Manfaat Ginseng untuk Kesuburan, Bantu Mendukung Program Hamil

Mana yang lebih baik untuk kesuburan, Ginseng Korea atau Ginseng Amerika?

19 Oktober 2021

Manfaat Ginseng Kesuburan, Bantu Mendukung Program Hamil
healthline.com

Pernah dengar kalau ginseng punya banyak manfaat untuk kesuburan kamu dan pasangan?

Ginseng adalah tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Salah satu manfaat ginseng yang terkenal yaitu, bisa meningkatkan kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan.

Ini karena, kandungan nutrisi pada ginseng dipercaya mampu mengatasi peradangan terkait masalah kesuburan, serta meningkatkan stamina dan gairah seksual. Selain itu, ginseng juga membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, yang berguna untuk mendukung program hamil yang sedang kamu jalani bersama pasangan.

Banyak jenis ginseng yang ditawarkan di pasaran untuk membantu kamu mengatasi masalah kesuburan. Diantaranya yang banyak dikenal adalah Ginseng Korea dan Ginseng Amerika.

Dilansir dari Fertilitytips, yuk simak informasi lengkap yang berhasil Popmama.com rangkum mengenai manfaat ginseng untuk kesuburan. Cari tahu juga ya, mana yang lebih baik antara Ginseng Korea dan Ginseng Amerika.

1. Ragam manfaat ginseng untuk kesuburan yang bisa mendukung program hamil

1. Ragam manfaat ginseng kesuburan bisa mendukung program hamil
Freepik

Ginseng dipercaya memiliki kandungan antiinflamasi, antikanker dan antioksidan yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Selain itu, ginseng juga diklasifikasikan sebagai adaptogen atau obat-obatan herbal yang berfungsi melawan stres yang terjadi dalam tubuh. Dimana stres ini bisa merusak sistem endokrin, sehingga kemampuan tubuh untuk melepaskan hormon menjadi terhambat.

Berikut ini beberapa manfaat ginseng untuk kesuburan kamu dan pasangan:

  • Membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.
  • Membantu menghilangkan stres yang banyak terjadi saat program hamil.
  • Membantu meningkatkan gairah seksual.
  • Membantu mengatasi disfungsi ereksi.
  • Membantu meningkatkan kadar hormon testosteron rendah khususnya pada laki-laki.

Semua manfaat ini tentunya sangat dibutuhkan, apalagi jika kamu dan pasangan sedang menjalani program hamil.

Editors' Picks

2. Jenis ginseng yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan

2. Jenis ginseng bisa digunakan meningkatkan kesuburan
Pixabay/whaltns17

Ada banyak jenis ginseng yang beredar di pasaran. Dua jenis yang banyak digunakan untuk terapi kesuburan diantaranya adalah Ginseng Asia (Ginseng Korea) dan Ginseng Amerika.

  • Ginseng Korea (Panax Ginseng)

Ginseng Korea ada dua jenis, yaitu ginseng putih dan ginseng merah. Ginseng putih banyak digunakan karena bisa membantu meningkatkan stamina tubuh. Kamu bisa menggunakan ginseng ini langsung, dalam kondisi segar.

Sedangkan ginseng merah atau yang banyak dikenal dengan Korean Red Ginseng, bermanfaat untuk mengatasi gangguan ereksi, meningkatkan stamina dan gairah seksual, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu meringankan gejala menopause pada perempuan.

Untuk mengonsumsi ginseng merah, diperlukan perlakuan yang berbeda dari ginseng putih. Sebelum digunakan, ginseng merah harus dikupas, dikukus lalu kemudian dikeringkan terlebih dahulu.

  • Ginseng Amerika (Panax Quinquefolius)

Ginseng Amerika banyak dikenal sebagai ‘sepupu’ dari Ginseng Asia. Ginseng Amerika bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, membantu mengatasi disfungsi ereksi, serta meningkatkan stamina dan gairah seksual.

