5 Manfaat Vitamin D Bagi Kesuburan dan Dukung Promil Sukses!

Jangan disepelekan lho, Ma

18 Mei 2021

5 Manfaat Vitamin D Bagi Kesuburan Dukung Promil Sukses
Unsplash/drew_hays

Vitamin D dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Bagi perempuan yang mencoba hamil, kebutuhan vitamin D dipercayai sangat baik bagi kesuburan dan membuat kehamilan lebih sehat.

Karena potensi manfaat ini, Shady Grove Fertility (SGF) mengumpulkan semua pasien perempuan yang kekurangan vitamin D sebagai bagian dari survei terhadap penelitian yang mendasari manfaat vitamin D bagi program hamil dan kehamilan itu sendiri.

"Vitamin D yang cukup bisa meningkatkan keberhasilan dalam perawatan kesuburan untuk program hamil. Dalam penelitian lain menyebut vitamin D juga meningkatkan kesuksesan dalam program In-vitro fertilization (IVF). Namun, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat hubungan antara kecukupan vitamin D dalam tubuh dan tingkat kesuburan," jelas Dr. Widra yang dikutip dari Shady Grove Fertility (SGF).

Lantas, berapa takaran vitamin D yang harus dikonsumsi? Bagaimana manfaatnya untuk tubuh dan mendukung kesuksesan promil?

Berikut Popamama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Perempuan yang cukup kadar vitamin D-nya dua kali lebih cepat hamil

1. Perempuan cukup kadar vitamin D- dua kali lebih cepat hamil
Unsplash/johnlooy

Ada sebuah penelitian pada tahun 2012 yang dilakukan Infertility Unit of the Fondazione Ca' Granda di Ospedale Maggiore Policlinico mengenai hubungan vitamin D dan kemungkinan program hamil (promil) yang sukses. Penelitian itu menyebut perempuan dengan kadar vitamin D yang cukup, kemungkinan dua kali sukses untuk hamil.

Dua penelitian tambahan yang juga menunjukkan bahwa vitamin D dikaitkan dengan tingkat kehamilan yang lebih tinggi.

Termasuk satu penelitian yang menunjukkan perempuan dengan tingkat vitamin D normal, empat kali lebih mungkin untuk hamil melalui IVF dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah.

Editors' Picks

2. Vitamin D membantu meningkatkan kualitas sel telur

2. Vitamin D membantu meningkatkan kualitas sel telur
Pexels/rodnae-prod

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki kadar vitamin D lebih rendah dikaitkan dengan amh rendah, Polycystic ovary syndrome (PCOS), dan fibroid rahim.

Vitamin D membantu dalam produksi hormon anti-Müllerian (AMH), yang merupakan ukuran cadangan ovarium dalam rahim.

Dengan meningkatkan asupan Vitamin D maka bisa berpotensi meningkatkan kualitas sel telur lebih baik. Ini akan akan membantu peluang untuk hamil lebih sukses.

3. Kadar vitamin D rendah dalam tubuh berdampak pada ovulasi

3. Kadar vitamin D rendah dalam tubuh berdampak ovulasi
Freepik

Sebuah penelitian tahun 2011 yang dipresentasikan pada American Society for Reproductive Medicine Annual Meeting, kadar vitamin D yang rendah dapat berdampak negatif pada ovulasi. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Yale yang dipimpin oleh Dr. Lubna Pal. 

Mereka melakukan studi kecil yang melibatkan sekitar 67 perempuan dengan masalah ovulasi. Hasil penelitian itu menemukan, ada hubungan yang signifikan antara vitamin D rendah dalam tubuh dan masalah ovulasi. Beberapa penelitian lain yang dilakukan untuk meneliti PCOS dan hubungannya dengan kekurangan vitamin D.

Namun, secara keseluruhan belum ada penelitian yang konklusif mutlak mengenai hal ini. Sehingga yang terbaik adalah berbicara dengan dokter tentang apa yang ia rekomendasikan.

4. Vitamin D membantu penyerapan mineral dalam tubuh

4. Vitamin D membantu penyerapan mineral dalam tubuh
Freepik/Racool_studio

Perempuan yang mengikuti promil disarankan menjaga asupan nutrisi dan mineral lebih baik.

Peran vitamin D rupanya juga membantu dalam penyerapan pengaturan mineral di dalam tubuh yang berupa kalsium dan fosfat dari makanan. 

5. Asupan vitamin D yang cukup menyeimbangkan hormon seksualitas

5. Asupan vitamin D cukup menyeimbangkan hormon seksualitas
Freepik

Sumber vitamin D terbaik dan alami yaitu sinar matahari di pagi hari. Disarankan berjemur setidaknya 20 menit setiap harinya. Perempuan yang jarang terkena sinar matahari berisiko mengalami proses ovulasi yang rendah.

Kandungan vitamin D dari sinar matahari memiliki manfaat yang sangat baik lho. Untuk perempuan dan laki-laki bisa menyeimbangkan hormon seksualitas. Sementara khusus untuk laki-laki vitamin D yang cukup meningkatkan untuk meningkatkan jumlah sperma yang diproduksi.

Tidak hanya dari sinar matahari, vitamin D bisa didapat dari beberapa makanan seperti telur, minyak ikan, juga hati. Mengonsumsi suplemen vitamin D juga bisa dilakukan sebagai cara cepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Itulah tadi manfaat vitamin D bagi kesuburan sehingga menyukseskan promil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk membantu Mama yang sedang berjuang mendapatkan momongan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.