Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Kehamilan di Masa Menyusui

Ketahui waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan agar hasilnya akurat

11 Mei 2022

Ini Waktu Tepat Melakukan Tes Kehamilan Masa Menyusui
Freepik.com/valuavitaly

Meskipun saat ini Mama tengah berada di masa menyususi, bukan berarti Mama tidak bisa hamil lagi. Ya, menyusui diketahui bisa sebagai KB alami. Namun, menyusui sebagai KB alami baru bisa terjadi jika terpenuhi beberapa syarat, di antaranya tidak menstruasi sejak melahirkan, menyusui langsung, dan usia bayi kurang dari 6 bulan.

Nah, jika curiga hamil saat masih menyusui, Mama dapat memastikannya dengan melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack.

Nah, mungkin bertanya-tanya,apakah menyusui dapat mempengaruhi hasil tes kehamilan? Dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan di masa menyusui?

Cari tahu jawabannya melalui ulasan yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini yuk, Ma!

Editors' Picks

Apakah Menyusui Dapat Memengaruhi Hasil Tes Kehamilan?

Apakah Menyusui Dapat Memengaruhi Hasil Tes Kehamilan
Pexels/mart-production

Jawabannya adalah tidak, Ma. Menyusui tidak akan merubah hasil tes kehamilan yang Mama lakukan. Kebanyakan ibu akan khawatir dengan hal ini, namun Mama tidak perlu khawatir.

Sebagai informasi, menyusui dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin, hormon yang dapat menyebabkan penundaan ovulasi dan juga menstruasi.

Karena menyusui mampu menekan ovulasi dan bisa juga mempengaruhi kembalinya siklus menstruasi mama, beberapa orang percaya bahwa mereka tidak bisa hamil saat menyusui.

Tes Kehamilan Hanya Mendeteksi Kandungan pada Urine dan Darah

Tes Kehamilan Ha Mendeteksi Kandungan Urine Darah
Pexels/cottonbro

Tes kehamilan hanya mendeteksi kandungan hormon hCG atau human chorionic gonadotropin yang bisa ditemukan pada darah dan urine.

Untuk memastikan ada atau tidaknya hormon hCG melalui tes darah, dokter akan mengambil sampel darah melalui pembuluh nadi dengan menggunakan jarum.

Sedangkan untuk tes kehamilan melalui urine, Mama bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan test pack atau jika ingin lebih pasti, Mama bisa memeriksakan diri ke dokter.

Hormon hCG ini sendiri hanya di produksi dari plasenta, dan juga hanya diproduksi saat seorang perempuan sedang hamil. Oleh karena itu, menyusui tidak akan mengubah kadar hormon hCG pada tubuh.

Inilah Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Kehamilan di Masa Menyusui

Inilah Waktu Tepat Melakukan Tes Kehamilan Masa Menyusui
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Mengutip Romper, menyusui tidak akan memengaruhi hasil tes kehamilan. Namun sebaliknya, tes ini harus dilakukan di waktu yang tepat.

Direkomendasikan untuk para ibu yang sedang menyusui agar melakukan tes kehamilan sekitar 19 hari setelah berhubungan seks.

Pada masa itu, hormon hCG sudah cukup untuk mendeteksi kehamilan. Sehingga jika benar-benar hamil, Mama tidak perlu khawatir lagi terhadap hasilnya. Namun, tetap perlu ke dokter kandungan untuk mengonfirmasi kehamilan mama ya!

Itulah tadi sedikit informasi mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan di masa menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk