11 Penyebab Gairah Seks Laki-Laki Menurun saat Promil

Bisa jadi karena rendahnya kadar hormon testosteron dalam tubuh

2 November 2021

11 Penyebab Gairah Seks Laki-Laki Menurun saat Promil
Freepik/wayhomestudio

Gairah seks menurun biasanya menggambarkan rendahnya minat dalam aktivitas seksual. Hal ini sangat wajar terjadi, karena tingkat libido seseorang akan mengalami perubahan sepanjang kehidupannya.

Namun saat menjalani program hamil, gairah seks menurun tentu bisa menjadi masalah ya. Apalagi jika ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pasalnya, aktivitas seks rutin antara kamu dan pasangan sangatlah dibutuhkan untuk keberhasilan program hamil yang kamu jalani. Jika gairah seks menurun, tentu proses pembuahan sel telur dan sperma akan sulit terjadi dan menyebabkan sulit hamil.

Nah untuk menghindarinya, kamu perlu mengetahui 11 penyebab gairah seks laki-laki menurun saat promil. Berikut Popmama.comberikan ulasannya untuk kamu, dilansir dari Healthline. Yuk, disimak ya!

1. Kadar hormon testosteron dalam tubuh mengalami penurunan

1. Kadar hormon testosteron dalam tubuh mengalami penurunan
Freepik/gpointstudio

Testosteron adalah hormon penting dalam tubuh laki-laki yang sebagian besar diproduksi di testis. Hormon testosteron bertanggung jawab dalam membangun otot dan massa tulang, serta memiliki fungsi utama yaitu memproduksi sel sperma.

Kadar hormon testosteron yang rendah bisa jadi salah satu penyebab gairah seks menurun. Jika hal ini terjadi, tentu bisa mengurangi peluang keberhasilan program hamil yang sedang kamu jalani bersama pasangan.

Konsultasikan dengan dokter mengenai masalah ini ya. Dokter mungkin akan meresepkan suplemen, untuk membantu kamu meningkatkan kadar hormon testosteron dalam tubuh.

2. Sedang menjalani perawatan medis dan mengonsumsi obat-obatan

2. Sedang menjalani perawatan medis mengonsumsi obat-obatan
Freepik/jcomp

Menurut penelitian, menjalani perawatan medis dan mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan bisa berdampak pada terganggunya keseimbangan hormon dalam tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan gairah seksual laki-laki menurun.

Berikut ini beberapa jenis perawatan dan obat-obatan yang berisiko menurunkan gairah seksual laki-laki:

  • Kemoterapi atau perawatan radiasi untuk kanker.
  • Penggunaan terapi hormon untuk mengobati kanker prostat.
  • Penggunaan kortikosteroid.
  • Mengobati obat pereda nyeri seperti morfin dan oxycodone.
  • penggunaan obat antijamur yang disebut ketoconazole.
  • mengonsumsi obat cimetidine, yang digunakan untuk mengatasi penyakit GERD.
  • Penggunaan steroid anabolik untuk meningkatkan massa otot.
  • mengonsumsi obat antidepresan tertentu.

Apabila kamu menjalani salah satu diantaranya, konsultasikan ke dokter ya jika hal ini sampai berdampak pada penurunan gairah seksual.

3. Restless legs syndrome (RLS)

3. Restless legs syndrome (RLS)
Freepik

Restless Legs Syndrome (RLS) atau sindrom kaki gelisah adalah dorongan untuk menggerakkan kaki yang sulit dikendalikan.

Menurut penelitian, laki-laki yang mengalami hal ini berisiko lebih tinggi mengalami disfungsi ereksi, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang laki-laki tidak bisa mempertahankan ereksinya. Dimana hal ini bisa menyebabkan seks menjadi tidak menyenangkan dan secara langsung menurunkan gairah seksual laki-laki.

4. Stres atau depresi yang menyebabkan gairah seks menurun

4. Stres atau depresi menyebabkan gairah seks menurun
Freepik/Goodphoto

Depresi bisa berdampak buruk terhadap kehidupan seseorang. Orang dengan depresi akan mengalami penurunan minat terhadap aktivitas yang dianggap menyenangkan, termasuk juga dalam hal berhubungan seks.

Selain faktor depresi itu sendiri, mengonsumsi obat antidepresan juga memiliki dampak yang sama dalam menurunkan gairah seks.

Sebaiknya jika kamu sedang menjalani program hamil, konsultasikan hal ini ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik, agar pengobatan tidak berdampak buruk terhadap kehidupan seks kamu.

Editors' Picks

5. Menderita suatu penyakit kronis

5. Menderita suatu penyakit kronis
Freepik/jcomp

Ketika tubuh merasa tidak nyaman karena efek penyakit tertentu, kamu mungkin saja mengalami penurunan gairah seksual.

Selain itu, salah satu jenis penyakit seperti kanker bisa mengurangi jumlah produksi sel sperma yang juga akan memengaruhi peluang kamu untuk punya anak.

