7 Hal yang Perlu Kamu Pikirkan jika Belum juga Hamil

Alih-alih bersedih karena belum hamil, pikirkan 7 hal ini, ya!

15 Oktober 2020

7 Hal Perlu Kamu Pikirkan jika Belum juga Hamil
freepik.com/maksymiv_yura

Bagi sebagian orang, tidak sulit untuk dapat hamil. Namun ada juga yang menanti-nanti setiap bulan sehingga jadwal menstruasi mungkin dapat membuat resah.

Ketika kamu sudah melakukan beberapa hal untuk dapat hamil, mengalami menstruasi sesuai jadwal mungkin sedikit mengecewakan.

Alih-alih mendapatkan hasil tes kehamilan yang positif, kamu malah mendapatkan menstruasi. Kamu menghabiskan waktu sebulan untuk memikirkannya dan berhasil melewati penantian dua minggu yang menakutkan. Jika hasilnya tidak sesuai harapan, kamu mungkin akan kecewa atau berkecil hati.

Tetapi sebelum larut dalam kesedihan, berikut Popmama.com rangkum tujuh hal yang perlu kamu pikirkan jika belum juga hamil:

1. Mama tidak sendiri

1. Mama tidak sendiri
Freepik/peoplecreations

Meski ada yang dapat hamil dengan mudah, ada juga yang harus menunggu beberapa saat. Jika kamu tidak kunjung hamil, itu bukan salah kamu. Selain itu, jangan merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang mengalami ini. Jadi, jangan habiskan energi kamu untuk merasa kecewa karena banyak orang mengalami hal yang sama.

2. Terus mencoba

2. Terus mencoba
Freepik/cookie_studio

Sebanyak 85 persen perempuan akan hamil dalam tahun pertama dan 65 persen dalam enam bulan. Jika kamu terus mencoba, kamu memiliki peluang yang sangat besar untuk hamil dalam waktu satu tahun. Jika bulan ini kamu belum hamil, jangan putus asa untuk mencoba lagi, ya! Semakin sering mencoba untuk hamil, semakin besar peluangnya.

Editors' Picks

3. Manjakan diri sendiri

3. Manjakan diri sendiri
Freepik

Setelah berusaha, jangan lupa untuk memanjakan diri sendiri, ya. Lakukan beberapa hal yang dapat membuat kamu menjadi santai dan senang. Misalnya berbelanja atau nonton film favorit.

Cobalah untuk tidak terlalu fokus pada apa yang belum terjadi, menikmati waktu sekarang, dan bersemangat menanti masa yang akan datang.

4. Mengetahui waktu ovulasi

4. Mengetahui waktu ovulasi
Freepik

Ovulasi adalah proses yang terjadi di dalam siklus menstruasi perempuan. Pada proses ini folikel yang matang akan pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk dibuahi. Pada tahapan ini lapisan rahim telah menebal untuk mempersiapkan sel telur yang telah dibuahi.

Pengaturan waktu untuk melakukan hubungan seksual berdasarkan ovulasi akan meningkatkan peluang untuk hamil. Dapatkan panduan bagaimana mengetahui waktu ovulasi sehingga kamu dapat mengetahui waktu yang tepat untuk hamil.

5. Ketahui kapan harus mendapatkan bantuan

5. Ketahui kapan harus mendapatkan bantuan
www.freepik.com

Di beberapa titik dalam perjalanan ini, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Jika usia kamu kurang dari 35 tahun dan sudah mencoba selama setahun, ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter. Namun jika usiaa kamu di atas 35 tahun, kamu harus segera ke dokter setelah enam bulan berusaha.

Dokter dapat mengevaluasi kamu dan pasangan untuk melihat apakah perlu dilakukan perawatan kesuburan atau tindakan lain agar kamu dapat hamil. Selain itu, dokter juga akan memeriksa apakah ada masalah tertentu yang menyebabkan Mama belum hamil.

6. Pelihara hubungan dengan suami

6. Pelihara hubungan suami
Pexels/cottonbro

Mencoba untuk hamil bisa membuat pasangan suami istri menjadi stres. Bicaralah secara terbuka dan luangkan waktu untuk menjaga hubungan kamu tetap kuat. Daripada menghabiskan tenaga untuk stres dan khawatir, yuk, lakukan beberapa hal yang menyenangkan bersama suami. Misalnya menonton bersama atau bepergian.

7. Berbagi pengalaman dengan teman atau orang lain

7. Berbagi pengalaman teman atau orang lain
Freepik

Jika mau, cobalah berbagi pengalaman dengan teman-teman. Kamu mungkin terkejut mengetahui berapa banyak orang yang mengalami hal yang sama. Ini akan membuat kamu menemukan kenyamanan ketika berhubungan dengan orang lain yang mengalami pengalaman yang sama.

Itu beberapa hal yang perlu kamu pikirkan jika belum hamil di bulan ini. Hindari stres berlebih dan tetap berusaha, ya!

Semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.