9 Artis Keguguran Lebih dari Sekali, Tak Menyerah Promil & Punya Anak

Ada yang mencoba promil bayi tabung sampai gagal berkali-kali karena keguguran

21 Oktober 2021

9 Artis Keguguran Lebih dari Sekali, Tak Menyerah Promil & Pu Anak
Instagram.com/ruben_onsu & Instagram.com/mayangsari_official

Memiliki anak tentu menjadi impian banyak suami-istri di Indonesia. Anak menjadi titipan Tuhan sekaligus berkah terbesar bagi pasangan yang menanti kehadirannya.

Setiap orang punya perjuangannya masing-masing untuk bisa memiliki momongan. Mulai dari ada masalah hormon hingga berulang kali keguguran saat hamil.

Termasuk deretan artis keguguran lebih dari sekali ini tapi tak menyerah promil untuk memiliki anak. Ada yang sampai tiga kali keguguran, lalu memutuskan untuk rehat promil (program hamil) sembari menyiapkan mental kembali.

Berikut Popmama.com rangkum 9 artis yang keguguran lebih dari sekali tapi tak menyerah promil untuk punya anak.

1. Ashanty empat kali mengalami keguguran

1. Ashanty empat kali mengalami keguguran
Instagram.com/ashanty_ash

Artis yang keguguran lebih dari sekali tapi tak menyerah promil yang pertama adalah Ashanty. Penyanyi ini rupanya melalui perjuangan panjang sebelum berhasil melahirkan dua anaknya, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah dan Arsya Hermansyah.

Ashanty pernah hamil sebanyak enam kali, tapi empat di antaranya mengalami keguguran. Dari hasil pemeriksaan dokter, Ashanty mengalami keguguran berulang karena pengentalan darah yang terjadi di tubuhnya. 

Ia pun waktu itu disarankan untuk mendapatkan pengencer darah di perut agar bisa hamil. Saat hamil putri pertamanya, dokter pernah mengingatkan istri Anang ini bahwa kemungkinan janinnya bisa bertahan sangat kecil. 

Saat itu janin dalam perut Ashanty tampak tak berkembang, ditambah ia juga mengalami pendarahan dari usia kehamilan dua bulan. Ashanty kukuh untuk mempertahankan kehamilannya itu meski dokter menyarankan untuk menyerah. 

Berobat sampai ke Singapura, perjuangannya membuahkan hasil. Kehamilannya yang saat itu diprediksi gagal justru berjalan baik. Ashanty berhasil hamil dan melahirkan anak pertamanya dengan Anang, Arsy dalam kondisi sehat.

2. Sarwendah sampai ke Tiongkok untuk punya anak

2. Sarwendah sampai ke Tiongkok pu anak
Instagram.com/sarwendah29

Menikah dengan Ruben Onsu di tahun 2013, Sarwendah sempat mengalami dua kali keguguran. Diduga kuat salah satu alasannya karena tubuhnya yang terlalu kurus saat itu.

Segera promil lagi, pil pahit harus dialami kembali pasangan ini. Saat Sarwendah hamil anak kedua di awal 2014 ia kembali mengalami keguguran. 

Akhirnya di kehamilan ketiganya, Sarwendah sampai melakukan konsultasi ke dokter di Tiongkok. Dari usaha Sarwendah itu akhirnya membuahkan hasil dan ia bisa menjalani kehamilan ketiga dengan baik.

Sarwendah akhirnya melahirkan putri pertamanya, Thalia Putri Onsu pada 5 Juni 2015. Empat tahun kemudian di tanggal yang sama, Sarwendah kembali melahirkan buah hati keduanya, Thania Putri Onsu.

3. Rieke Diah Pitaloka sebelum hamil sempat dua kali keguguran

3. Rieke Diah Pitaloka sebelum hamil sempat dua kali keguguran
Instagram.com/riekediahp

Artis keguguran lebih dari sekali selanjutnya adalah Rieke Diah Pitaloka. Ia pernah mengalami keguguran sampai dua kali saat masih menjadi istri Donny Gahral Ahdian.

