Tips Promil Titi Kamal, Dulu Sempat Dicibir Susah Punya Anak

Titi Kamal mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, tadinya tidak suka sayur!

16 September 2021

Tips Promil Titi Kamal, Dulu Sempat Dicibir Susah Pu Anak
Instagram.com/titi_kamall

Titi Kamal dan Christian Seugiono dikenal sebagai pasangan yang mesra dan tanpa gosip. Ternyata saat keduanya awal-awal menikah, Titi dan Tian sempat down karena susah punya anak.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan pasangan ini susah memiliki momongan. Salah satunya yang disebutkan Titi karena ia jarang makan sayur dan makan makanan sehat. Mencoba promil, Titi Kamal sempat salah program dan justru tidak efektif.  

"Sempat konsultasi ke beberapa dokter. Sempat merasa salah program (hamil) juga waktu itu. Ternyata metode itu nggak efektif dan memakan waktu berbulan-bulan. Itu sudah masuk ke tahun kedua dan sia-sia," tutur Titi Kamal di video Youtubenya pada tahun 2019.

Namun, lewat perjuangan panjang itu akhirnya Titi Kamil bisa hamil. Tahun 2013, Arjuna Zayan Sugiono lahir ke dunia. 

Berikut Popmama.com rangkum tips promil Titi Kamal yang dulu sempat dicibir susah punya anak. 

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

1. Mengonsumsi makanan sehat bergizi
Instagram.com/titi_kamall

Tips promil Titi Kamal yang pertama adalah menjaga makanan. Ia saat itu sangat ketat sekali dan pemilih soal hal ini. Diakui aktris kelahiran tahun 1981 kalau dirinya bahkan tidak mengonsumsi kecap lho.

"Aku menjaga dan strict banget nggak mau terlalu banyak gula, garam sampai kecap aja jarang. Aku makan cuman sayur yang banyak. Sayurnya juga harus bening," tutur Titi Kamal.

Selain sayuran, Titi Kamal juga banyak mengonsumsi buah-buah. Adapun buah yang dikonsumsinya yaitu apel, jambu biji, jambu air, pir, semangka, dan melon. Terpenting juga minum air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Karena pola hidupnya ini, Titi Kamal mendapatkan bonus tubuhnya semakin langsing. Berat badannya turun 5-6 kg saat itu.

2. Olahraga rutin tiga kali seminggu

2. Olahraga rutin tiga kali seminggu
Instagram.com/titi_kamall

Tips promil lancar dari Titi Kamal selanjutnya adalah rajin berolahraga. Banyak yang tidak sadar badan manusia butuh bergerak dan itu punya pengaruh ke seluruh jaringan dan kerja organ tubuh.

Menurut Titi Kamal, kita bisa memilih jenis olahraga ringan kok. Tidak perlu ke gym atau olahraga berat untuk terus memastikan tubuh tetap bergerak.

"Ini poin utama karena kita kadang suka males berolahraga. Jadi seminggu tiga kali per sesinya minimal 30 menit. Waktu itu aku olahraga di rumah, treadmill atau jalan cepat di sekeliling komplek rumah," tuturnya.

Editors' Picks

3. Istirahat yang cukup

3. Istirahat cukup
Instagram.com/titi_kamall

Mama dua anak ini juga menyarankan calon ibu hamil cukup istirahat. Sebab, ini akan berpengaruh ke kinerja tubuh secara keseluruhan. Sayno untuk begadang!

"Nggak boleh ada yang namanya begadang. Dulu aku sering banget chatting sama teman sampai jam 2 pagi. Jadi kalau bisa jam 9-10 malam tidur," pungkas Titi.

4. Hilangkan sumber stres

4. Hilangkan sumber stres
Instagram.com/titi_kamall

Stres bisa memengaruhi keseharian manusia lho, Ma. Apalagi untuk yang sedang promil stres ini bisa memerangaruhi pembuahan sperma ke sel telur.

Oleh karenanya, tips promil Titi Kamal selanjutnya yakni agar kita menjauhi sumber stres. Lalu fokus lakukan hal-hal yang membuat kita senang.

"Kita harus kenali apa yang bikin stres, dan tahu apa yang bikin kita happy. Hindari drama nggak penting, kalau ada aura negatif langsung aja dicuekin atau dihindari," tutur Titi.

5. Konsultasi dengan dokter ahlinya

5. Konsultasi dokter ahlinya
Instagram.com/titi_kamall

Selain kita berusaha mandiri, ada baiknya kita juga meminta bantuan dari ahlinya. Oleh karena itu berkonsultasi dengan dokter bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan berkonsultasi ke dokter kita juga bisa mengenali penyebab mengapa tidak kujung hamil. Bisa jadi dokter menyarankan berbagai hal yang berguna nantinya.

Titi Kamal menceritakan saat itu dirinya berkonsultasi ke beberapa dokter sekaligus untuk mendapatkan berbagai opini. Titi Kamal dan Christian juga mencoba ramuan alternatif hingga akupuntur.

"Waktu itu aku hanya konsultasi dengan satu dokter selama 8 bulan. Padahal kalau bisa kita cari juga second, third, four opinion. Tidak cuman dokter, aku juga cari alternatif apapun misalnya herbal, akupuntur coba segala macam," ucap Titi.

6. Kenali masa subur

6. Kenali masa subur
Instagram.com/titi_kamall

Terpenting yakni mengenali masa subur perempuan. Titi Kamal mewanti-wanti agar kita selalu mencatat haid setiap bulan sehingga bisa memperkirakan haid di bulan depannya.

Dari sana, kita bisa mengetahui masa subur kita akan datang kapan. Kita juga bisa berkonsultasi ke dokter masalah ini. 

Biasanya, bagi pasangan yang sulit hamil dokter akan memberikan obat penyubur saat masa subur tiba. Tujuannya agar probabilitas hamil semakin tinggi.

"Kita harus catet nih, kita hitung misalnya bulan ini period tanggal 5 berarti bulan depan tanggal segini. Nah, itu dikasih tahu ke dokter biar nanti dikasih tahu masa suburnya," tutur Titi Kamal.

Itulah tadi tips promil Titi Kamal yang dulu sempat dicibir susah punya anak. Meski begitu kasus tiap Mama yang promil bisa berbeda ya, tetap konsultasikan dengan dokter masing-masing agar lebih pasti.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.