Hindari 7 Hal Ini Jika Kamu Ingin Cepat Hamil

Rupanya ada hal-hal yang perlu dihindarkan jika Mama ingin cepat hamil.

16 Mei 2019

Hindari 7 Hal Ini Jika Kamu Ingin Cepat Hamil
Freepik/Jcomp

Setelah menikah, sebagian pasangan ingin segera memiliki momongan sehingga keinginan untuk cepat hamil akan muncul. Apalagi jika melihat teman-teman terdekat yang sudah memiliki anak-anak yang menggemaskan, tentu keinginan tersebut akan semakin besar.

Keinginan untuk memiliki anak dengan segera memang hal yang wajar, namun sayang, tidak semua perempuan mudah untuk hamil. Bahkan ada yang harus menunggu waktu yang tidak sebentar agar kehamilan cepat menghampirinya.

Beberapa perempuan bahkan juga sulit untuk hamil meskipun program kehamilan tengah dijalaninya.

Jika Mama termasuk yang mengalaminya, jangan berkecil hati dulu. Bisa jadi, ada kebiasaan-kebiasaan yang Mama lakukan dan tanpa disadari menyebabkan peluang untuk hamil menjadi berkurang.

Mama disarankan untuk menghindari beberapa hal  agar peluang untuk hamil lebih terbuka lebar.

Mama ingin tahu apa saja yang perlu dihindari agar Mama dapat cepat hamil? Dilansir dari Baby Center, berikut beberapa hal yang perlu Mama hindari agar dapat cepat hamil.

1. Mengonsumsi kafein secara berlebih

1. Mengonsumsi kafein secara berlebih
Pexels/Rawpixel.com

Jika Mama dan pasangan memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein, maka ada baiknya untuk membatasi konsumsi minuman berkafein dengan segera agar peluang untuk hamil dapat menjadi lebih besar.

Sebab terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein dapat mengurangi peluang hamil karena kafein berpengaruh terhadap kesuburan perempuan maupun laki-laki.

Baca juga:

2. Memiliki kebiasan merokok

2. Memiliki kebiasan merokok
Freepik/nensuria

Tak hanya saat hamil saja, Mama dan pasangan perlu untuk menghentikan kebiasaan merokok jika ingin cepat hamil.

Tak percaya? Penelitian yang dirilis oleh American Society for Reproductive Medicine menunjukkan bahwa perempuan yang merokok baik aktif ataupun pasif lebih sulit untuk mendapatkan keturunan. Begitupun pada laki-laki. Merokok juga dapat mempengaruhi kesuburannya.

3. Gemar mengonsumsi minuman keras

3. Gemar mengonsumsi minuman keras
pexels/Bruce Mars

Dilansir dari Health Me Up, tak hanya kebiasaan merokok, pasangan yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol juga cenderung lebih sulit untuk hamil. Bahkan jikalau sudah hamil pun, peluang untuk alami keguguran juga lebih besar.

Jadi, tak hanya saat sedang hamil saja, Mama perlu untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol saat sedang merencanakan kehamilan.

Editors' Picks

4. Menggunakan pelumas saat berhubungan seksual

4. Menggunakan pelumas saat berhubungan seksual
Rawpixel

Mama harus tahu, penggunaan pelumas saat berhubungan seksual juga dapat menurunkan peluang hamil.

Beberapa peneltian mengungkap bahwa sejumlah pelumas bisa merusak sperma dan menganggu kemapuan sperma dalam membuahi sel telur sehingga dapat menurunkan peluang kehamilan.

5. Mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi

5. Mengonsumsi ikan mengandung merkuri tinggi
Freepik/Bearfotos

Hal yang perlu Mama hindari agar dapat cepat hamil adalah mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi.

Ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti makarel, marlin, ikan todak, tenggiri, tuna halibut, dan blue fish dianggap tidak aman untuk dikonsumsi, tak terkecuali bagi Mama yang sedang merencanakan kehamilan.

Ini karena merkuri yang ada pada ikan tersebut dapat mengendap di dalam tubuh dan bisa mempengaruhi kesehatan reproduksi.  

Jadi, konsumsi ikan lain yang rendah merkuri ya Ma jika ingin cepat hamil.

Baca juga: 5 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Ibu Hamil

6. Tidak mengontrol berat badan dengan baik

6. Tidak mengontrol berat badan baik
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Hal berikutnya yang dapat menurunkan peluang Mama untuk hamil adalah tidak mengontrol berat badan dengan baik.

Mengapa demikian. Hal ini karena Mama yang memiliki berat badan kurang atau berat badan berlebih cenderung memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan terlewati. Bahkan terlalu kurus ataupun terlalu gemuk dapat membuat seorang perempuan berhenti berovulasi, yang tentu akan berpengaruh terhadap peluangnya untuk hamil.

Maka dari itulah, Mama harus menjaga berat badan dengan baik agar berat badan tetap ideal. Caranya sebenarnya tidaklah sulit, Mama hanya perlu membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta rutin berolahraga.

7. Mandi menggunakan air panas

7. Mandi menggunakan air panas
Freepik

Jika pasangan selama ini terbiasa mandi menggunakan air panas atau hot shower, maka disarankan untuk menghentikan kebiasaan satu ini.

Hal ini karena ada penelitian yang menunjukkan bahwa adanya penurunan yang signifikan dalam jumlah sperma ketika testis berulang kali terkena panas.

Itulah 7 hal yang harus dihindari jika kamu ingin cepat hamil. Jika susah untuk mengupayakannya, kamu dan pasangan bisa segera konsultasikan ke Obgyn atau ikut program kehamilan dengan metode IVF.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!