Sayangnya, pasangan ini harus bercerai pada tahun 2015 lalu. Namun, Rieke sempat menceritakan pengalaman kegugurannya saat itu. 

Salah satu sebabnya karena antibodi dalam tubuhnya yang dimilikinya terlalu tinggi dan menyerang balik. Sempat mengalami trauma, Rieke berusaha bangkit dan promil lagi. 

Akhirnya ia berhasil hamil dan melahirkan anak pertamanya, Sagara Kawani pada 2009 setelah menunggu selama 4 tahun pernikahan. 

Dua tahun kemudian, Rieke dikaruniai bayi kembar berjenis kelamain laki-laki di tahun 2011, yakni Jalumanon Misesa dan Jalumanon Badrika Adriansyah.

Editors' Picks

4. Shireen Sungkar sempat alami pendarahan sampai ke rumah sakit

4. Shireen Sungkar sempat alami pendarahan sampai ke rumah sakit
Instagram.com/teukuwisnu
Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar

Shireen Sungkar yang kini memiliki tiga anak dengan Teuku Wisnu punya pengalaman menyedihkan dulu. Ia pernah mengalami pendarahan saat usia kandungannya masih sangat muda. 

Setelah kejadian pendarahan yang pertama, Shireen yang saat itu berumur 22 tahun kembali mengalami pendarahan saat usia kandungannya tiga bulan. Namun, pendarahan ini tidak mengganggu kehamilan Shireen.

Menurut sang Mama selama Shireen hamil, aktris kelahiran 1992 ini beberapa kali mengalami pendarahan. Terhitung sejak menikah Shireen mengalami hingga empat kali pendarahan lho.

Bahkan Shireen disebut pernah dibawa ke rumah sakit karena pendarahan yang dialami istri Teuku Wisnu tidak berhenti.

5. Chua Kotak yang keguguran karena kelelahan dan hamil anggur

5. Chua Kotak keguguran karena kelelahan hamil anggur
Instagram.com/chuakotak

Chua yang merupakan bassist band Kotak pernah mengalami dua kali keguguran. Keguguran pertama terjadi karena rahimnya yang lemah, ditambah saat itu ia sibuk manggung. 

Kembali promil untuk mendapatkan anak, Chua harus menelan kepahitan lagi. Kehamilan keduanya saat itu pun gagal karena ia mengalami hamil anggur.

Bangkit dari rasa keterpurukan, Chua akhirnya bisa hamil dan melahirkan dengan sehat anak pertamanya pada Agustus 2016 lalu. Tahun 2019, Chua juga diberkahi momongan kedua.

Kini Chua menjadi ibu dari dua orang anak laki-laki bernama Raja Sabdasaka Putra Firmansyah dan Shakilla Sabdasakhi Putri Firmansyah.

6. Mayangsari yang ingin hamil lagi tapi keguguran dua kali

6. Mayangsari ingin hamil lagi tapi keguguran dua kali
Instagram.com/mayangsari_official

Pernikahan Mayangsari dengan Bambang Trihatmojo sempat menjadi kontroversi. Siapa sangka, Mama dari Khirani Siti Hartina Trihatmodjo ini pernah sangat ingin memberikan adik untuk putri sulungnya.

Namun, keinginannya itu tidak bisa terwujud. Mayangsari rupanya pernah keguguran dua kali saat mencoba promil. Ia menceritakan kehamilan kedua terjadi saat Khirani berusia 3 tahun tapi keguguran.

Lalu, saat anaknya itu berusia 6 tahun Mayangsari juga sempat hamil lagi. Namun, takdir Tuhan berkata lain karena saat itu ia juga harus mengalami keguguran.

