Benarkah Mengonsumsi Cokelat Hitam Bisa Meningkatkan Kesuburan?

Cokelat hitam punya kandungan arginin, yang bisa meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium

22 September 2021

Benarkah Mengonsumsi Cokelat Hitam Bisa Meningkatkan Kesuburan
Freepik/Jcomp

Cokelat adalah makanan yang banyak disukai ditiap kalangan. Selain punya rasa yang manis, juga banyak disukai karena memiliki manfaat bagi kesehatan. Diantaranya, melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit jantung dan diabetes, menurunkan berat badan, serta baik untuk kesehatan otak.

Tahukah kamu kalo ternyata, selain bermanfaat bagi kesehatan, mengonsumsi cokelat juga bisa meningkatkan kesuburan lho. Tapi manfaat yang satu ini bisa kamu dapatkan dari cokelat hitam. Cokelat hitam berbeda dengan cokelat biasa, karena biasanya dibuat tanpa campuran susu.

Lalu, bagaimana cokelat hitam bisa meningkatkan kesuburan? Untuk lebih jelasnya, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk kamu. Kamu si pecinta cokelat, cari tahu juga ya, berapa banyak cokelat hitam yang boleh dikonsumsi dalam sehari.

1. Apa itu cokelat hitam?

1. Apa itu cokelat hitam
Pixabay/StockSnap

Cokelat adalah makanan yang tebuat dari beberapa bahan, termasuk biji kakao, susu, gula, lesitin kedelai atau pengemulsi lainya, bahkan terkadang cokelat mengandung perasa. Kalau cokelat hitam berbeda nih, karena biasanya tidak mengandung susu.

Menurut Harvard School of Public Health, cokelat hitam biasanya terbuat dari kakao, mentega, dan gula. Tapi tidak menutup kemungkinan ya, ada jejak susu dari kontaminasi silang pada pemrosesannya, karena biasanya mesin yang sama digunakan untuk memproduksi baik cokelat hitam maupun cokelat biasa.

Editors' Picks

2. Nutrisi yang terkandung dalam cokelat hitam

2. Nutrisi terkandung dalam cokelat hitam
Pexels/Pixabay

Dikutip dari Natural Fertility Info, dalam 100 gram cokelat hitam memiliki sekitar 600 kalori di dalamnya. Ini mengandung 7,8 g protein, 43 g lemak, 24 g gula 11 g serat dan 46 g karbohidrat. Selain itu cokelat hitam juga mengandung zat besi, magnesium dan seng.

Menurut penelitin lain, cokelat hitam juga mengandung antioksidan tinggi, ini diukur dengan ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity). Kandungan lemak dalam cokelat hitam terdiri dari campuran asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda.

Coklat hitam dianggap sebagai makanan bergizi yang bisa kamu konsumsi, tapi dalam jumlah kecil.

3. Benarkah mengonsumsi cokelat hitam bisa meningkatkan kesuburan?

3. Benarkah mengonsumsi cokelat hitam bisa meningkatkan kesuburan
Freepik/ja

Dilansir dari The Twin Doctors,  dokter Idries dan dokter Jamil mengatakan bahwa, cokelat hitam memiliki beberapa manfaat besar terkait kesuburan. Diantaranya:

  • Kandungan flavonoid pada cokelat hitam, dianggap bisa memberikan manfaat bagi kesehatan organ-organ reproduksi, karena efek antioksidannya.
  • Kandungan arginin atau asam amino dalam cokelat, membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium.
  • Aroma cokelat dipercaya bisa meningkatkan gelombang theta. Ini merupakan gelombang otak yang bekerja di alam bawah sadar manusia, yang bsia membuat kamu merasa rileks. Tentunya sangat membantu ya bagi kamu yang sedang menjalani program hamil.
  • Cokelat mengandung triptofan yang bisa membuat mood kamu menjadi baik.
  • Kandungan nutrisi dalam cokelat hitam mampu mengurangi terjadinya resistensi insulin. Ini sangat berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, ini jadi kabar baik bagi perempuan, karena resistensi insulin sering menjadi penyebab masalah ketidaksuburan.

Tak hanya pada perempuan, manfaat kesuburan ini juga bisa dirasakan jika laki-laki mengonsumsi cokelat hitam. Menurut penelitian, cokelat hitam bisa meningkatkan volume ejakulasi, serta meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

4. Berapa banyak cokelat hitam yang boleh dikonsumsi dalam sehari?

4. Berapa banyak cokelat hitam boleh dikonsumsi dalam sehari
Freepik/user18526052

Dilansir dari Natural Fertility Info, jumlah harian yang disarankan dalam mengonsumsi cokelat hitam adalah satu atau dua potong cokelat berbentuk persegi.

Kamu bisa memilih cokelat hitam dengan kandungan minimal 70% kakao dan 30% gula tebu organik. Selain itu, kamu bisa juga mengonsumsi cokelat hitam dengan campuran buah kering, biji-bijian atau kacang-kacangan. Hindari cokelat dengan tambahan permen atau karamel ya, karena sudah dipastikan tinggi gula.

Menurut Brianna Elliot, seorang ahli gizi mengatakan “yang terbaik adalah memilih cokelat hitam dengan sedikit bahan tambahan”. Menurutnya, cokelat hitam terbaik selalu mengandung cokelat atau kakao sebagai bahan utamanya. Beberapa bentuk kakao yang terdaftar diantaranya, serbuk kakao, biji kakao dan mentega kakao.

5. Resep smoothie buah dan cokelat hitam

5. Resep smoothie buah cokelat hitam
Freeik/v.ivash

Selain mengonsumsi cokelat dalam bentuk batangan, kamu bisa juga mencampurkannya dengan buah-buahan kaya vitamin sebagai minuman untuk meningkatkan kesuburan. Seperti smoothie buah dan cokelat hitam, berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan secukupnya (bisa pakai stroberi atau pisang)
  • 1-3 cup buah ceri
  • 1 cup yoghurt
  • ½ cangkir susu organik atau susu tanpa pemanis
  • 1 ons cokelat hitam yang sudah diparut

Cara membuat:

Campurkan semua bahan ke dalam blender atau pembuat smoothie sampai halus. Tuang seluruh bahan campuran menjadi dua gelas. Berikan taburan granola, potongan cokelat atau buah sebagai topping.

Kesuburan memang menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan program hamil. Untuk itu, kamu perlu meningkatkan kesuburan diantaranya dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang bernutrisi tinggi.

Nah, cokelat hitam bisa jadi pilihan untuk kamu ya, karena kandungan nutrisinya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.