Melakukan Tes Kehamilan di Malam Hari, Bagaimana Tingkat Akurasinya?

Apakah hasilnya akan sama dengan tes kehamilan di pagi hari?

19 Oktober 2020

Melakukan Tes Kehamilan Malam Hari, Bagaimana Tingkat Akurasinya
Freepik/Santipong6519

Kehamilan adalah hal yang dinantikan oleh keluarga. Sebelum memeriksakan diri ke dokter kandungan, Mama biasanya akan menggunakan alat tes kehamilan. Meskipun penting untuk melakukan tes kehamilan atau test pack, tetapi yang lebih penting adalah Mama menggunakan alat tes kehamilan di waktu yang tepat untuk hasil yang akurat.

Test pack biasanya digunakan pada pagi hari. Kondisi urine pada saat pagi hari masih pekat, sehingga hasil yang didapat bisa lebih akurat. Oleh karena itu, Mama sebaiknya menggunakan test pack ini saat pagihari setelah bangun tidur.

Bagaimana jika tes ini dilakukan pada malam hari? Apakah hasilnya akan sama? Kali ini Popmama.com akan mengulas soal keakuratan penggunaan test pack di malam hari, Ma.

Apakah Test Pack Dapat Digunakan di Malam Hari?

Apakah Test Pack Dapat Digunakan Malam Hari
Freepik/Santipong6519

Mama dapat melakukan tes kehamilan di malam hari tetapi jangan berharap hasilnya akan akurat. Tujuan utama melakukan tes kehamilan adalah untuk memeriksa hormon hCG atau Human chorionic gonadotropin yang merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan. Hormon ini dilepaskan bersama urine di pagi hari.

Jika ini dilakukan di malam hari, garis test pack mungkin samar dan hasilnya tidak akurat.

Tetapi jika Mama ingin memastikan apakah Mama hamil atau tidak, tes darah memberikan hasil yang lebih akurat daripada test pack.

Biasanya, tes kehamilan dilakukan paling cepat dua minggu setelah ovulasi. Idealnya, ini diulangi lagi dalam satu minggu jika tidak terjadi menstruasi.

Editors' Picks

Mengapa Malam Hari Bukan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Test Pack?

Mengapa Malam Hari Bukan Waktu Tepat Menggunakan Test Pack
Freepik

Waktu malam tidak ideal karena test pack tidak akan menangkap hormon hCG dengan baik. Tidak banyak jejaknya di malam hari sehingga Mama mungkin mendapatkan hasil tes kehamilan negatif di malam hari.

Seperti disebutkan di atas, test pack bekerja dengan mendeteksi hormon hCG dalam urine. Karena urine lebih terkonsentrasi di pagi hari, kemungkinan kadar hCG akan lebih tinggi dan mudah terdeteksi jika Mama benar-benar hamil, sehingga hasilnya lebih akurat.

Apakah Tes Darah untuk Kehamilan Memberikan Hasil Akurat di Malam Hari?

Apakah Tes Darah Kehamilan Memberikan Hasil Akurat Malam Hari
Pexels/Karolina Grabowska

Tingkat hCG dalam darah rendah pada malam hari, ini dapat menyebabkan kesalahan atau hasil yang tidak tepat. Jadi, jika Mama ingin melakukan tes darah untuk pemeriksaan kehamilan, lakukan di pagi hari saat tingkat hCG tinggi. Mama juga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat untuk tes ini jika dilakukan sehari setelah hari pertama menstruasi yang terlewat.

Ini karena setelah sel telur dibuahi dan menempel pada lapisan rahim, plasenta mulai cepat melepaskan hormon hCG setiap 2-3 hari sekali.

Ingatlah bahwa obat kesuburan dan obat-obatan tertentu dapat mengganggu hasil tes kehamilan di rumah.

Jika Mama Tetap Menggunakan Test Pack di Malam Hari, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Mama Tetap Menggunakan Test Pack Malam Hari, Apa Harus Dilakukan
Freepik/Jcomp

Jika Mama tidak sempat memeriksakan kehamilan di pagi hari, berikut beberapa hal yang perlu diketahui bila ingin menggunaakan test pack di malam hari:

  • Jika Mama mendapatkan hasil positif di malam hari, kemungkinan besar Mama hamil. Jika hasilnya negatif, pembacaannya bisa jadi tidak akurat dan Mama mungkin perlu mengujinya lagi di pagi hari.
  • Hindari mengonsumsi minuman apa pun yang mengandung kafein sepanjang hari. Minum banyak air dan hindari garam. Setelah segelas air terakhir di siang hari, tunggu setidaknya 6 jam tanpa minum sebelum melakukan tes.

Itulah tingkat akurasi tes kehamilan di malam hari. Jika Mama melakukannya di malam hari, ini mungkin harus dilakukan beberapa kali. Apabila Mama mendapatkan hasil yang sama terus menerus maka kemungkinan besar Mama memang hamil. Selanjutnya, lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter kandungan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.