Perlukah Susu untuk Ibu Hamil? Baca 4 Fakta Berikut Ini

Jadi, susu ini buat si ibu atau si Kecil di kandungan ya?

22 Januari 2021

Perlukah Susu Ibu Hamil Baca 4 Fakta Berikut Ini
Shutterstock/Hananeko_Studio

Nggak hanya si Kecil Ma yang perlu mama kasih susu, ternyata Mama juga memerlukannya nih, terutama bagi para busui dan juga bumil nih. Jawabannya jelas, busui pasti sangat membutuhkan sejumlah nutrisi yang lebih besar (lewat kandungan susu khusus) agar kualitas ASI tetap terjaga.

Selain itu para bumil juga membutuhkan susu selama masa-masa kehamilannya, ini bertujuan agar bumil tetap terpenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dan tentunya ini juga akan dirasakan oleh tumbuh kembang si janin selama di dalam perut. Nah, daripada salah informasi, lebih baik baca artikel ini yuk, Ma!

1. Susu cokelat bisa mengatasi mual dan muntah di awal kehamilan

1. Susu cokelat bisa mengatasi mual muntah awal kehamilan
Shutterstock/Dejan Dundjerski

Masa awal kehamilan memang cukup berat bagi beberapa Mama. Biasanya di awal kehamilan akan terasa mual dan muntah. Bahkan di beberapa Mama, karena mual dan muntah yang hebat membuat Mama susah makan atau bahkan takut untuk makan.

Mual dan muntah pada masa awal kehamilan bisa diatasi salah satunya dengan mengkonsumsi jahe atau cokelat. Cokelat disebut mampu memperlambat peristaltik pada lambung. Jadi gerak melambat dan rasa mual berkurang. Cokelat di sini bisa berupa susu juga Ma. Mama bisa memilih susu kehamilan rasa coklat untuk mengurangi rasa mual dan muntah di awal kehamilan. 

Editors' Picks

2. Susu bisa menjadi pelengkap kebutuhan nutrisi mikro dan makro

2. Susu bisa menjadi pelengkap kebutuhan nutrisi mikro makro
Shutterstock/pickingpok

Masa kehamilan pastinya sudah dinantikan setiap pasangan. Tak heran, selama masa kehamilan Mama selalu ingin memberikan yang terbaik untuk calon buah hati. Nggak hanya lewat makanan, Mama pastinya mengusahakan untuk memenuhi nutrisi calon bayi dengan minum susu kehamilan. 

Bahkan pada beberapa Mama yang sudah minum susu persiapan kehamilan pasca menikah. Tentu saja ini bukan masalah, karena susu kehamilan membantu melengkapi kebutuhan nutrisi mikro dan makro. Untuk Mama yang sedang mempersiapkan kehamilan, Mama membutuhkan asupan nutrisi seperti Asam Folat, DHA, Zat Besi dan Vitamin D3. 

Nutrisi Asam Folat baik untuk ‘ditabung’ bahkan sejak sebelum masa kehamilan kok Ma. Sementara untuk Mama yang tengah hamil membutuhkan nutrisi yang lebih kompleks untuk tubuh Mama dan juga janin. Nutrisi yang dibutuhkan pada masa kehamilan seperti Asam Folat, Protein, Lemak, Zat Besi, Kalsium dan Vitamin. 

Pada Mama yang tengah mempersiapkan kehamilan, bisa mengkonsumsi Lactamil Inisis untuk melengkapi nutrisi baik mikro maupun makro. Sementara untuk Mama yang sudah memasuki masa kehamilan, bisa konsumsi Lactamil Pregnasis untuk melengkapi nutrisi selain makanan yang Mama konsumsi. Lactamil Inisis dan Pregnasis ini sama-sama mengandung Asam Folat yang mencegah kecacatan pada bayi. 

Ditambah lagi kandungan DHA dan Omega 6 yang membantu pembentukan membran sel, khususnya sistem saraf pusat. Lactamil Inisis dan Pregnasis dengan ActiDuoBio juga mendukung perkembangan ketahanan tubuh si Kecil karena mengandung Vitamin C, Vitamin D3, Vitamin E, dan Protein. Untuk lebih lengkapnya, klik di sini ya Ma!

3. Susu rendah sukrosa bisa hindari overweight saat kehamilan

3. Susu rendah sukrosa bisa hindari overweight saat kehamilan
Shutterstock/Odua Images

Penting nih buat Mama yang sedang hamil. Jika memilih susu kehamilan, usahakan mencari susu kehamilan yang rendah sukrosa. Kenapa? Kadar sukrosa atau gula yang tinggi dalam susu bisa memicu overweight, baik bagi Mama maupun pada janin. 

Selama masa kehamilan, mengontrol makanan manis itu penting agar janin tidak kelebihan berat badan saat lahir. Lactamil Pregnasis sendiri memiliki kadar sukrosa yang rendah, sehingga aman dikonsumsi setiap hari bagi Mama yang tengah hamil. 

4. Susu berfungsi sebagai ASI booster selama persiapan persalinan

4. Susu berfungsi sebagai ASI booster selama persiapan persalinan
Shutterstock/nokkaew

Terakhir nih Ma. Selain melengkapi kebutuhan nutrisi Mama dan si Kecil, mengkonsumsi susu kehamilan juga bisa menjadi ASI booster sebagai persiapan persalinan Mama sebelum menyusui si Kecil nanti lho. Dengan susu kehamilan selama masa kehamilan, dapat membantu Mama mengoptimalkan kesehatan Mama selama masa kehamilan dan menyusui. 

Menarik banget ‘kan Ma? Yuk lengkapi nutrisi Mama dan si Kecil dengan susu kehamilan Lactamil ActiDuoBio. (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.