Apakah Susah Tidur Merupakan Tanda Awal Kehamilan?

Cek faktanya di sini!

24 Mei 2022

Apakah Susah Tidur Merupakan Tanda Awal Kehamilan
Unsplash/Yuris Alhumaydy

Kehamilan adalah momen yang ditunggu oleh hampir setiap pasangan yang sudah menikah. Oleh sebab itu, baik suami maupun istri sering kali memperhatikan beragam tanda kehamilan yang mungkin muncul.

Salah satu asumsi tanda kehamilan yang berkembang di masyarakat adalah susah tidur. Namun, benarkah susah tidur merupakan tanda awal kehamilan?

Temukan jawabannya melalui ulasan yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini.

Editors' Picks

Benarkah Susah Tidur Merupakan Tanda Awal Kehamilan?

Benarkah Susah Tidur Merupakan Tanda Awal Kehamilan
Pexels/Anete Lusina

Beberapa perempuan hamil memang berisiko mengalami gangguan tidur. Hal ini dapat terjadi karena perubahan hormon serta perubahan bentuk tubuh yang membuatnya merasa tidak nyaman saat tidur.

Namun, susah tidur yang dialami oleh perempuan setelah beberapa hari pasca hubungan seksual tidak dapat dianggap sebagai tanda bahwa ia telah hamil.

Brandon Peters dalam verywellhealth.com menjelaskan bahwa susah tidur atau insomnia merupakan hal yang cukup dini untuk menjadi tanda awal dari kehamilan.

Tanda Awal Kehamilan Ternyata Bisa Picu Masalah Tidur

Tanda Awal Kehamilan Ternyata Bisa Picu Masalah Tidur
easymomandbaby.co.uk

Mengapa susah tidur tidak dapat menjadi acuan tanda awal kehamilan? Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kondisi lain yang dinilai lebih akurat untuk menjadi tanda awal kehamilan.

Akan tetapi, beberapa kondisi yang disebut tanda hamil ini memang bisa membuat siklus tidur kamu jadi terganggu. Adapun tanda hamil tersebut ialah:

  1. Payudara lebih membesar dan lunak. Perempuan akan merasakan payudaranya lebih besar, lunak, dan sensitif setiap kali masa menstruasinya datang. Namun, bagi yang sudah menikah atau berhubungan seksual, kondisi ini dapat menjadi tanda awal kehamilan.

  2. Areola atau bagian puting akan berwarna lebih gelap serta menonjol. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang membuat aerola jadi lebih padat dan terasa kencang.

  3. Rasa mual yang tidak tertahan. Beberapa hari setelah pembuahan terjadi, perempuan akan merasakan mual karena munculnya hormon-hormon kehamilan. Biasanya, perempuan akan mengalami mual ringan sejak awal masa kehamilan dan semakin berat pada minggu ke-4 sampai minggu ke-6.

  4. Buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya. Tanda ini biasanya terjadi sekitar dua minggu pasca pembuahan. Seringnya buang air kecil pada ibu hamil terjadi karena ginjal bekerja menyaring lebih banyak darah.

  5. Tubuh menjadi lebih mudah lelah. Perempuan akan mengalami rasa lelah yang berlebih pada awal kehamilan. Hal ini terjadi karena tubuh kamu sedang menyiapkan diri untuk mengandung.

Nah, efek dari kondisi-kondisi tersebut juga bisa membuat perempuan sulit tidur. Jadi, susah tidur pada perempuan hamil adalah efek lanjutan setelah ia mengalami perubahan tubuh dan hormon.

Setelah menyimak informasi di atas, kini sudah jelas bahwa susah tidur tidak dapat dijadikan sebagai acuan tanda awal kehamilan.

Sekian ulasan tentang susah tidur merupakan tanda awal kehamilan. Bila kamu mengalami berbagai keluhan yang dicurigai sebagai tanda hamil, jangan sungkan untuk langsung melakukan test kehamilan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk