Rekomendasi Makanan Sehat saat Program Hamil bagi Suami dan Istri

Bukan hanya perhatikan istrinya, suaminya juga penting lho!

8 Juni 2020

Rekomendasi Makanan Sehat saat Program Hamil bagi Suami Istri
Freepik

Kehamilan menjadi momen yang sangat ditunggu setelah pasangan menikah. Sebab itu para pasangan suami istri harus menyadari bahwa untuk kehamilan tidak hanya dipengaruhi pada faktor genetik maupun kondisi tubuh saja.

Akan tetapi faktor makanan yang dikonsumsi setiap harinya juga memiliki pengaruh yang cukup tinggi.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum pilihan makanan sehat untuk calon mama yang sedang program hamil. Daftar makanan ini dirangkum dari dr. Irma Lidia, Konsultan Kesehatan Jovee.

Suami dan Istri Disarankan Konsumsi Makanan Sehat

Perlu kerjasama kedua pihak untuk bisa menjalankan program kehamilan dengan baik. Jadi bukan hanya kandungan makanan untuk istri saja yang harus diperhatikan, akan tetapi asupan makanan yang suami konsumsi juga harus diperhatikan dengan baik.

Tujuan menjaga makanan bagi suami di saat istri sedang menjalankan program hamil adalah supaya produksi sperma yang dihasilkan juga bagus dan berkualitas.

Sehingga sperma juga memiliki daya tahan untuk sampai pada titik inti dan bisa melakukan pembuahan.

Sebagai catatan penting, ini dia rekomendasi makanan sehat saat sedang program hamil yang bisa  kamu konsumsi, bahan makanannya mudah kok ditemukan.

1. Mengonsumsi produk olahan susu lemak utuh

1. Mengonsumsi produk olahan susu lemak utuh
Freepik

Tingkat kegagalan ovulasi bisa dipengaruhi oleh produk olahan susu lemak utuh yang dikonsumsi setiap harinya.

Bagi perempuan yang mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak justru memiliki risiko gagal dalam pembuahan.

Kandungan susu yang memiliki vitamin D juga bermanfaat untuk memproduksi hormon seksual.

Dengan demikian jika kamu sedang program hamil maka segera hindari susu skim yang encer misalnya seperti yoghurt rendah lemak atau keju.

Selain itu, perempuan yang sedang merencanakan kehamilan juga sebaiknya tidak konsumsi yoghurt yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi karena ada bakteri yang bisa berbahaya.

Begitu juga jika dibandingkan produk olahan susu dengan buah, akan lebih baik jika kamu konsumsi buah potong segar.

Editors' Picks

2. Lentil dan Kacang polong

2. Lentil Kacang polong
Pixabay/PDPics

Kacang polong dan lentil memiliki protein yang cukup tinggi berasal dari tumbuhan. Protein nabati ini memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan.

Selain memiliki protein yang tinggi lentil dan kacang polong memiliki kandungan kalori yang jauh lebih sedikit, sehingga kedua bahan makanan ini dianggap jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan bahan makanan yang lain.

Kacang polong dapat dijadikan sebagai sumber zat besi untuk proses ovulasi secara normal.

Karbohidrat tinggi serat akan lambat ketika tubuh mencernanya. Namun ternyata hal ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan.

Selain itu makanan dengan karbohidrat tinggi serat bisa menurunkan kadar beban glikemik yang terdapat pada tubuh sehingga hal ini memberikan peluang yang lebih besar agar cepat hamil.

3. Biji-bijian dan kacang tanah

3. Biji-bijian kacang tanah
Pixabay/Alexas_Fotos

Biji-bijian seperti wijen dan kacang tanah atau pistachio memiliki kegunaan untuk meningkatkan peluang kamu untuk bisa cepat hamil.

Jenis bahan makanan ini memiliki kandungan coenzyme Q10 (CoQ10) dan kandungan zat antioksidan yang berperan pada produksi energi sel pada tubuh terutama untuk sel telur.

Melalui zat antioksidan maka dapat meningkatkan kualitas sel telur dan mobilitas sperma. Selain itu kacang-kacangan yang memiliki kandungan zinc memiliki fungsi yang baik dalam produksi ovulasi dan sperma.

Untuk makanan yang memiliki sumber antioksidan tinggi bisa dijumpai pada daging ikan dan minyak kanola.

4. Bayam

4. Bayam
Dok. Istimewa

Bayam adalah sayuran hijau berserat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan baik untuk kesehatan pencernaan. Bayam memiliki kandungan zat besi yang cukup bagi perempuan yang sedang melakukan program hamil.

Untuk makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi serat selain bayam, juga bisa didapatkan dari gandum utuh, beras tumbuk dan oatmeal.

5. Ikan salmon

5. Ikan salmon
freepik.com/yuliyafurman

Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D maka dapat menyebabkan kemandulan. Vitamin D bisa didapatkan pada ikan salmon yang sangat bagus untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program hamil.

Tidak hanya mengandung vitamin D saja akan tetapi juga mengandung omega-3 dan juga asam lemak yang dapat mendorong aliran darah menuju rahim agar semakin meningkat. 

dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee juga menambahkan, “Makan ikan dengan kadar merkuri yang rendah sebanyak 2 kali dalam seminggu, baik untuk meningkatkan kesuburan laki-laki dan perempuan. Penelitian juga menunjukkan pasangan yang sering mengonsumsi ikan lebih cepat hamil dibandingkan yang jarang.”

Bagi kamu dan pasangan yang sedang menjalankan program hamil atau promil maka harus menjaga asupan makanan dengan baik supaya peluang untuk bisa hamil lebih besar.

Selain mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi, selama promil kamu juga diharuskan untuk menghindari stres.

Perlu diingat ya untuk calon mama, pikiran yang stres menyumbang banyak kegagalan pada proses promil yang sedang kamu lakukan.

Itulah rekomendasi 5 makanan sehat saat program hamil. Yuk, lakukan dengan tepat agar bisa cepat hamil ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.