TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Berhubungan Seks setelah Menstruasi Selesai, Apakah Bisa Hamil?

Bercinta setelah haid selesai kerap dihindari karena dianggap kecil peluangnya untuk bisa hamil

29 Juli 2022

Berhubungan Seks setelah Menstruasi Selesai, Apakah Bisa Hamil
Pexels/Yan Krukov

Pasangan yang sedang melakukan program hamil biasanya sudah punya jadwal sendiri, kapan waktu terbaik dan terburuk untuk melakukan hubungan seks.

Hal itu bukan tanpa alasan, ada waktu-waktu tertentu yang dianggap sebagai masa subur, yakni momen ketika peluang kehamilan mama dianggap lebih besar dari pada waktu lainnya.

Nah, melakukan hubungan intim pasca menstruasi kerap kali jadi waktu dihindari. Pasalnya, waktu tersebut dianggap bukanlah masa subur bagi perempuan.

Tapi, bagaimana sih faktanya? Bisakah Mama hamil saat berhubungan intim tepat setelah menstruasi selesai?

Untuk tahu jawaban pastinya, simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini. Simak, yuk, Ma!

Bisakah Hamil Setelah Menstruasi Selesai?

Bisakah Hamil Setelah Menstruasi Selesai
pexels/rodnae productions
pasangan yang sedang melihat hasil test pack

Berhubungan seksual setelah menstruasi selesai kerap dihindari oleh pasangan suami istri. Anggapan bahwa di masa ini kemungkinan untuk bisa hamil cukup kecil seringkali menjadi alasannya.

Padahal, melakukan seks setelah menstruasi masih punya kemungkinan untuk bisa hamil, lho Ma. Seperti dikutip dari laman NHS UK, berhubungan intim tanpa menggunakan kontrasepsi dapat membuat mama hamil, kapanpun itu bahkan setelah menstruasi baru saja berakhir.

Mengutip dari MedicineNet, dr. Karthik Kumar, MBBS mengatakan bahwa ada tiga kemungkinan yang bisa menyebabkan mama hamil sekalipun baru selesai haid. 

Lalu, apa saja kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan Mama hamil setelah menstruasi?

1. Berhubungan seks tanpa kontrasepsi

1. Berhubungan seks tanpa kontrasepsi
Unsplash/Reproductive Health Supplies Coalition
Ilustrasi berbagai kontrasepsi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom maupun kontrasepsi lainnya selalu berpotensi membuat mama hamil. 

Oleh sebab itu, Mama bisa bercinta tanpa menggunakan kondom sesegera mungkin setelah menstruasi berakhir.

Editors' Picks

2. Siklus masa subur pendek

2. Siklus masa subur pendek
Freepik

Masa subur perempuan biasanya berlangsung selama 3-5 hari setelah akhir periode menstruasi. Nah, kemungkinan untuk hamil setelah menstruasi bergantung pada seberapa pendek siklus masa subur dan berapa lama menstruasi mama berlangsung

Misalnya begini, siklus menstruasi mama termasuk pendek, yakni hanya 22 hari. Maka, waktu masa subur mama datang hanya beberapa hari setelah menstruasi selesai.

Anggap Mama berhubungan seksual satu hari setelah haid selesai. Maka sperma papa dapat bertahan di lendir serviks mama yang subur selama 5-7 hari.

Dari hal tersebut, dapat diketahui peluang Mama untuk bisa hamil cukup besar bila sperma dan sel telur berovulasi lebih awal dari biasanya.

3. Siklus menstruasi tidak teratur

3. Siklus menstruasi tidak teratur
Pexels/Sora Shimazaki

Faktor ketiga yang memungkinkan Mama bisa hamil setelah haid adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini terjadi karena siklus menstruasi yang tidak teratur terkadang membuat mama kesulitan untuk memastikan kapan masa subur selanjutnya datang.

Meski Mama tetap dapat hamil setelah menstruasi, ada baiknya jika Mama dan Papa berhubungan intim ketika Mama berada pada masa subur. Pasalnya, pada masa ini Mama memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Masa Subur Wanita
Pexels/Artem Podrez
Ovulation date

Masa subur seorang perempuan biasanya terjadi 10 hingga 17 hari setelah hari pertama haid terakhir. Namun, hal ini berlaku jika siklus menstruasi mama normal, yakni 28 hari dalam satu periode.

Contohnya: Mama mengalami mens pada tanggal 1 Mei, lalu haid berikutnya datang pada tanggal 28 Mei. Itu berarti siklus menstruasi mama adalah 28 hari.

Bila siklus menstruasi mama teratur, maka akan dengan mudah mengetahui masa subur mama. Pada contoh di atas, maka kemungkinan masa subur mama berada di tanggal 11 hingga 18 Mei.

Namun, perhitungan masa subur ini belum tentu tepat ya, Ma. Karena bisa saja masa subur mama lebih cepat atau lebih lambat satu atau dua hari.

Untuk mengetahui dengan pasti pergerakan masa subur mama, ada baiknya Mama memantau siklus ini selama tiga bulan untuk mendapatkan hitungan yang lebih pasti dan tepat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk