7 Manfaat Buah Zuriat untuk Program Hamil Beserta Cara Mengonsumsinya

Diketahui ampuh kurangi stres oksidatif yang menjadi penghambat kehamilan!

17 September 2019

7 Manfaat Buah Zuriat Program Hamil Beserta Cara Mengonsumsinya
Flickr.com/rachid h

Penelitian yang dilakukan di Mesir mengatakan bahwa buah zuriat atau buah doum memiliki kandungan antioksidan. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan kemungkinan baik untuk regenerasi sel reproduksi.

Senyawa antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif, di mana senyawa ini dihasilkan secara alami oleh tubuh.

Pada saat kamu mengalami stres, tubuh akan menghasilkan kadar oksigen reaktif yang cukup tinggi, ini disebut dengan stres oksidatif.

Stres oksidatif dapat merusak sel-sel, termasuk sel telur (ovum) dan sperma yang penting untuk reproduksi. Mengurangi stres oksidatif dalam tubuh sama artinya dengan meningkatkan kesehatan reproduksi yang dapat memperbesar peluang kehamilan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang berusaha mendapatkan momongan, tak ada salahnya jika mencoba buah yang satu ini.

Selain mengandung antioksidan, berikut Popmama.com telah merangkum 7 manfaat lainnya beserta cara mengonsumsi buah zuriat dengan tepat.

1. Buah zuriat dapat meningkatkan kualitas sperma

1. Buah zuriat dapat meningkatkan kualitas sperma
Freepik/Sanborr

Salah satu manfaat buah zuriat yang paling populer adalah untuk meningkatkan kesuburan. Pada laki-laki, buah zuriat dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah zuriat dapat meningkatkan hormon seksual pada laki-laki. Kondisi ini dipercaya berpengaruh pada produksi dan kualitas sperma.

2. Buah zuriat mampu meningkatkan kesuburan perempuan

2. Buah zuriat mampu meningkatkan kesuburan perempuan
theanandic.com

Manfaat buah zuriat untuk kesuburan juga berlaku bagi perempuan. Diketahui, hormon seksual pada perempuan akan meningkat setelah mengonsumsi buah zuriat atau buah doum.

Sama halnya seperti laki-laki yang dapat meningkatkan kualitas sperma, buah zuriat juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas sel telur pada perempuan. Dengan begitu, peluang kehamilan pun akan semakin besar.

3. Memperkuat rahim dengan buah zuriat

3. Memperkuat rahim buah zuriat
babygaga.com

Tak hanya dapat meningkatkan kesuburan perempuan, bagi kamu yang tengah menjalani promil, buah zuriat juga dipercaya dapat memperkuat dinding rahim.

Menurut medis, rahim yang kuat diketahui akan lebih siap untuk mempersiapkan kehamilan. 

4. Melancarkan haid dengan buah zuriat

4. Melancarkan haid buah zuriat
Freepik/free photo

Manfaat buah zuriat selanjutnya sangat berguna bagi kamu yang haidnya kurang lancar. Mengonsumsi rebusan buah zuriat dapat membantu agar haid lebih teratur ketika datang bulan.

Hal ini karena buah zuriat dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga dapat membantu kamu ketika datang bulan.

Editors' Picks

5. Buah zuriat mengandung vitamin B kompleks

5. Buah zuriat mengandung vitamin B kompleks
Freepik/Kate Mangostar

Selain tinggi antioksidan, buah doum juga diyakini kaya akan vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9 dan B12). Berikut beberapa manfaat vitamin B kompleks:

  • Meningkatkan energi

Tubuh membutuhkan bantuan vitamin B kompleks untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang pada gilirannya menghasilkan energi pada saat beraktivitas ataupun berolahraga.

Jika tubuh kekurangan vitmain ini, maka proses produksi energi tidak berjalan optimal sehingga kamu bisa lebih cepat lelah dan menurunkan vitalitas saat beraktivitas.

  • Membantu proses metabolisme

Karena larut dalam air, vitamin B kompleks mampu memperbaiki pencernaan dan produksi asam klorida (HCL) yang berfungsi memecah lemak, protein, dan karbohidrat.

Vitamin B1, B2, B3 dan B6 sangat penting dalam menjaga pencernaan sehingga kekurangan vitamin ini akan memicu masalah pencernaan parah.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Selain itu, vitamin ini juga berperan mencegah pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Namun sayang, merebus buah zuriat terlalu lama dapat mengurangi jumlah vitamin B, kecuali vitamin B1 yang sedikit meningkat.

6. Antioksidan yang tinggi terkandung dalam buah zuriat

6. Antioksidan tinggi terkandung dalam buah zuriat
Freepik/Yanalya

Buah zuriat mengandung beberapa senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan. Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Konsumsi buah zuriat dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan antioksidan yang cukup, peluang kehamilan pun akan semakin meningkat.

7. Buah zuriat dapat mengatasi diabetes

7. Buah zuriat dapat mengatasi diabetes
Freepik/free photo

Selain dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan lemak total, penelitian yang sama juga menemukan bahwa terdapat penurunan gula darah dari pemberian buah zuriat.

Hal ini dapat diartikan bahwa salah satu manfaat buah zuriat adalah memiliki aktivitas antidiabetes.

Keunggulan lain dari buah zuriat adalah buah ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah tanpa memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh.

Gula darah yang stabil pun dapat meningkatkan peluang kehamilan perempuan dengan PCOS.

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat
Tokopedia.com

Cara mengonsumsi buah zuriat adalah dengan cara meminum air rebusan dari buah tersebut. Cara ini adalah cara yang paling populer.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong buah zuriat menjadi beberapa bagian, kemudian direbus bersama dengan kulitnya paling tidak selama 15 menit.

Buah zuriat juga tersedia dalam bentuk serbuk di pasaran. Serbuk tersebut cukup diseduh dengan air hangat untuk kemudian diminum.

Kamu juga diperbolehkan untuk menambahkan madu guna menambah cita rasa manis baik untuk rebusan buah zuriat maupun seduhan buah zuriat serbuk.

Konsumsilah buah zuriat sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter maupun ahli herbal.

Nah, itulah berbagai manfaat buah zuriat dan cara mengonsumsinya. 

Efektivitas penggunaan buah ini untuk program hamil pada setiap orang mungkin akan berbeda-beda.

Jika ingin menggunakan buah zuriat sebagai pengobatan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat agar pengobatan menjadi lebih efektif.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!