7 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesuburan, Jangan Diremehkan!

Kandungan baik dalam susu kedelai cocok dikonsumsi saat program hamil

21 Juli 2021

7 Manfaat Susu Kedelai Kesuburan, Jangan Diremehkan
Pexels/polina-tankilevitch

Kedelai masuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang bermanfaat jika dikonsumsi rutin untuk tubuh. Kedelai ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat susu dan camilan enak lho.

Meski beberapa orang menganggap rasa susu kedelai kurang lezat, nyatanya banyak kandungan nutrisi sehat yang diperlukan tubuh. Khusus bagi perempuan, manfaat susu kedelai untuk kesuburan dipercaya membantu cepat hamil lho.

Berikut Popmama.com rangkum manfaat susu kedelai untuk kesuburan.

1. Bisa membantu diet yang memiliki PCOS

1. Bisa membantu diet memiliki PCOS
Freepik/Dragana_Gordic

Bagi perempuan dengan masalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) yang memiliki berat badan berlebih biasanya akan disarankan dokter untuk berdiet. Susu kedelai bisa menjadi salah satu menu diet yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Kedelai memiliki kandungan glikemik indeks yang rendah yang bantu menurunkan berat badan. Dengan jumlah tertentu, kedelai juga bisa digunakan untuk membantu menambah berat badan juga untuk pasien PCOS.

Fenomena tersebut bisa terjadi karena kedelai mengandung protein dan serat yang banyak. Sehingga, kedelai dapat menjadi solusi yang tepat bila ingin menjadikan badan berbobot lebih ideal.

Namun, tentunya perlu makanan seimbang lain jika dietnya ingin berhasil ya. Apalagi jika diimbangi dengan konsultasi ke dokter maka hasilnya pun akan lebih maksimal.

2. Membantu proses penyerapan kalsium

2. Membantu proses penyerapan kalsium
Freepik/nakaridore

Manfaat susu kedelai untuk kesuburan bagi  perempuan yang belum hamil yakni membantu meningkatkan proses penyerapan kalisum di dalam tubuh. Kalsium menjadi mineral penting untuk dipenuhi terutama pada masa awal kehamilan. 

Kalsium ini juga sangat penting bagi perempuan yang sedang mengharapkan hadirnya momongan dalam keluarganya. Dengan mengonsumsi susu kedelai dan makan makanan berkalsium maka kondisi kekurangan kalsium bisa dicegah.

Editors' Picks

3. Membantu menjaga fungsi dan kinerja ovarium agar maksimal

3. Membantu menjaga fungsi kinerja ovarium agar maksimal
Pexels/tr-n-long

Susu kedelai memiliki kandungan asam folat tinggi. Hal tersebut sangat penting untuk perempuan yang akan hamil untuk memenuhi kandungan asam folat yang dibutuhkan.

Digabungkan dengan berbagai nutrisi lainnnya, dapat memberikan dampak positif dengan meningkatkan kinerja ovarium agar maksimal. Ketika ovarium kita kondisinya baik dan terjaga maka peluang kehamilan akan semakin besar. 

Sebab, fungsi ovarium yang normal akan menghasilkan sel telur yang berkualitas dan sangant baik untuk dibuahi sel sprema.

4. Mempersiapkan proses awal kehamilan agar berjalan normal

4. Mempersiapkan proses awal kehamilan agar berjalan normal
freepik.com

Proses kehamilan tidak hanya terjadi karena proses pembuahan dari sperma ke sel telur. Namun, fungsi rahim untuk mengandung juga harus memiliki kondisi yang baik.

Bisa jadi bukan di proses pembuahannya, tapi disebabkan oleh mempersiapkan proses awal kehamilan yang tidak siap. Oleh karenanya proses persiapan ini harus berjalan dengan baik.

Susu kedelai dikenal bermanfaat karena kandungan mineralnya. Misalnya adanya fitokimia dalam kedelai mampu melawan dampak negatif dari BPA, zat kimia pada plastik yang bisa menurunkan kesuburan untuk perempuan.

5. Membantu perempuan yang IVF lebih cepat hamil

5. Membantu perempuan IVF lebih cepat hamil
Freepik

Dikutip dari Second Nature, penelitian menunjukkan mengonsumsi susu kedelai bermanfaat untuk perempuan yang menjalani inseminasi hingga bayi tabung atau in-vitro fertilization (IVF).

Mengonsumsi susu kedelai meningkatkan kemungkinan hamil. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih mengetahui manfaat susu kedelai untuk kesuburan.

6. Punya potensi meningkatkan suasana hati

6. Pu potensi meningkatkan suasana hati
Freepik/wayhomestudio

Khasiat susu kedelai yang jarang diketahui orang ialah meningkatkan suasana hati. Perlu diketahui jika suasana hati ini berpengaruh terhadap hormon di dalam tubuh.

Sebab saat mengalami tekanan batin yang cukup berat, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon stres. Produksi hormon stres yang meningkat ini bisa mengganggu produksi hormon reproduksi.

Susu kedelai sendiri mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk suasana hati. Selain itu, susu kedelai juga mengandung magnesium yang dipercaya bisa membantu tubuh melepas hormon serotonin untuk membantu mengatasi tekanan di pikiran.

7. Mengurangi gejala menopause

7. Mengurangi gejala menopause
mirror.co.uk

Ketika perempuan memasuki masa menopause, kadar estrogen dalam tubuh akan berkurang sehingga menimbulkan gejala seperti kegerahan (hot flashes) dan wajah memerah.

Susu kedelai sendiri memiliki kandungan isoflavon, salah satu jenis fitoestrogen yang terdapat pada tumbuhan dan bisa menjadi penambah estrogen pada wanita, meski sifatnya lemah.

Dari sebuah penelitian, perempuan yang mengonsumsi kedelai setidaknya 12 minggu lebih jarang mengalami kegerahan sebelum menopause dibanding dengan yang tidak mengonsumsinya.

Sebagian lainnya mengaku tetap merasa kegerahan, hanya saja tidak separah perempuan yang mengalami pramenopause pada umumnya.

Itulah tadi manfaat susu kedelai untuk kesuburan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya manfaat susu kedelai ini sangat banyak, tak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kesuburan nih!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.