Hal yang Harus Diperhatikan Perempuan PCOS Ketika Promil

Salah satunya adalah mengurangi asupan susu

26 April 2021

Hal Harus Diperhatikan Perempuan PCOS Ketika Promil
Dok. Popmama.com

Polycystic ovarium syndrome (PCOS) adalah suatu kondisi yang memengaruhi antara 6 dan 15 persen perempuan usia subur. Jika didiagnosis dengan PCOS, mungkin lebih sulit hamil.

Dan jika hamil, berisiko lebih banyak komplikasi selama kehamilan. Perempuan dengan PCOS tiga kali lebih mungkin mengalami keguguran, dibandingkan dengan perempuan yang tidak memiliki PCOS.

Mereka juga lebih cenderung mengembangkan preeklampsia, diabetes gestasional, dan memiliki bayi yang lebih besar dan prematur. Ini dapat menyebabkan kesulitan selama persalinan atau persalinan caesar.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah perempuan PCOS disarankan mengurangi susu dan melakukan pola hidup yang lebih sehat. Berikut penjelasannya yang dirangkum oleh Popmama.com.

1. Alasan harus mengurangi susu

1. Alasan harus mengurangi susu
Pixabay/falovelykids
Saat menjalani proses hamil, Mama jangan lupa mengonsumis produk susu yang baik, ya!

Dilansir dari The Huffington Post, susu tidak dilarang keras untuk perempuan dengan PCOS. Namun kamu harus membatasinya.

Kelebihan konsumsi susu yang merupakan karbohidrat dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah dan juga merangsang faktor pertumbuhan insulin. Karena itu, pertahankan diet seimbang.

Sebagian besar gejala PCOS selama kehamilan dapat diobati dengan pemantauan yang cermat. Jika kamu menderita diabetes gestasional, insulin mungkin diperlukan untuk menjaga kadar gula darah kamu stabil.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine, mengurangi asupan susu berpotensi membantu perempuan dengan PCOS menurunkan berat badan dan membantu beberapa gejala PCOS hormonal.

Editors' Picks

2. Pola hidup sehat

2. Pola hidup sehat
Freepik

Dilansir Medical News Today, perempuan dengan PCOS disarankan harus menerapkan pola hidup sehat. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko yang kelebihan berat badan, dan insulin.

Beberapa penelitian menemukan diet rendah karbohidrat adalah yang terbaik untuk PCOS. Hal yang paling penting adalah memastikan diet kaya akan makanan dan nutrisi .

Juga mulai mengurangi makanan dengan kandungan gula tinggi. Menghindari junk food dan makanan olahan adalah taruhan terbaik kamu.

3. Tips makan sehat bagi PCOS

3. Tips makan sehat bagi PCOS
Pixabay/RitaE

Untuk kamu yang sedang merencanakan kehamilan namun memiliki PCOS, ada baiknya melakukan hal ini demi mendapatkan hormol yang stabil:

  • Makanlah sarapan dengan porsi lebih besar.
  • Untuk makan malam, pilih porsi yang lebih kecil.
  • Sertakan lebih banyak protein dan sayuran hijau.
  • Pilih makanan dengan karbohidrat kompleks (seperti biji-bijian dan kacang).
  • Jika kamu makan permen atau makanan karbohidrat tinggi, gabungkan dengan lemak sehat (alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan) atau protein untuk memperlambat lonjakan gula.
  • Olahraga teratur juga telah ditemukan untuk membantu dengan gejala PCOS. Dalam satu penelitian, kombinasi dari jalan cepat reguler dan makan diet yang lebih sehat meningkatkan keteraturan siklus menstruasi sebesar 50%.

4. Risiko calon ibu dengan PCOS

4. Risiko calon ibu PCOS
Freepik/cookie_studio

Memiliki PCOS mungkin membuat kamu lebih sulit untuk hamil. Perempuan dengan PCOS lebih cenderung mengalami obesitas dan bergantung pada teknologi reproduksi untuk hamil.

Satu studi menemukan bahwa 60 sumber perempuan dengan PCOS mengalami obesitas. Hampir 14% membutuhkan teknologi reproduksi tambahan untuk hamil.

Wanita dengan PCOS memiliki peningkatan risiko mengembangkan beberapa komplikasi medis sepanjang hidup, termasuk:

  • Resistensi insulin.
  • Diabetes tipe 2
  • Kolesterol Tinggi
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Sleep apnea
  • Peningkatan risiko kanker endometrium

5. Makanan yang harus dihindari oleh PCOS

5. Makanan harus dihindari oleh PCOS
Unsplash/Victoria Shes
  • Gula

Hindari gula untuk mengurangi risiko lebih tinggi untuk mendapatkan diabetes. Karena tingkat insulin dan glikemik sudah tinggi di tubuh kamu, makan karbohidrat atau gula kompleks akan memperburuk situasi kamu. Juga, gula berlebih akan menambah PCOS kamu. Karena itu, hindari pemanis buatan, jus kemasan, dan permen.

  • Daging merah

Daging merah seperti kambing, daging sapi, babi, yang berisi lemak jenuh dan kolesterol. Juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, serta penambahan berat badan dan berkontribusi pada ketidakseimbangan hormon.

  • Junk food

Makanan olahan mengandung garam dan pengawet dalam jumlah tinggi yang tidak sehat. Selain itu, makanan ini dipenuhi dengan spesies yang tidak sehat, lemak trans dan pemanis buatan yang berkontribusi pada pertumbuhan kolesterol jahat dan mempengaruhi tekanan darah tubuh. Juga meningkatkan indeks glikemik dan juga memicu diabetes.

  • Gorengan

Makanan gorengan juga harus dihindari. Makanan ini mengandung lemak jenuh. Juga meningkatkan produksi estrogen, yang dapat membuat gejala PCOS kamu lebih buruk.

  • Makanan dengan kandungan gula

Jika kamu memiliki PCOS maka harus membatasi konsumsi gula. Kamu harus menghindari makanan gluten seperti roti, pasta atau sereal karena tinggi indeks glikemik.

Makanan jenis ini juga berkontribusi pada kenaikan berat badan. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi roti atau nasi yang dapat meningkatkan produksi dan resistensi insulin.

Setiap kondisi perempuan PCOS satu dengan yang lainnya berbeda ya, Ma. Tetap lakukan konsultasi kepada dokter untuk mengetahui program kehamilan apa yang cocok dengan kondiri Mama. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.