Ketahui Ma, 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kesuburan Perempuan!

Kurangi konsumsi makanan berikut ini yuk Ma karena bisa menurunkan kesuburan pada perempuan!

23 Januari 2019

Ketahui Ma, 5 Makanan Bisa Menurunkan Kesuburan Perempuan
Freepik

Bagi Mama yang sedang merencanakan kehamilan, merubah gaya hidup diperlukan agar kehamilan dapat segera terealisasikan.

Perubahan gaya hidup yang Mama lakukan beragam, mulai dari rutin berolahraga, cukupi kebutuhan istirahat, hingga menjaga pola makan dengan baik, termasuk menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu penurunan kesuburan perempuan.

Mama ingin apa saja makanan yang bisa menurunkan kesuburan perempuan? Dilansir dari Bold Sky,berikut beberapa diantaranya:

1. Makanan olahan

1. Makanan olahan
Unsplash/Fábio Alves

Seperti yang telah disebutkan tadi, Mama memang harus menerapkan pola makan yang sehat agar dapat segera hamil.

Makanan olahan yang cenderung tidak menyehatkan sebaiknya Mama hindari karena tak hanya buruk untuk kesehatan kesuburan, tapi juga tidak baik untuk kesehatan tubuh lainnya.

Makanan yang mengandung lemak jahat, mengandung gula tinggi, ataupun mengandung terlalu banyak MSG sebaiknya dihindari.

Karena makanan jenis ini juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih. Mama tahukan berat badan berlebih pada wanita memengaruhi tingkat kesuburan?

2. Produk berbahan kedelai

2. Produk berbahan kedelai
Unsplash/Rawpixel

Untuk Mama yang menjalani diet vegan dan mengonsumsi kedelai sebagai sumber protein, maka sebaiknya batasi dengan bijak. Konsumsi protein kedelai terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa masalah ketidaksuburan yang serius Ma.

Hal ini karena kacang kedelai mengandung bentuk tanaman estrogen, fitoestrogen, yang merupakan hormon anti-kehamilan. Nah, terlalu banyak estrogen dalam tubuh bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon lain, yang dapat menunda pelepasan sel telur untuk pembuahan.

Editors' Picks

3. Kafein

3. Kafein
Unsplash/Brooke Cagle

Konsumsi kafein secara berlebih juga dapat menurunkan peluang kehamilan Ma.  Wanita yang minum lebih dari 3 cangkir kopi bahkan memiliki peluang hamil lebih sedikit.

Sebab dalam jumlah berlebih, kafein dapat menurunkan kalsium yang diserap oleh tubuh. Kekurangan kalsium dalam tubuh ini bisa menyebabkan Mama tidak mudah untuk hamil. So, batasi yuk Ma mulai sekarang.

4. Coklat

4. Coklat
Freepik/Rawpixel.com

Coklat juga termasuk makanan yang dapat menurunkan kesuburan perempuan. Sebab dalam coklat terkadung kafein dan juga gula.

Coklat yang mengandung gula tinggi sebaiknya Mama hindari karena kelebihan gula dapat memengaruhi kinerja hormon lain dan menyilitkan homron reproduksi.

Jadi batasi konsumsi coklat ya Ma agar bisa dapat segera hamil.

5. Ikan yang mengandung merkuri tinggi

5. Ikan mengandung merkuri tinggi
Freepik/Natthapon Ngamnithiporn

Meski ikan termasuk makanan yang mengandung nutrisi tinggi, Mama harus jeli dalam memilih ikan yang dikonsumsi.

Hindari konsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi karena kandungan merkuri sering kali tidak mudah dihilangkan dari tubuh kita Ma. Ikan yang mengandung merkuri tinggi yang sebaiknya Mama hindari adalah ikan makarel, ikan hiu, ikan gindara, dan ikan sirip biru.

Mama harus tahu, konsumsi ikan mengandung merkuri tinggi juga sebaiknya perempuan hamil hindari. Karena ini bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat atau lahir dengan berat rendah. Juga berbahaya bagi perkembangan sistem saraf bayi dalam kandungan.

Baca juga: Yuk Berubah! 7 Kebiasaan Mama Milenial Ini Tak Sehat Bagi Kesuburan

Baca juga: 4 Hal Tentang Haid yang Menunjukan Tingkat Kesuburan Kamu

Topic: