Benarkah Lumut Irlandia Baik untuk Kesuburan? Simak Faktanya

Lumut irlandia dapat dikonsumsi sebagai smoothie, apakah ampuh untuk meningkatkan kesuburan?

5 Maret 2021

Benarkah Lumut Irlandia Baik Kesuburan Simak Faktanya
Unsplash/David Clode

Saat kamu mencoba untuk hamil, kamu mungkin tergoda untuk mencoba segala cara agar dapat hamil dengan segera. Termasuk mencoba beragam makanan atau suplemen. Jadi, tidak mengherankan bahwa ketika ada klaim tentang berbagai makanan dan suplemen kesehatan muncul, banyak perempuan mempertimbangkan untuk mencobanya.

Tren terbaru yang beredar secara online adalah sea moss (juga dikenal sebagai lumut Irlandia), sejenis rumput laut merah yang ditemukan terutama di Atlantik Utara. Nama ilmiahnya adalah Chondrus crispus.

Ada yang mengatakan bahwa mencampurkan lumut dalam bentuk kering ke dalam smoothie atau suplemen dapat membantu meningkatkan kesuburan. Ini disebabkan oleh kandungannya yang kaya akan serat dan nutrisi seperti vitamin B, magnesium, dan kalium.

Ditambah lagi, di Karibia, beberapa orang menilai lumut irlandia sebagai afrodisiak untuk laki-laki. Apakah benar lumut Irlandia dapat meningkatkan kesuburan? Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini.

Karakteristik dan Kandungan Gizi Lumut Irlandia

Karakteristik Kandungan Gizi Lumut Irlandia
Unsplash/Nicola Styles

Lumut irlandia atau sea moss memiliki karakteristik yang membedakan dari lumut lainnya. Karakteristik dari lumut irlandia yaitu mempunyai ciri-ciri thallus yang lebar dengan sedikit bergelombang dan berwarna kemerahan.

Ukuran yang relatif kecil yaitu kurang lebih dari 20 cm. Lumut tersebut mempunyai tekstur yang lembut dan sangat lunak sekali sehingga dapat dibentuk atau dibuat berbagai macam produk.

Lumut irlandia tidak hanya mempunyai pigmen warna merah saja melainkan berbagai warna tumbuh-tumbuhan terdapat dalam kelompok lumut ini ada yang berwarna ungu, violet dan cokelat atau hijau.

Pada setiap 100 gram lumut irlandia terkandung:

  • Energi 49 kcal
  • Protein 1.51 g
  • Energi 49 kcal
  • Protein 1.51 g
  • Lemak 0.16 g
  • Karbohidrat 12.29 g
  • Serat 1.3 g
  • Gula 0.61g
  • Kalsium 72 mg
  • Zat besi 8.9 mt
  • Magnesium 144 mg
  • Fosfor 157 mg
  • Vitamin C 3 mg
  • Folat 182 mcg
  • Vitamin A 118 IU
  • Riboflavin 0.466 mg

Editors' Picks

Benarkah Lumut Irlandia Dapat Meningkatkan Kesuburan?

Benarkah Lumut Irlandia Dapat Meningkatkan Kesuburan
Freepik/lifeforstock

Memang benar bahwa “sayuran laut” seperti rumput laut kaya akan berbagai nutrisi dan serat. Tetapi studi tentang manfaatnya sangat terbatas dan kebanyakan menggunakan subjek hewan, bukan manusia.

Dengan kata lain, penelitian ini menarik tetapi sedang berlangsung dan sulit untuk menarik garis lurus antara lumut irlandia dan kesehatan manusia, apalagi kesuburan.

Keri Grey, ahli diet di Calgary yang berspesialisasi dalam masalah nutrisi dan kesuburan, mengatakan bahwa rumput laut secara umum adalah sumber folat yang sangat baik dan juga mengandung kalsium. Tetapi dia memperingatkan bahwa kualitas tersebut mungkin tidak cukup untuk menjamin konsumsi suplemen.

Lumut Irlandia Kaya akan Yodium yang Baik untuk Hormon Tiroid

Lumut Irlandia Kaya akan Yodium Baik Hormon Tiroid
Freepik

Yodium adalah faktor penting lainnya untuk dipertimbangkan. Gray mencatat bahwa lumut Irlandia cenderung tinggi yodium, dan yodium penting dalam hormon tiroid.

“Masalah kesuburan dapat terjadi dengan masalah hipertiroid dan hipotiroid, jadi saya dapat memahami mengapa orang melihat hal-hal seperti rumput laut karena kandungan yodiumnya,” katanya.

Namun kadar yodium yang terkandung pada lumut Irlandia tergantung pada waktu panen dan lokasinya. Terkadang tingkat yodium berada dalam tingkat normal dan tidak apa-apa, tetapi terkadang dapat melebihi batas atas dari yang direkomendasikan. Kelebihan yodium juga dapat menimbulkan masalah tiroid.

Lumut Irlandia Berisiko Terkontaminasi Logam Berat

Lumut Irlandia Berisiko Terkontaminasi Logam Berat
Freepik/Racool_studio

Gray juga mengatakan sumber lumut Irlandia adalah masalah besar lainnya. Tergantung di mana dipanen, rumput laut dapat terkontaminasi logam berat seperti merkuri dan arsen. Jadi hal ini patut dipertimbangkan juga.

Alih-alih mengonsumsi lumut Irlandia, Gray merekomendasikan untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk membantu mendukung kesuburan. Sebagian besar penelitian mendukung pola makan yang lebih bergaya Mediterania: lebih banyak ikan dan makanan laut, lebih sedikit daging merah, banyak sayuran, buah-buahan dan biji-bijian, serta minyak tak jenuh tunggal seperti zaitun dan alpukat.

Nah itulah informasi seputar lumut Irlandia untuk meningkatkan kesuburan. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.