Tapi, perlu kamu ketahui bahwa saat ini Ginseng Amerika sudah sangat jarang ditemukan. Ini karena nilai jualnya yang cukup tinggi, serta praktik pemanenannya yang tidak tepat sehingga merusak produk ginseng itu sendiri.

3. Mana yang lebih baik, Ginseng Korea atau Ginseng Amerika?

3. Mana lebih baik, Ginseng Korea atau Ginseng Amerika
Instagram/inmoonhj

Sebenarnya baik Ginseng Korea maupun Ginseng Amerika, keduanya sama-sama memiliki kandungan ginsenosides. Ginsenosides merupakan senyawa aktif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi kedua jenis ginseng yang kita kenal memiliki jumlah kandungan ginsenosides yang berbeda-beda.

Faktanya, kadar ginsenosides pada Ginseng Amerika lebih tinggi dibandingkan dengan Ginseng Korea. Namun, menurut British Columbia Ministry of Agriculture and Food, kandungan ginsenosides pada Ginseng Korea, lebih efektif untuk kesehatan.

Hal inilah yang membuat orang-orang lebih banyak menggunakan Ginseng Korea dibandingkan dengan Ginseng Amerika. Tapi, pilihannya kembali ke diri kamu masing-masing ya.

4. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli ginseng

4. Beberapa hal perlu diperhatikan saat membeli ginseng
blibli.com

Jika kamu ingin menggunakan ginseng untuk kesuburan, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membelinya ya.

  • Cari tahu terlebih dahulu jenis ginseng yang ingin kamu gunakan.
  • Pastikan ketersedian ginseng di tempat kamu membelinya.
  • Cek kode tahun panen pada kemasan ginseng.
  • Cek garansi, terkait keaslian produk. Pastikan kamu membeli ginseng yang asli ya.
  • Perhatikan kode seri barcode. Menurut beberapa sumber, angka barcode produk ginseng biasanya dimulai dengan '880'.
  • Pastikan bahwa penjual mengikuti semua aturan dan hukum yang berlaku, terutama karena produk ginseng biasanya berasal dari luar negeri.

Jika memungkinkan, kamu bisa membelinya langsung dari negara asal ginseng tersebut. Misalnya, membeli ginseng di Pusat Ginseng Korea.

Tapi kamu bisa juga membelinya secara online, di apotek, atau di toko makanan herbal yang terpercaya. Jangan lupa untuk memastikan ginseng yang kamu beli asli dan aman untuk digunakan ya. 

5. Cara mengonsumsi ginseng untuk kesuburan

5. Cara mengonsumsi ginseng kesuburan
Instagram.com/ginsengontario

Ada banyak cara dalam mengonsumsi ginseng, terutama untuk kesuburan. Kamu bisa membelinya dalam bentuk kapsul, akar kering, cairan ekstrak ginseng atau teh ginseng. Semua produk ini akan memudahkan kamu dalam mengonsumsi ginseng.

Kamu disarankan mengonsumsi ginseng selama satu hingga dua bulan, hingga benar-benar terlihat hasilnya. Tapi kondisi tubuh setiap orang tentunya berbeda ya, sehingga tingkat keberhasilan dalam mengonsumsi ginseng pun tidak sama.

Satu hal yang perlu diperhatikan, sebaiknya hindari mengonsumsi produk ginseng jika sudah melewati batas satu tahun sejak tanggal pembelian. Ini karena kualitas dari produk ginseng tersebut biasanya akan menurun, setelah satu tahun.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat ginseng untuk kesuburan.

Meskipun jarang terjadi, kamu harus tahu bahwa mengonsumsi ginseng juga punya efek samping. Diantaranya menyebabkan sakit kepala, pusing, detak jantung yang lebih cepat, serta perubahan suasana hati. Oleh karena itu, meskipun bahan alami dinilai aman untuk dikonsumsi, bukan berarti kamu boleh menggunakannya secara berlebihan ya!

Jika ragu, lakukan konsultasi medis terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ginseng untuk kesuburan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.