Konsumsi dengan Cara Tepat! 3 Manfaat Buah Kundur untuk Program Hamil

Buah kundur mengandung akan asam folat yang baik untuk mempersiapkan kehamilan

29 Oktober 2020

Konsumsi Cara Tepat 3 Manfaat Buah Kundur Program Hamil
Healthline.com

Buah kundur memang tidak sepopuler buah zuriat untuk program hamil. Namun, khasiat dan manfaat buah ini ternyata cukup ampuh untuk mendapatkan momongan lho. 

Buah kundur adalah jenis buah yang tumbuh dan dibudidayakan di negara tropis termasuk Indonesia. Nama botani buah kundur adalah Benincasa hispida. Buah ini juga biasa dikenal dengan nama beligo, bligo, dan baligo. Ada juga yang menyebut buah kundur sebagai labu besar. 

Daging buah kundur yang biasa dimasak sup ini ternyata tidak hanya enak tapi juga bermanfaat untuk kesehatan secara umum. 

Apa saja manfaat buah kundur untuk program hamil dan bagaimana cara mengonsumsi buah ini? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya. 

Editors' Picks

1. Kandungan dalam buah kundur

1. Kandungan dalam buah kundur
Publiccanteen.com

Diklaim memiliki sejuta manfaat, kandungan vitamin buah kundur ternyata banyak sekali. Buah yang biasa dikonsumsi dengan cara direbus ini ternyata mengandung zat gizi makro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Maka, buah kundur bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Selain itu, dalam buah kundur juga terdapat kandungan serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini memiliki berbagai jenis vitamin dan mineral yang terdiri dari kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium

Untuk kandungan vitamin pun tak kalah banyak. Vitamin dalam buah kundur adalah vitamin larut air seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), dan vitamin C. Buah kundur kaya akan kandungan air yaitu lebih dari 95%.

2. Manfaat buah kundur untuk program hamil

2. Manfaat buah kundur program hamil
Freepik/freepic.diller

Sudah dijelaskan jika buah kundur ini memiliki beragam manfaat, vitamin dan mineral. Banyak manfaat buah kundur yang bisa menyukseskan program hamil dengan pasangan. Berikut adalah daftar manfaat buah kundur untuk program hamil menurut International Foundation for Mother and Child.

  • Sumber asam folat

Asam folat tidak hanya dibutuhkan untuk ibu hamil. Ketika akan merencanakan program hamil, kebutuhan asam folat di tubuh perempuan harus seimbang dan cukup. Hal ini karena asam folat juga berperan untuk kesuburan kandungan.

  • Menambah nutrisi tubuh

Nutrisi yang cukup dibutuhkan untuk semua orang. Termasuk untuk Mama yang akan program hamil. Kebutuhan nutrisi ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah kundur. Buah kundur memiliki mineral dan vitamin seperti zat besi, magnesium, niacin, kalium, piridoksin, mangan, dan asam pantotenat. Nutrisi ini berkontribusi untuk menyiapkan kandungan mama sebelum hamil.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika mempersiapkan hamil, menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat tentunya menjadi hal penting. Kamu harus dalam keadaan sehat dan prima jika akan memiliki bayi. Nah, salah satu khasiat buah kundur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. 

3. Cara mengonsumsi buah kundur

3. Cara mengonsumsi buah kundur
Netmeds.com

Buah kundur bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan sesuai selera mama. Namun, yang paling umum yakni merebus atau membuatnya menjadi sup bening. Kamu bisa mengonsumsi buah kundur beberapa kali dalam seminggu.

Namun, kini sudah ada manisan kering dari buah ini, lho. Buat kamu yang nggak terlalu suka mengonsumsi buah kundur dengan direbus atau membuatnya menjadi sup bening, mengolahnya jadi manisan bisa jadi solusi. Namun, untuk Mama yang memiliki diabetes sebaiknya hindari pengolahan seperti ini ya.

Itulah tadi sederet fakta soal manfaat buah kundur untuk program hamil dan cara mengonsumsinya. Bagi kamu yang akan melaksanakan program hamil, mengonsumsi buah kundur bisa menjadi solusi untuk menyukseskan usaha untuk segera memiliki anak!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.