7 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesuburan Rahim dan Sel Telur Perempuan

Cocok untuk pasutri yang sedang merencanakan kehamilan!

5 Juli 2020

7 Manfaat Kacang Hijau Kesuburan Rahim Sel Telur Perempuan
Flickr.com/Bagan Mart

Ada begitu banyak jenis kacang-kacangan yang ada di Indonesia dan masing-masing memiliki manfaatnya sendiri. Sama halnya dengan kacang hijau.

Diketahui, kacang hijau adalah salah satu jenis kacang yang tidak hanya lezat, namun kacang hijau juga bermanfaat untuk kecantikan, kesehatan, bahkan sampai pada kesuburan untuk sel telur perempuan.

Nah, untuk mengetahui manfaatnya lebih jelas lagi, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa kebaikan kacang hijau, khususnya untuk kesuburan rahim dan sel telur perempuan.

1. Kacang hijau dapat menyehatkan reproduksi

1. Kacang hijau dapat menyehatkan reproduksi
theestablishment.co

Protein yang terdapat pada kacang hijau ternyata dapat membantu menyehatkan organ reproduksi pada perempuan. Jika kamu mengonsumsi kacang hijau secara rutin, maka proses reproduksi pun akan selalu stabil.

Kesuburan juga dapat terjaga dengan baik jika mengonsumsi zat besi dengan kandungan mineral yang cukup. Selain membuat reproduksi menjadi sehat, kacang hijau juga dapat menyeimbangkan hormon yang memengaruhi kesuburan perempuan.

2. Kacang hijau mengatur hormon reproduksi berjalan dengan baik

2. Kacang hijau mengatur hormon reproduksi berjalan baik
Freepik/spukkato

Omega-3 yang terdapat pada kacang hijau sangat bermanfaat untuk meningkatkan hormon reproduksi. Ketika hormon reproduksi berjalan dengan baik, maka tingkat kesuburan pun akan terjaga dengan baik.

Oleh karena itu, bagi kamu yang menginginkan keturunan, konsumsilah kacang hijau sebagai asupan sehari-hari. Ini tentu bertujuan agar hormon reproduksi bekerja dengan baik sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Editors' Picks

3. Kesuburan terjaga dengan kacang hijau

3. Kesuburan terjaga kacang hijau
babygaga.com

Pada usia muda, menjaga kesuburan sangatlah penting. Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata kesuburan dapat terjaga dengan baik ketika seseorang mengonsumsi zat besi dan makanan dengan kandungan mineral yang cukup.

Tak hanya kesuburan yang terjaga, mengonsumsi kacang hijau juga dapat menjaga kekebalan tubuh, lho!

4. Kacang hijau meningkatkan aliran darah ke rahim

4. Kacang hijau meningkatkan aliran darah ke rahim
Freepik/starline

Aliran darah yang lancar pada rahim sangat dibutuhkan untuk program kehamilan. Bukan tanpa alasan, aliran darah yang lancar menuju ke rahim dapat membantu pembentukan dinding-dinding rahim agar lebih kokoh.

Kandungan omega-3 yang terdapat pada kacang hijau akan membantu pembentukan dinding pada rahim, sehingga dinding-dinding rahim tersebut menjadi lebih kuat.

5. Mengurangi peradangan dengan kacang hijau

5. Mengurangi peradangan kacang hijau
Freepik/Katemangostar

Peradangan bisa saja terjadi pada siapa pun dan di mana pun, baik di tenggorokan, perut, maupun panggul.

Namun, ternyata peradangan yang terjadi pada daerah panggul dapat menyebabkan kesuburan seorang perempuan menjadi berkurang.

Nah, rebusan kacang hijau diketahui dapat menyembuhkan dan mengurangi peradangan pada bagian atau daerah panggul tersebut. Maka, kamu bisa meningkatkan kesuburan dengan mengonsumsi kacang hijau.

6. Kacang hijau membantu meningkatkan lendir serviks

6. Kacang hijau membantu meningkatkan lendir serviks
Freepik/Maksymiv-yura

Pada saat bercinta, sangat penting bagi perempuan untuk mengeluarkan lendir serviks yang berwarna putih pada daerah kewanitaan. Pasalnya, dengan lendir tersebut, sperma pun dapat lebih cepat sampai menuju ke sel telur. Dengan begitu secara otomatis, pembuahan pun akan cepat terjadi dan keinginan untuk mendapatkan keturunan juga akan terwujud.

7. Menormalkan siklus menstruasi dengan kacang hijau

7. Menormalkan siklus menstruasi kacang hijau
Freepik/free photo

Siklus menstruasi bisa saja menjadi tidak normal karena beberapa hal. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 untuk membantu menormalkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Salah satu sumber omega-3 yang bisa didapatkan dengan mudah adalah dengan mengonsumsi kacang hijau. Kandungan omega-3 pada kacang hijau, dipercaya sangat efektif untuk menormalkan siklus menstruasi.

Nah, itulah ketujuh manfaat kacang hijau untuk kesuburan rahim dan sel telur perempuan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.