Ciri-Ciri Kehamilan di Luar Kandungan

Inilah ciri-ciri kehamilan di luar kandungan yang biasanya muncul!

17 September 2018

Ciri-Ciri Kehamilan Luar Kandungan
Freepik/Freepic.diller

Setiap perempuan tentu ingin mengalami kehamilan yang normal tanpa masalah. Namun sayangnya, tak semua perempuan diberkahi hal seperti itu. Sebab terkadang, sebagian dari Mama harus menghadapi kenyataan mengalami kehamilan di luar kandungan.

Ya, kehamilan di luar kandungan memang tidak bisa diketahui dengan pasti, karena perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Namun, Mama perlu tahu, ada ciri-ciri kehamilan di luar kandungan yang biasa muncul saat hal ini Mama alami. 

Berikut beberapa diantaranya: 

1. Terlambat datang bulan

1. Terlambat datang bulan
Freepik/Rawpixel.com

Ciri-ciri hamil di luar kandungan yang pertama adalah Mama akan alami terlambat datang bulan.

Sebab, sama halnya dengan tanda-tanda kehamilan umumnya, saat Mama mengalami hamil di luar kandungan, haid Mama akan terlambat atau tidak sama sekali. Saat tes kehamilan pun, tespek juga akan menunjukkan tanda positif.

2. Sakit perut bagian bawah

2. Sakit perut bagian bawah
Freepik

Mama yang mengalami sakit perut bagian bawah dan terjadi pada salah satu sisi patut waspada akan kehamilan di luar kandungan.

Karena salah satu ciri dari kehamilan di luar kandungan adalah sakit perut bagian bawah dan rasa sakiit yang muncul umumnya akan semakin menyakitkan dan bisa terasa hingga ke bagian punggung belakang. 

Jika Mama mengalami sakit perut seperti ini atau sakit perut yang dirasakan begitu hebat dan menyerang secara tiba-tiba,  ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter yuk Ma untuk memastikan kondisi Mama!

Editors' Picks

3. Perdarahan

3. Perdarahan
dnaindia.com

Mama yang mengalami kehamilan di luar kandungan atau ektopik juga rentan untuk mengalami perdarahan. Perdarahan ringan yang muncul terkadang tak begitu disadari oleh Mama yang sedang mengalai kehamilan ektopik. 

Mama perlu waspada jika  mengalami perdarahan yang panjang karena ini bisa menjadi pertanda dari kehamilan di luar kandungan. 

4. Nyeri bahu

4. Nyeri bahu
Freepik/Javier Sánchez Mingorance

Meski tak semua perempuan mengalaminya, Mama yang mengalami kehamilan di luar kandungan mungkin akan merasakan nyeri pada bagian bahu, terutama pada saat Mama sedang berbaring.

Nyeri bahu yang Mama rasakan mungkin disebabkan karena adanya darah di perut yang mengiritasi  syaraf sekitar bahu sehingga rasa nyeri pun akhirnya muncul. 

Mama perlu untuk mengonsultasikan hal ini ke dokter guna mengetahui penyebabnya. Karena meskipun nyeri bahu merupakan salah satu ciri kehamilan di luar kandungan, nyatanya  ada juga penyebab lain yang mungkin menyebabkan  nyeri bahu yang Mama rasakan.

Nyeri saat buang air kecil

Nyeri saat buang air kecil
lavidalucida.com

Mama yang mengalami hamil di luar kandungan mungkin akan mengalami rasa sakit saat buang air kecil. Rasa sakit saat buang air kecil umumnya kerap dikaitkan pula dengan infeksi saluran kemih Ma. 

Namun ada sedikit perbedaan yang mungkin akan Mama rasakan. Nyeri sakit yang muncul biasanya akan tetap bertahan meskipun air seni sudah benar-benar keluar dari saluran kencing. 

6. Nyeri saat buang air besar

6. Nyeri saat buang air besar
allsingaporestuff.com

Selain nyeri saat buang air kecil, ciri-ciri kehamilan di luar kandungan yang juga mungkin akan Mama alami adalah nyeri saat buang air besar.

Sebab saat Mama buang air besar, akan terdapat tekanan berat  pada organ rahim dan organ lainnya sehingga nyeripun akhirnya dirasakan.  Selain buang air besar yang menyakitkan, beberapa faktor lain juga bisa menyebabkan Mama mengalami diare saat mengalami hamil di luar kandungan.

Itulah ciri-ciri kehamilan di luar kandungan yang mungkin saja terjadi. Mama perlu kontrol secara rutin untuk mengetahui kesehatan janin dalam kandungan termasuk mengetahui dengan cepat jika mengalami kehamilan di luar kandungan. 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.