6 Cara Menunda Kehamilan secara Alami Tanpa KB, Bisa Langsung Dicoba!

Mulai kiat-kiat saat berhubungan seks hingga makanan yang dipercaya bisa mencegah kehamilan

10 Januari 2021

6 Cara Menunda Kehamilan secara Alami Tanpa KB, Bisa Langsung Dicoba
Pexels/rodnae-prod

Kehamilan memang kabar yang membahagiakan bagi pasangan suami-istri. Namun, karena berbagai alasan kadang kehamilan mesti ditunda atau dicegah, misalnya karena kondisi kesehatan atau kesiapan mental.

Banyak cara untuk mencegah kehamilan, salah satu yang paling umum adalah dengan pil atau suntik KB. Meskipun pada beberapa perempuan pil atau suntik KB ini sangat memengaruhi hormon dan membuat bentuk tubuh berubah.

Nah, bagi Mama yang ingin menunda kehamilan secara alami tanpa KB ternyata bisa dilakukan lho. Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya. 

1. Ejakulasi di luar vagina

1. Ejakulasi luar vagina
Freepik/ansila

Istilah ejakulasi di luar rahim ini biasa disebut juga senggama terputus, yakni saat berhubungan seksual pasangan laki-laki akan menarik penisnya keluar dari vagina sebelum terjadi ejakulasi.

Namun, cara ini belum tentu efektif karena perempuan bisa hamil jika pasangan memiliki kualitas sperma yang bagus dan keluar saat precum. KB alami ini juga perlu konsentrasi tinggi agar berhasil melakukannya. 

2. Hindari berhubungan intim saat masa subur

2. Hindari berhubungan intim saat masa subur
Freepik

Selanjutnya yakni tidak berhubungan intim saat masa subur atau saat terjadi ovulasi. Metode ini biasanya disebut dengan fertility awareness. Dalam natural family planning, Mama akan mencatat siklus menstruasi sehingga bisa tahu kapan indung telur melepaskan sel-sel telur setiap bulannya (ovulasi).

Ada beberapa cara untuk mengetahui masalah ovulasi yakni dengan cek suhu basal tubuh, cek lendir serviks, dan metode kalender.

Editors' Picks

3. Memberikan ASI ekslusif

3. Memberikan ASI ekslusif
Freepik/shurkin_son

Banyak yang bilang jika memberikan ASI ekslusif bisa mencegah kehamilan terjadi. Pasalnya, kegiatan menyusui ternyata membantu menunda ovulasi hingga enam bulan setelah melahirkan.

Namun, cara menyusuinya harus langsung dari payudara kepada bayi minimal delapan kali sehari. KB alami bisa dibilang efektif karena hormon yang dibutuhkan untuk menstimulasi produksi susu dapat mencegah pelepasan hormon yang menstimulasi terjadinya ovulasi. 

4. Outercourse

4. Outercourse
Freepik/bearfotos

Outercourse adalah hubungan seksual tapi tanpa penetrasi penis ke dalam vagina. Outercourse bisa dilakukan dengan pasangan seperti berciuman, pijatan mesra, seks oral hingga masturbasi, saling meremas atau menggunakan alat bantu seks. 

Metode ini bisa dilakukan dan cukup efektif selama tidak ada pertemuan antara sperma dan sel telur.

5. Makanan yang dipercaya bisa mencegah kehamilan

5. Makanan dipercaya bisa mencegah kehamilan
Pixabay/klimkin

Dikutip dari WebMD, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa menunda kehamilan secara alami. Namun, penelitian mengenai anggapan ini masih minim. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) tidak pernah menyebut salah satu makanan ini akan berhasil menunda kehamilan tanpa KB.

Beberapa makanan tersebut di antaranya adalah:

  • Daun neem
  • Kacang jarak (castor bean)
  • Gossypol untuk laki-laki (zat yang ditemukan dalam tanaman kapas)
  • Anggur dewa guntur (thunder god vine)
  • Zodia (Evodia)
  • Wortel liar

Untuk mengonsumsi makanan ini tentu tidak boleh sembarangan. Jadi, Mama bisa berbicara dengan dokter terlebih dahulu mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi agar lebih aman.

6. Mengonsumsi jamu herbal

6. Mengonsumsi jamu herbal
Freepik/Jcomp

Selain makanan, ada pula racikan herbal yang dipercaya bisa mencegah kehamilan. Mengutip dari Healthline, ada beberapa ramuan herbal yang cukup efektif mencegah kehamilan. 

Dengan catatan, FDA belum membenarkan bahwa bahan-bahan herbal ini benar-benar efektif. Juga, mekanisme efek untuk beberapa herbal ini dapat menyebabkan keguguran.

  • Akar batu yang dipercaya pendudukan asli Amerika bisa mencegah kehamilan. Dengan meminum air rendaman akar batu atau menghirup asap dari akar batu sebagai sterilitas permanen.
  • Thistle yang dianggap penduduk asli Amerika layaknya Quinault yang jika diseduh layaknya teh dan diminum bisa menyebabkan infertilitas.
  • Akar jahe dipercaya sebagai penyembuh alami. Meminum 4 cangkir teh jahe per hari selama tidak lebih dari 5 hari dipercaya melancatkan menstruasi. Mama juga bisa mencampur 1 sendok teh jahe bubuk dalam 200 ml air mendidih dan konsumsi selagi panas.

Itulah tadi informasi mengenai cara menunda kehamilan secara alami tanpa KB yang bisa dicoba. Namun, agar lebih aman, melibatkan dokter bisa menjadi pilihan terbaik agar tidak terjadi kehamilan yang tak direncanakan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.