Pentingnya Mencukupi  Nutrisi, Dimulai Sejak Masa Persiapan Kehamilan

Mau program kehamilan, perhatikan nutrisi yang kamu konsumsi sehari-hari

5 Desember 2019

Penting Mencukupi  Nutrisi, Dimulai Sejak Masa Persiapan Kehamilan
Popmama.com/Novy Agrina

Memerhatikan asupan nutrisi tidak bisa saat hamil dan menyusui saja. Seorang perempuan sebaiknya sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sejak masa persiapan kehamilan. 

Mengapa demikian?

Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT multivitamin gummy, dalam Peluncuran Youvit Multimum di Kota Kasablanka menjelaskan, banyak ibu hamil kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi pada masa-masa awal kehamilannya. 
 
Padahal kekurangan nutrisi selama kehamilan bisa berisiko pada penurunan kesehatan Mama dan calon bayi yang sedang dikandung.

"Perempuan hamil banyak yang kekurangan zat besi, zink, kalsium, vitamin D, asam folat dan vitamin B12, itu kandungannya kurang pada kehamilan trimester pertama. Tercatat 88% perempuan kekurangan zat besi saat hamil, 95% kekurangan zink, 97% kalsium, 100% kekurangan vitamin D di kehamilan trimester pertama," papar Rachel.

Rachel mengatakan bahwa penelitian tadi menjelaskan, itu berarti kebanyakan perempuan tidak mempersiapkan nutrisinya saat menjelang kehamilan.

Rachel juga menjelaskan bahwa selama masa kehamilan, seorang perempuan membutuhkan beberapa zat penting seperti yang telah Popmama.com rangkum berikut ini:

1. Vitamin D

1. Vitamin D
Popmama.com/Novy Agrina

Rachel menjelaskan bahwa bagi ibu hamil dan ibu menyusui, jika kebutuhan vitamin D yang dikonsumsi kurang, maka akan diserap dari tulang Mama. 

"Masih 35% perempuan Indonesia kekurangan vitamin D. Mengapa ini menjadi masalah, karena penyerapan kalsium dalam tubuh dibantu dengan vitamin D," kata Reachel.  Kalau kita kekurangan, perempuan bisa terkena osteoporosis, tulang jadi lemah dan mudah capek," ungkap Rachel.

2. Asam Folat 

2. Asam Folat 
Dok. YOUVIT

Seperti yang banyak dibahas, asam folat memiki fungsi penting bagi pertumbuhan janin karena bisa mencegah keadaan bayi lahir cacat.

"Fungsi asam folat untuk perkembangan bayi, kalau kekurangan bisa terjadi spina bifida, di mana tulang belakang janin tidak bisa bertumbuh secara sempurna, jadi dia akan membuat masalah tulang belakang dan masalah pertumbuhan otak bayi," kata Rachel.

Sementara itu bagi ibu hamil yang kekurangan asam folat juga berbahaya karena bisa anemia, kekurangan darah dan kekurangan oksigen pada otak serta sel tubuh lainnya. Ibu hamil jadi gampang lemah, gampang sakit dan tekanan darah rendah.

Editors' Picks

3. Zink

3. Zink
Popmama.com/Novy Agrina

Fungsi zink adalah untuk imunitas tubuh, jadi ibu hamil tidak gampang infeksi dan imun tubuh jadi lebih terlindungi.

Sebelum hamil seharusnya setiap perempuan sudah konsumsi suplemen, jadi nggak bisa sudah mulai hamil baru minum vitamin. Lalu penyerapan vitamin butuh waktu yang lama, jadi nggak bisa kita baru minum vitamin terus berpikir itu akan segera diserap tubuh. 

Ada vitamin yang butuh 1-2 bulan baru akhirnya bisa diserap dalam darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Jadi tidak bisa konsumsi vitamin secara dadakan dan merasa mendapatkan khasiatnya.

Demikian Rachel Olsen menjelaskan seberapa pentingnya memenuhi nurtrisi bagi seorang ibu hamil dan ibu menyusui. 

Selama kehamilan tentu kamu memerlukan suplemen khusus ibu hamil sesuai anjuran dokter, begitu pula pada masa mempersiapkannya yang bermanfaat bagi kesehatan Mama dan janin.

Penting Mencukupi  Nutrisi, Dimulai Sejak Masa Persiapan Kehamilan
Dok. YOUVIT

PR, Event & Communications Manager  YOUVIT, Brigiv Aditya, juga menjelaskan karena para Mama yang aktif memiliki kebutuhan nutrisi yang spesial jadi terkadang bisa terjadi defisiensi gizi. Terutama pada saat menjadi calon mama, hamil dan menyusui. Untuk itu para perempuan perlu melengkapi diri dengan nutrisi tambahan. 

Ia juga menjelaskan bahwa MultiMum adalah gummy yang telah dilengkapi dengan kandungan vitamin dan mineral dengan rincian sebagai berikut:

  • Vitamin A: membantu menjaga kesehatan mata
  • Vitamin B Kompleks
  • Vitamin B3: bagus untuk produksi energi
  • Vitamin B5: membantu metabolisme tubuh
  • Vitamin B6: membantu reproduksi jaringan tubuh
  • Vitamin B7: membantu menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku
  • Vitamin B9: bagus untuk reproduksi dan pertumbuhan sel
  • Vitamin B12: membantu produksi sel darah merah
  • Vitamin C: penting untuk imunitas tubuh
  • Vitamin D: bagus untuk penyerapan kalsium dan kekuatan tulang
  • Vitamin E: bagus sebagai antioksidan
  • Selenium: membantu aktifitas antioksidan
  • Iodium: penting untuk pertumbuhan dan metabolisme
  • Zink: bagus untuk imunitas tubuh

Itulah zat-zat yang penting bagi kesehatan selama masa kehamilan. Jadi saat mempersiapkan kehamilan, pastikan nutrisi kamu terpenuhi dan sudahsesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!