Rempah Termahal di Dunia, Ini Manfaat Saffron untuk Kesuburan!

Pemakaian dalam jumlah wajar dipercaya dapat meningkatkan kesuburan perempuan maupun laki-laki

19 Februari 2021

Rempah Termahal Dunia, Ini Manfaat Saffron Kesuburan
Thepersianfushion.com

Bunga saffron atau yang disebut dengan bunga Crocus Sativus biasanya digunakan untuk rempah-rempah memasak. Bukan cuma manfaat kesehatan, bunga ini juga dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Bumbu ini termahal di dunia berdasarkan berat maupun harganya, dan diyakini dibudidayakan pertama kali di Yunani, diikuti oleh Eurasia, Afrika Utara, Amerika Utara, dan Oseania.

Bagaimana konsumsi bunga saffron dapat meningkatkan kesuburan pasangan? Apakah ada efek samping setelah mengonsumsinya?

Yuk, simak ulasan Popmama.com mengenai manfaat saffron untuk meningkatkan kesuburan berikut ini.

Apa Itu Bunga Saffron?

Apa Itu Bunga Saffron
Canyontribune.com

Saffron merupakan rempah yang dapat digunakan untuk penyedap, pewarna, dan perisa makanan. Meski lebih dikenal sebagai bumbu masakan, bunga ini memiliki banyak manfaat, mulai dari manfaat kesehatan sampai kesuburan.

Warna kuning keemasan dihasilkan oleh pigmen karotenoid yang disebut crocin. Rempah-rempah ini bukan merupakan penemuan baru dalam perdagangan, bunga ini telah digunakan sejak lama. Iran adalah pengekspor safron terbesar dan menyumbang lebih dari 90 persen bumbu produksi dunia.

Bunga ini adalah salah satu rempah termahal di dunia karena cara penanaman dan pemanenannya yang rumit, serta membutuhkan teknik khusus. Selain itu, dibutuhkan 150 bunga untuk memproduksi 1 gram benang saffron.

Editors' Picks

Manfaat Saffron untuk Program Hamil

Manfaat Saffron Program Hamil
recipes.timesofindia.com

Bunga saffron memiliki sifat afrodisiak, sehingga bila dikonsumsi secara rutin dan tepat setiap harinya, dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi perempuan dan laki-laki. Nutrisi yang terkandung pada bunga inilah yang memberikan manfaat tersebut.

Sebuah penelitian menemukan bahwa bunga saffron mampu membantu laki-laki yang mengalami disfungsi ereksi akibat konsumsi obat antidepresan fluoxetine

Penelitian lain juga memperlihatkan bahwa konsumsi bunga saffron selama empat minggu sebanyak 30 mg per hari dapat meningkatkan hasrat seksual dan pelumas di vagina, serta penurunan rasa sakit saat berhubungan intim.

Saffron juga dianggap mampu meningkatkan stamina laki-laki maupun kemampuan ereksi yang lemah. Konsumsi bunga saffron dipercaya dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Cara Mengolah Bunga Saffron

Cara Mengolah Bunga Saffron
Freepik

Bagaimana mengonsumsinya? Bunga ini dapat dijadikan bumbu atau dicampurkan ke dalam masakan.

Kamu bisa mendapatkan bunga saffron dalam bentuk bubuk ataupun langsung dalam bentuk benang. Bila kamu memutuskan untuk menggunakan bunga saffron dalam bentuk benang, maka kamu dapat merendamnya ke dalam air hangat selama beberapa saat sebelum mencampurkan benang saffron dan airnya ke dalam masakan yang sedang dimasak.

Selalu sesuaikan takaran bunga saffron ke dalam masakan agar aroma dan rasanya tidak terlalu mendominasi masakan.

Efek Samping Konsumsi Bunga Saffron

Efek Samping Konsumsi Bunga Saffron
Organicfacts.net

Konsumsi bunga saffron pada umumnya aman, tanpa adanya efek samping. Jika dipakai dalam jumlah yang masuk akal saat memasak, bunga ini tidak menimbulkan efek samping.

Sebagai suplemen makanan, kamu dan pasangan dapat dengan aman mengonsumsi hingga 1,5 gram saffron per hari. Namun, hanya 30 mg saffron per hari yang terbukti cukup untuk menuai manfaat kesehatannya.

Di sisi lain, dosis tinggi sebanyak lima gram atau lebih dapat menimbulkan efek toksik. Ibu hamil harus menghindari dosis tinggi, karena dapat menyebabkan keguguran.

Selalu konsultasikan dengan dokter sebelumnya mengenai suplemen yang ingin kamu konsumsi.

Masalah lain dengan bunga saffron, terutama dalam bentuk bubuk, yaitu dapat dicampur dengan bahan lain, seperti bit, serat sutra yang diwarnai merah, dan paprika. Pemalsuan ini bertujuan untuk menjual produk yang jauh lebih murah harganya.

Itulah manfaat saffron untuk meningkatkan kesuburan dan aturan mengonsumsinya.

Konsumsi dalam jumlah yang wajar dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.