Wajib Tahu: 8 Manfaat Clover Honey untuk Meningkatkan Kesuburan

Clover honey juga memiliki banyak manfaat bagi mereka yang sedang dalam program hamil

24 Oktober 2020

Wajib Tahu 8 Manfaat Clover Honey Meningkatkan Kesuburan
Freepik

Clover honey adalah salah satu jenis madu yang berasal dari tanaman semanggi (clover plants). Madu ini mulai populer karena diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Rasanya yang lembut dan warnanya yang ringan, menjadikannya pilihan populer di kalangan masyarakan belakangan ini.

Tanaman semanggi sangat umum, tahan cuaca, dan merupakan sumber nektar yang disukai lebah madu. Oleh sebab itu, clover honey mudah diperoleh.  

Madu ini juga memiliki rasa yang lebih kompleks daripada gula, membuat banyak orang menggunakannya untuk pemanis makanan dan minuman.

Selain itu, clover honey mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang moderat. Apakah madu ini juga memiliki manfaat bagi mereka yang sedang dalam program hamil?

Untuk membantu Mama, popmama.com akan mengulas manfaat clover honey untuk program hamil. Apa saja, ya?

Nutrisi Clover Honey

Satu sendok makan (21 gram) clover honey mengandung:

  • Kalori: 60 kalori
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 17 gram

Selain itu, clover honey juga menawarkan sejumlah kecil vitamin dan mineral, termasuk magnesium, kalium, besi, dan seng.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi clover honey untuk program hamil:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pixabay

Clover honey kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang dapat mencegah atau mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas. Ini dapat meningkatkan imunitasis agar tidak mudah terserang penyakit.

Agar dapat memiliki kehamilan yang sehat, Mama juga harus mempersiapkan tubuh. Konsumsi clover honey dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit sehingga tubuh pun siap untuk merawat janin.

2. Menutrisi tubuh dan meningkatkan kesehatan seksual

2. Menutrisi tubuh meningkatkan kesehatan seksual
Freepik/master1305

Manfaat madu untuk kesuburan yang pertama adalah menutrisi tubuh dan meningkatkan kesehatan seksual. Madu adalah bahan alami yang merupakan sumber nutrisi serta mengandung sifat-sifat penting yang menbantu menghilangkan gangguan reproduksi dan seksual.

Nutrisi pada madu membantu mengatasi PMS, infertilitas, impotensi, dan menopause.

Editors' Picks

3. Antivirus dan antibakteri

3. Antivirus antibakteri
freepik/tirachardz

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan kapasitas antibakteri dari 16 jenis madu, clover honey memiliki antibakteri terkuat terhadap sel Staphylococcus aureus yang berbahaya.

Clover honey juga dapat membantu untuk menyembuhkan luka, seperti luka bakar ringan dan luka gores. Hal ini dikarenakan bakteri tidak dapat menjadi resisten terhadap madu.

Pada sebuah studi tabung reaksi ditemukan bahwa dengan mengoleskan lima persen clover honey pada sel-sel kulit yang terinfeksi virus cacar air, secara signifikan dapat menurunkan tingkat kelangsungan hidup virus.

Konsumsi clover honey saat program hamil dapat membantu melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang dapat mengganggu kehamilan kelak.

4. Meningkatkan produksi hormon seksual

4. Meningkatkan produksi hormon seksual
Pexels/cottonbro

Manfaat madu untuk kesuburan adalah merangsang produksi hormon seksual. Madu menunjukkan kemampuan luar biasa untuk menyeimbangkan kemampuan kelenjar seseorang. Madu berfungsi efektif untuk laki-laki yang menderita masalah yang berhubungan dengan impotensi dan perempuan yang menderita masalah ketidaksuburan.

5. Meningkatkan kualitas sperma

5. Meningkatkan kualitas sperma
Pixabay/TBIT

Manfaat madu untuk kesuburan yang selanjutnya adalah meningkatkan kualitas sperma. Menurut Journal of Dental and Medical Sciences, madu punya efek positif pada sistem reproduksi laki-laki.

Menurut para ahli, pasangan yang mengonsumsi madu setiap hari dapat meningkatkan kemungkinan untuk cepat hamil.

Bahkan, konsumsi madu secara teratur mampu meningkatkan kualitas sperma dan persentase kesuburan pasangan suami istri.

6. Dipercaya sebagai penyubur kandungan

6. Dipercaya sebagai penyubur kandungan
Freepik/Jcomp

Tidak hanya itu saja, madu juga dikategorikan sebagai salah satu jenis makanan penyubur kandungan.

Sejak dahulu kala, madu sudah digunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan kesuburan laki-laki maupun perempuan berkat kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Hal ini tertulis secara historis pada kebiasaan orang Mesir yang selalu mengonsumsi madu untuk meningkatkan kesuburan serta peluang memiliki keturunan.

Secara tradisional, konsumsi madu juga dipercaya untuk meningkatkan vitalitas laki-laki.

7. Mengurangi keputihan pada perempuan

7. Mengurangi keputihan perempuan
Freepik/Maksymiv-yura

Peter Molan, Director of the Honey Research Unit di Universitas Waikato, Selandia Baru menjelaskan bahwa madu murni bisa mencegah keputihan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Ini karena madu murni mengandung enzim antibakteri.

Keputihan adalah hal yang normal bagi perempuan. Tetapi jika keputihan yang muncul punya bau, warna, dan tekstur yang tidak biasa, kamu dapat mengonsumsi clover honey secara rutin untuk mengatasinya. Umumnya, keputihan yang tidak biasa muncul disebabkan adanya bakteri Trichomonas vaginalis, jamur Candida albicans, serta bakteri Gardnerella vaginalis.

8. Mencegah kanker organ reproduksi

8. Mencegah kanker organ reproduksi
Pexels/Anna Shvets

Mengonsumsi madu secara rutin dapat mencegah muncul dan berkembangnya sel kanker pada organ reproduksi. Madu mampu mencegah kanker serviks, kanker payudara, serta kanker prostat. Selain kanker, madu juga mencegah tumor.

Zat antikanker dan antitumor yang terkandung dalam madu adalah flavonoid, asam fenolat, asam amino, protein, dan enzim. Zat-zat tersebut juga berperan sebagai zat antiinflamasi. Peradangan kronis terbukti berhubungan dengan terbentuknya sel kanker. Madu mampu meredakan inflamasi yang muncul, sehingga bisa mencegah kanker.

Nah, itu semua manfaat clover honeyuntuk program hamil dan mendukung kesuburan. Meski baik, jangan dikonsumsi secara berlebihan, ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.