PCOS Bisa Hamil, Ini Pengalaman Fitri Tropica saat Promil

Punya PCOS, Fitri Tropica dan suami juga berkonsultasi ke dokter untuk terapi

15 September 2021

PCOS Bisa Hamil, Ini Pengalaman Fitri Tropica saat Promil
Instagram.com/fitrop

Fitri Tropica adalah salah satu artis Indonesia yang berjuang sembuh dari PCOS (polycystic ovarian syndrome). Dalam video tahun 2019 sebelum hamil Sada, aktris yang kerap disapa Fitrop ini menceritakan perjalanan dan perjuangan hamilnya.

Fitri Tropica menceritakan bahwa ia dan suami melakukan berbagai cara untuk bisa mendapatkan anak. Sebab, memiliki PCOS membuatnya cukup sulit cepat hamil.

Berikut Popmama.com rangkum informasi tips promil Fitri Tropica yang sempat mencoba air rendaman kurma untuk bisa hamil.

1. Minum ramuan herbal sampai air rendaman kurma

1. Minum ramuan herbal sampai air rendaman kurma
Youtube.com/fitrop

Diceritakan dari video Youtube itu, Fitri dan suami, Irvan Hanafi mengusahakan segala cara untuk bisa hamil. Fitri sudah ingin memiliki anak sejak tahun 2016, tapi karena TB kelenjar ia harus menunda rencana itu hingga satu tahun.

Tahun 2017 pun menjadi awal usaha untuk pasangan ini mendapatkan anak. Fitri dan Irvan mencoba berbagai cara untuk bisa hamil, salah satunya meminum air rendaman kurma.

"Jadi kurma 7 buah, kalau kata orang-orangkan kurma juga bisa menyuburkan. Namanya usahakan, saya juga rajin bikin ramuan herbal. Sering minum kurma 7 buah, dimasukkan ke termos yang ada airnya. Direndam sampai pagi," tutur Irvan.

Editors' Picks

2. Suami berhenti merokok

2. Suami berhenti merokok
Instagram.com/fitrop

Fitri Tropica juga menyebutkan usaha tidak hanya dilakukan dirinya yang memang memiliki PCOS. Irvan juga berhenti merokok agar kualitas sperma yang dihasilkan lebih bagus.

Menurut penelitian, memang sperma laki-laki yang merokok bisa lebih sedikit dibandingkan yang tidak. Sementara itu, pergerakannya juga lebih lambat 13 persen.

Sehingga dengan berhenti merokok dan ditambah gaya hidup sehat, kualita dan produksi sperma pun akan meningkat. Sehingga kemungkinan untuk membuahi sel telur lebih besar.

3. Mengonsumsi makanan sehat

3. Mengonsumsi makanan sehat
Instagram.com/fitrop

Tips promil Fitri Tropica selanjutnya adalah mengonsumsi makanan sehat. Fitri sendiri untungnya memang sudah terbiasa tidak mengonsumsi karbohidrat berlebih.

Selama promil kemarin, Fitri dan suami yang berkonsultasi ke dokter juga menyarankan menjaga hidup sehat. Sebab hal itu akan berpengaruh ke kualitas hidup pasangan ini untuk punya anak.

"Sudah kebiasaan dari dulu tidak mengonsumsi banyak karbohidrat. Intinya makanan sehat," tutur Fitrop.

4. Fitri Tropica ikut terapi PCOS

4. Fitri Tropica ikut terapi PCOS
Instagram.com/fitrop

Tidak ada perempuan yang ingin memiliki PCOS. Namun, setelah didiagnosis dengan penyakit itu, Fitri disarankan untuk mengikutip terapi agar PCOS-nya hilang.

Terapi itu diantaranya adalah mengonsumsi sejumlah obat dari dokter. Diikuti dengan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga.

"Dikasih obat (sama dokter) dan pola hidup sehat. Rajin olahraga juga. Membenarkan siklus menstruasi dulu dari dokternya, terus dikasih obat penyubur juga," pungkas Mama satu anak ini.

Itulah tadi informasi mengenai tips promil Fitri Tropica yang sempat mencoba air rendaman kurma untuk bisa hamil. 

Bagi Mama pejuang garis dua di luar sana, jangan menyerah dan jangan lupa konsultasi ke dokter ya soal perawatan yang tepat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.