7 Artis Punya Endometriosis tapi Bisa Hamil dan Punya Anak

Artis ini divonis sulit punya anak, tapi menjalani pengobatan hingga akhirnya hamil

25 September 2021

7 Artis Pu Endometriosis tapi Bisa Hamil Pu Anak
Instagram.com/ussypratama & Instagram.com/chafrederica

Endometriosis adalah gangguan pada jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim.  Jaringan yang disebut endometrium ini dapat tumbuh di indung telur, usus, tuba falopi (saluran telur), vagina, atau di rektum (bagian akhir usus yang terhubung ke anus).

Penyebab penderita endometriosis sulit hamil karena beberapa alasan, misalnya menurunnya kualitas sel telur. Selain itu, penyakit ini juga menimbulkan perubahan anatomi normal organ reproduksi dan menurunkan cadangan sel telur (Ovarian Reserve).

Endometriosis sendiri merupakan penyakit sepanjang usia reproduksi. Sehingga penyakit ini akan terus berkembang selama penderita masih haid dan masih dalam usia reproduksi (belum menopause). Penyakit ini akan berhenti sementara jika pasien berhenti haid (hamil atau menopause).

Meski sulit hamil, deretan artis punya endometriosis ini bisa mengandung dan akhirnya melahirkan anak. Meski butuh usaha lebih dan pengobatan yang cukup mahal, akhirnya mereka bisa memiliki keturunan yang sangat didambakan.

Berikut Popmama.com rangkum deretan artis punya endometriosis tapi bisa hamil dan punya anak.

1. Chacha Frederica

1. Chacha Frederica
Instagram.com/chafrederica

Chacha Frederica masuk ke deretan artis terkena endometriosis tapi bisa hamil dan punya anak. Menanti selama 4 tahun, Chacha bolak-balik pengobatan ke Singapura untuk memeriksakan kandungannya. 

Chacha baru mengetahui dirinya menderita endometriosis setelah menikah. Setelah mengetahui ada endometriosis, mama satu anak ini tak langsung disarankan operasi. Dokter sempat memintanya menunggu sampai satu tahun pernikahan.

Karena tidak berhasil hamil, baru diketahui jika endometriosisnya disebut mengganggu pembuahan lalu melakukan operasi laparoskopi. Setelah itu, Chacha melakukan berbagai promil hingga akhirnya bisa hamil anak pertama.

2. Chrissy Teigen

2. Chrissy Teigen
Instagram.com/chrissyteigen

Penulis buku masak 'Cravings' Chrissy Teigen menceritakan di Twitter pada Februari 2021 lalu soal perjalanan kehamilannya. Empat bulan pasca keguguran, dia menjalani operasi untuk mengobati endometriosis yang ia miliki.

Chrissy diketahui menjalani operasi laparoskopi. Ia menyebutkan serangkaian perawatan yang dijalaninya cukup sulit agar bisa sembuh dari pernyakit itu.

Editors' Picks

3. Halsey

3. Halsey
Instagram.com/iamhalsey

Penyanyi dengan nama lengkap Ashley Nicolette Frangipane ini diketahui memiliki endometriosis. Hal itu ia ungkapkan di media sosialnya. Sebagai pejuang endometriosis, ia juga menyemangati perempuan lain di luar sana yang memiliki penyakit serupa.

Pada tahun 2019, Halsey pernah memposting di Twitternya (sudah dihapus) bahwa dia mengalami tiga kali keguguran. Ia lalu menjalani empat kali operasi untuk menyembuhkan endometriosisnya.

4. Hanum Mega

4. Hanum Mega
Instagram.com/hanummegaa

Beauty vlogger Hanum Mega juga pernah berjuang melawan kista endometriosis. Saat mengumumkan dirinya hamil, selebgram ini juga menceritakan perjuangannya memiliki keturunan.

Dokter mengatakan Mega akan sulit hamil. Diagnosis itu pun membuatnya sedih dan selalu kepikiran dengan kondisinya. Beruntungnya, Tuhan memberikan kenyataaan yang berbeda. Sebab, sembari mengobati kistanya, ia akhirnya bisa hamil anak pertama.

Kista endometriosis adalah jenis kista yang terbentuk ketika jaringan endometrium tumbuh di ovarium atau indung telur. Kista endometriosis ini berisi cairan yang berukuran besar pada indung telur.

5. Mandy Moore

5. Mandy Moore
Instagram.com/mandymooremm

Mandy Moore aktris sekaligus penyanyi ini menceritakan perjalanannya berjuang sembuh dari endometriosis. Ia hampir menjalani operasi sebelum menemukan fakta bahwa dia hamil.

Ketika dinyatakan hamil, ia bahkan sempat tidak percaya dan tidak mau berharap banyak. Sampai akhirnya dia hamil dan kini memiliki anak pertama.

6. Ussy Sulistiawaty

6. Ussy Sulistiawaty
Instagram.com/ussypratama

Sebelum menikah dulu, Ussy pernah didiagnosis mengalami endometriosis. Saat dokter memberikan vonis itu, Ussy langsung terbang ke Singapura untuk melakukan serangkaian pengobatan.

Karena endometriosis itu, Ussy sempat divonis dokter akan sulit punya anak. Menjalani pengobatan rutin, endometriosis Ussy sudah sembuh hingga ia berhasil memiliki 5 orang momongan nih.

7. Zaskia Sungkar

7. Zaskia Sungkar
Instagram.com/zaskiasungkar15

Cerita Zaskia Sungkar yang kesulitan mendapatkan momongan menjadi inspirasi banyak orang terus berjuang. Sebab, istri dari Irwansyah ini akhirnya berhasil hamil dan melahirkan anak. 

Pada tahun 2017, saat Zaskia pergi ke Malaysia ia melakukan melakukan kontrol ke dokter kandungan di sana. Diketahui ternyata Zaskia Sungkar memiliki endometriosis. 

Zaskia pun disarankan untuk melakukan operasi di sana. Sebab, saat periksa di Jakarta dokter tidak melihat endometriosisnya.

Itulah tadi deretan artis punya endometriosis tapi bisa hamil dan punya anak. Semoga ini menjadi pelajaran dan penyemangat untuk kita yang berjuang mendapatkan anak agar tidak menyerah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.