7. Hanum Rais yang mencoba berkali-kali bayi tabung tapi gagal

7. Hanum Rais mencoba berkali-kali bayi tabung tapi gagal
Instagram.com/hanumrais

Hanum Salsabiela Rais atau yang lebih dikenal sebagai Hanum Rais menjadi artis keguguran lebih dari sekali tapi tak menyerah untuk promil. Presenter berita yang dulu hits ini menempuh perjuangan panjang untuk bisa hamil. 

Karena masalah kesuburan, Hanum Rais harus melakukan berbagai terapi dan perawatan agar bisa hamil dan melahirkan anak. Bahkan ia dan sang Suami beberapa kali mencoba promil bayi tabung, tapi mengalami keguguran sebanyak tiga kali.

Tak mau terus bersedih, Hanum dan suaminya tak berhenti berusaha. Akhirnya perjuangan mereka membuahkan hasil. Hanum Rais berhasil hamil dan melahirkan anaknya, Sarahza Reashira Almahendra dengan sehat di tahun 2016.

8. Shanty, istri Denny Cagur yang keguguran tiga kali

8. Shanty, istri Denny Cagur keguguran tiga kali
Instagram.com/shantydenny

Shanty Widihastuti mencoba beberapa kali promil untuk bisa memiliki anak kembali dengan Denny Cagur. Namun, dari berbagai promil itu ia harus menelan kepahitan karena mengalami keguguran sebanyak dua kali.

Shanty dan Denny pun akhirnya memutuskan program bayi tabung untuk hamil anak ketiga mereka. Sebab, sebelumnya selalu ada masalah di kehamilan Shanty.

Ia sudah tiga kali mengalami kehamilan tapi hamilnya selalu ektopik atau hamil di luar kandungan. Hamil ektopik terjadi ketika embrio janin tumbuh dan berkembang di luar rahim dan  bertahan hidup di luar uterus. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat merusak organ terdekat dan menyebabkan pendarahan yang mengancam jiwa.

Sempat berekspektasi tinggi dengan program bayi tabung, Shanty dan Denny harus menelan kepahitan. Janin dari hasil bayi tabung tak berkembang saat usia kehamilannya menginjak 7 minggu.

Setelah keguguran terakhir itu, Shanty mengungkapkan ingin fokus membagiakan diri sendiri sampai siap untuk memulai promil lagi.

9. Adiezty Fersa dua kali keguguran tak menyerah ingin punya anak

9. Adiezty Fersa dua kali keguguran tak menyerah ingin pu anak
Instagram.com/gilangdirga

Menunggu kehadiran momongan selama 5 tahun pernikahan, Gilang Dirga dan Adiezty Fersa melakukan berbagai promil untuk bisa memiliki anak. Keduanya diketahui sudah menjalani program bayi tabung.

Namun, dari beberapa kali program itu belum ada kabar baik yang menghampiri pasangan ini. Pada program bayi tabung pertama, Adiezty harus mengalami pendarahan yang mengakibatkan dirinya mengalami keguguran.

Sebelumnya, Adiezty juga pernah mengalami keguguran pada 2016 dan 2018. Pada 2016 lalu, Adiezty mengalami keguguran karena janinnya tak berkembang sempurna. Pada 2018 keduanya juga kehilangan calon buah hati mereka.

Itulah tadi cerita dan perjuangan panjang sederet artis yang mengalami pendarahan hingga keguguran saat promil. Cobaan demi cobaan dihadapi artis ini untuk mendapatkan anak, mereka tidak menyerah.

Beberapa diantaranya rehat sejenak untuk menata mental dan fisik sebelum memiliki momongan. Deretan artis keguguran lebih dari sekali tapi tak menyerah promil lagi ini layak diacungi jempol. Kita harus mendukung mereka segera bisa mendapatkan anak.

Begitupun dengan Mama yang saat ini berjuang untuk garis dua, semoga segera mendapatkan kabar baik ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.