Beberapa penyakit kornis yang bisa menurunkan gairah seksual diantaranya, diabetes tipe-2, obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, paru-paru kronis, gagal ginjal, jantung, dan hati.

Jika kamu mengalaminya, kamu bisa bicarakan terlebih dahulu kepada pasangan, kemudian pertimbangkan untuk melakukan konsultasi ke dokter atau terapis seks mengenai masalah ini ya.

6. Mengalami gangguan tidur salah satunya sleep apnea

6. Mengalami gangguan tidur salah satu sleep apnea
Freepik/jcomp

Penyebab gairah seks menurun selanjutnya adalah gangguan tidur. Laki-laki yang tidak obesitas namun mengalami sleep apnea cenderung memiliki kadar testoteron yang rendah, dan bisa menyebabkan penurunan gairah seksual, seperti dilansir dari Journal of Clinical Sleep Medicine

Dalam studi tersebut, peneliti juga menemukan bahwa hampir sepertiga laki-laki yang mengalami sleep apnea parah mengalami penurunan kadar testosteron. Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang bisa menyebabkan pernapasan berhenti sementara.

7. Penurunan gairah seksual dipengaruhi oleh bertambahnya usia seseorang

7. Penurunan gairah seksual dipengaruhi oleh bertambah usia seseorang
Freepik/fabrikasimf

Penurunan gairah seksual memang selalu berkaitan dengan rendahnya kadar hormon testosteron dalam tubuh. Nah, salah satu penyebab menurunnya gairah seks laki-laki dikarenakan bertambahnya usia.

Hal ini lagi-lagi dihubungkan dengan tingkat testosteron yang menurun seiring dengan bertambahnya usia laki-laki. Selain itu, usia yang lebih tua  biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mengalami orgasme, ejakulasi, dan menerima rangsangan seksual.

8. Rasa kurang percaya diri untuk melakukan hubungan seks

8. Rasa kurang percaya diri melakukan hubungan seks
Freepik/drobotdean

Rasa percaya diri yang rendah bisa memberikan dampak negatif terhadap tubuh. Dimana hal ini akan memengaruhi kesehatan, kebahagian dan kehidupan seksual kamu dan pasangan.

Kurang percaya diri juga bisa menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi dan menurunkan hasrat atau dorongan seksual. Jika dibiarkan, bisa mengakibatkan masalah mental, depresi, dan kecemasan berlebih, yang semuanya dikaitkan dengan libido rendah.

9. Kurang atau terlalu banyak berolahraga bisa berdampak pada penurunan gairah seks

9. Kurang atau terlalu banyak berolahraga bisa berdampak penurunan gairah seks
Pexels/Karolina Grabowska

Kurang atau terlalu banyak berolahraga, keduanya bisa jadi penyebab penurunan gairah seksual laki-laki.

Ketika tubuh kamu kurang gerak, maka risiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan kesuburan juga akan meningkat. Diantaranya yaitu obesitas dan diabetes tipe-2.

Sedangkan, olahraga berlebihan juga bisa menyebabkan tubuh kelelahan dan menurunkan gairah seksual.

Oleh karenanya saat menjalani program hamil, kamu sangat disarankan untuk melakukan olahraga teratur, dimana jenis dan intensitasnya disesuaikan dengan tubuh kamu.

10. Sering mengonsumsi minuman beralkohol

10. Sering mengonsumsi minuman beralkohol
Freepik/drobotdean

Terlalu sering mengonsumsi minuman berlakohol, dikaitkan dengan penurunan produksi hormon testosteron dalam tubuh. Apabila ini terjadi dalam jangka waktu lama, jumlah alkohol yang berlebihan bisa menurunkan gairah seksual kamu.

Cleveland Clinic merekomendasikan bahwa, laki-laki sebaiknya mengurangi konsumsi alkohol mengingat dampak buruknya terhadap kesuburan.

Selain itu, Centers For Disease Control And Prevention juga menyarankan kalau laki-laki usia dewasa sebaiknya mengonsumsi kurang dari dua minuman berlakohol setiap harinya. Lebih dari ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

11. Penggunaan obat-obatan terlarang dan merokok

11. Penggunaan obat-obatan terlarang merokok
Freepik/snowing

Ternyata selain akohol, penggunaan tembakau, ganja dan obat-obatan terlarang, juga berkaitan dengan penurunan produksi hormon testosteron. Ini bisa mengakibatkan laki-laki mengalami penurunan gairah seksual.

Tak hanya itu beberapa penelitian menemukan bahwa , obat-obatan terlarang dan rokok bisa menurunkan kualitas dan motilitas sel sperma yang kamu miliki. Tentunya hal ini bisa menyebabkan peluang kehamilan kamu jadi menurun ya.

Nah, itulah tadi 11 penyebab gairah seks laki-laki menurun saat promil. Karena penyebabnya yang cukup beragam, tentu cara pengobatannya pun berbeda-beda ya.

Jika kamu mengalaminya, jangan ragu untuk melakukan konsultasi medis ke dokter atau terapis. Penanganan yang tepat tentu akan meningkatkan peluang kehamilan kamu dan pasangan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.