Tubuh Sehat tapi Sulit Hamil, Apa Penyebabnya? Yuk Cari Tahu di Sini

Apakah kamu juga mengalaminya?

6 Maret 2021

Tubuh Sehat tapi Sulit Hamil, Apa Penyebab Yuk Cari Tahu Sini
Freepik/WayhomeStudio

Kehadiran buah hati adalah momen menggembirakan bagi setiap pasangan. Ada yang perlu menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan momongan, namun ada pula yang langsung mendapatkan buah hati. Bagi kamu yang sedang menunggu kehadiran si Kecil, tentu saja kamu bertanya-tanya penyebab sulit hamil. 

Apabila dokter menyebut kamu dalam kondisi sehat, lantas apa penyebab kamu sulit hamil? Berikut Popmama.com rangkum kesalahan-kesalahan yang sering menjadi penyebab seorang perempuan sulit hamil dan mendapatkan momongan. 

1. Salah menentukan masa ovulasi

1. Salah menentukan masa ovulasi
Freepik/Victoriafly

Mengetahui masa ovulasi adalah fase terpenting untuk mendapatkan momongan. Siklus menstruasi perempuan normal rata-rata adalah 28 hari. Perlu diingat bahwa siklus menstruasi setiap perempuan tentu berbeda-beda, ada yang lebih pendek atau lebih panjang dari 28 hari. 

Untuk menentukan masa subur, kamu bisa menambahkan 14 hari setelah hari pertama menstruasi. Setelah mengetahui masa subur, kamu bisa merencanakan kehamilan dengan berhubungan intim pada masa subur. Terpenting adalah jangan sampai salah menentukan masa subur karena itu bisa menjadi salah satu penyebab sulit hamil.

Editors' Picks

2. Menjalankan pola hidup tidak sehat

2. Menjalankan pola hidup tidak sehat
Freepik/patcharananworrapatchareeroj

Walaupun kondisi tubuh dinyatakan sehat, pola hidup juga menjadi penentu kehamilan. Apabila kamu masih menerapkan pola hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan, serta mengonsumsi makanan cepat saji, maka itu bisa menjadi penghambat kehamilan. 

Pola hidup tidak sehat bisa meningkatkan risiko infertilitas. Oleh karena itu, apabila kamu memutuskan untuk memiliki momongan, maka segeralah menerapkan gaya hidup sehat. 

3. Terlalu sering berhubungan seksual

3. Terlalu sering berhubungan seksual
Freepik/Bugphai

Segala hal yang dilakukan secara berlebihan bisa berdampak negatif, begitu pula dengan berhubungan seksual. Berhubungan seksual setiap hari bisa menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Itulah sebabnya, untuk memulihkan jumlah dan kualitas sperma, kamu dan pasangan sebaiknya mengatur waktu untuk hubungan seksual. 

Untuk meningkatkan peluang hamil, kamu bisa berhubungan seksual setiap dua hari sekali sebelum dan setelah masa subur. 

4. Terlalu lama menunda kehamilan

4. Terlalu lama menunda kehamilan
Freepik/drobotdean

Bagi beberapa pasangan, mereka memutuskan untuk menunda kehamilan karena berbagai alasan seperti memantapkan karir atau memiliki cukup tabungan. Namun, siapa sangka bahwa menunda kehamilan justru bisa meningkatkan risiko sulit hamil. 

Sebab, kesehatan perempuan bisa menurun seiring bertambahnya usia. Apabila kamu hamil di atas usia 35 tahun, kamu juga berisiko hamil disertai kelainan genetik.

5. Stres

5. Stres
Freepik/diana.grytsku

Kondisi stres sering tak dirasakan oleh perempuan maupun pasangan. Padahal, stres bisa menurunkan peluang kehamilan. Walaupun tubuh dinyatakan sehat, tanpa sadar kamu maupun pasangan mengalami stres. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan pasangan untuk menghindari stres. 

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan penurunan peluang kehamilan, meski tubuh dinyatakan sehat. Kamu sebaiknya mengenali kondisi diri sendiri terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan. Terpenting adalah selalu komunikasikan dengan pasangan tentang rencana kehamilan dan masalah yang dihadapi untuk mencegah stres. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.