Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Ciri-Ciri Sperma Sehat Tanda Kesuburan

Sperma yang sehat bisa meningkatkan peluang kehamilan yang didambakan

24 September 2020

Kamu Wajib Tahu Ini 5 Ciri-Ciri Sperma Sehat Tanda Kesuburan
Unsplash/Toa Heftiba

Setiap laki-laki tentu mendambakan sperma yang sehat dan normal untuk bisa segera mendapatkan keturunan. Namun pada kenyataannya, tak semua laki-laki memiliki kondisi sperma yang subur. 

Kondisi sperma yang kurang subur, dapat menghambat rencana kehamilan pasangan suami istri. 

Sayangnya, banyak laki-laki yang terlambat menyadari bahkan tidak mengetahui bahwa kondisi spermanya tidak sehat. Pada program kehamilan, banyak pasangan yang hanya fokus pada kesuburan istri. Padahal tingkat kesuburan laki-laki juga memegang peranan yang besar terhadap keberhasilan program hamil.

Untuk itu, berikut ini Popmama.com telah merangkum ciri-ciri sperma sehat yang harus diketahui oleh semua laki-laki.

1. Sperma memiliki tekstur yang kental

1. Sperma memiliki tekstur kental
Freepik/Asier_relampagoestudio

Ciri-ciri sperma sehat yang pertama dan paling mudah dikenalli adalah tekstur yang kental. Biasanya kekentalan sperma bergantung pada kondisi kesehatan tubuh masing-masing. Jika sperma bertekstur kental, berarti laki-laki sedang dalam kondisi yang sehat. 

Tekstur yang kental dibutuhkan agar sperma bisa bertahan di dalam vagina, lalu masuk dan berenang untuk bertemu dengan sel telur. Namun tekstur kental ini akan mengencer dalam waktu 10-15 menit. Sebab, bila terlalu kental, sperma justru akan kesulitan untuk berenang.

Pola makan dan gaya hidup sangat berpengaruh pada kondisi sperma seorang laki-laki. Seorang laki-laki yang sedang menjalani program kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta rutin mengonsumsi buah dan sayur.

Selain itu, mulai sekarang hindarilah mengonsumsi minuman beralkohol, karena dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan sperma.

Editors' Picks

2. Sperma dikeluarkan dalam jumlah yang banyak

2. Sperma dikeluarkan dalam jumlah banyak
Unsplash/Ben White

Sperma sehat juga bisa diketahui dari jumlah yang dikeluarkan. Normalnya sperma 20 juta per milimeter. Banyaknya sel sperma yang dikeluarkan ini hanya bisa diketahui dari pemeriksaan laboratorium.

Perlu diingat bahwa air mani berbeda dengan sperma. Yang bisa dilihat secara kasat mata hanya jumlah air mani, bukan sel sperma.

3. Sperma bewarna putih atau putih kekuningan

3. Sperma bewarna putih atau putih kekuningan
thehealthsite.com

Kamu juga dapat mengetahui ciri-ciri sperma sehat dari warnanya. Jika kamu berwarna putih bersih, itu artinya sperma kamu normal, sehat dan sempurna.

Kesempatan untuk mendapatkan momongan juga akan lebih besar.

Jika Kamu menemukan sperma berwarna kemerahan, maka upaya yang paling tepat adalah berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Sperma bertekstur lengket

4. Sperma bertekstur lengket
Unsplash/rawpixel

Sperma yang sehat tak hanya dikenali dari kekentalan dan warnanya saja, namun tekstur yang lengket juga menjadi salah satu faktor yang penting. Kamu bisa mengetahui ini saat ejakulasi terjadi. 

Apabila sperma bertekstur seperti jelly, maka dipastikan bahwa kamu memiliki sperma yang sehat.

5. Sperma berbau seperti daun akasia

5. Sperma berbau seperti daun akasia
Pixabay/TBIT

Ciri sperma sehat juga bisa dikenali dari aroma bau. Umumnya sperma sehat memiliki aroma aroma khas seperti daun akasia. 

Sperma yang berbau tidak sedap, bisa dicurigai sebagai tanda sperma yang tidak sehat atau ada masalah pada kesehatan seksual laki-laki. Segera perisakan diri ke dokter untuk menghindari kemungkinan yang lebih buruk.

Bagi yang sudah pernah mengetahui aromanya pasti akan tahu mana sperma yang memiliki aroma khas.

Demikian penjelasan tentang apa saja ciri-ciri sperma sehat pada laki-laki.

Untuk memiliki sperma yang sehat, mulailah dari langkah kecil seperti menjaga pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, dan berolah raga secara rutin setiap harinya.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.