat pemulihan dan menyiapkan untuk kehamilan berikutnya.

Obat yang diberikan biasanya berupa antiobiotik, vitamin, atau antidepresan. Obat-obatan ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi tubuh pasca keguguran. Untuk itu, minumlah sesuai dosis yang dokter berikan ya. Konsultasikan juga bila Kamu mengalami efek samping yang tidak nyaman.

4. Jauhkan diri dari stres dan selau usahakan berpikiran positif

4. Jauhkan diri dari stres selau usahakan berpikiran positif
parenting.com

Stres menjadi satu hal yang bisa menghambat proses kerja hormon saat pembuahan. Jika Kamu terlalu sering mengalami stres, hormon pengontrol ovarium akan terhambat saat melepaskan sel telur. Akibatnya, proses pembuahan juga bisa jadi terhambat.

Oleh karena itu, cobalah singkirkan pikiran negatif yang membuat kamu stres. Lakukanlah berbagai hal yang menyenangkan hati. Wajar bila kamu merasa sedih setelah mengalami keguguran. Namun, pastikan kamu tidak sedih berlarut-larut. Bila Kamu kesulitan untuk mengatur emosi, segera konsultasikan dengan dokter atau psikolog.

5. Hindari mengonsumsi rokok

5. Hindari mengonsumsi rokok
Unsplash/Lex Guera

Yassin menyebutkan bahwa rokok bisa membuat kualitas sperma dan sel telur menjadi tidak sehat. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Kamu dan pasangan membatasi atau menghentikan konsumsi rokok pasca keguguran. Hindari juga minuman bersoda, kopi, teh, atau minuman berenergi. Kafein dinilai dapat menghambat proses kehamilan.

6. Melakukan hubungan seks saat masa subur

6. Melakukan hubungan seks saat masa subur
Freepik/pressfoto

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mempercepat kehamilan adalah dengan melakukan hubungan seks di masa subur. Namun, melakukan hubungan sebelum masa subur juga dianggap baik.

Sperma bisa bertahan hidup hingga 3-4 hari di dalam tubuh perempuan. Masa subur sangat penting sekali dalam merencanakan kehamilan. Oleh karena itu, pastikan Kamu tahu kapan masa subur terjadi.

Itulah beberapa tips program hamil yang bisa dilakukan pasca keguguran. Untuk bisa hamil lagi setelah mengalami keguguran memang merupakan hal yang sulit. Namun, jika tips di atas dilakukan dengan serius, besar kemungkinan Kamu bisa kembali hamil dalam waktu yang cepat.

Jika keenam cara di atas masih belum berhasil, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.