5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pasca Keguguran

Makanan-makanan ini mungkin memang enak, tapi tidak menutrisi tubuh mama yang masih lemah

22 September 2020

5 Jenis Makanan Harus Dihindari Pasca Keguguran
Pexels/Rawpixel.com

Keguguran adalah peristiwa duka yang tak dapat dilupakan siapapun. Butuh dukungan dan semangat dari orang sekitar untuk kembali memulihkan diri pasca keguguran. Selain dari sisi mental, setelah mengalami keguguran Mama juga perlu memulihkan kesehatan tubuh. 

Salah satu cara menjaga kesehatan dan stamina tubuh setelah keguguran adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang justru dapat memperburuk kondisi.

Berikut Popmama.com merangkum lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari setelah mengalami keguguran, dilansir dari Momjunction:

1. Pati rendah serat

1. Pati rendah serat
Soompi.com

Karbohidrat memberi tubuh kita bahan bakar yang dibutuhkan, juga mengontrol kadar gula darah. Tetapi, biji-bijian olahan atau pati rendah serat bisa berdampak buruk pada tubuh kita.

Makanan seperti nasi yang dimasak instan, mie, cake, dan sebagainya, menyebabkan fluktuasi cepat pada kadar gula tubuh. Itulah mengapa penting membatasi jumlah pati rendah serat dalam makanan, terutama setelah Mama mengalami keguguran.

Editors' Picks

2. Makanan dan minuman manis

2. Makanan minuman manis
Freepik

Tubuh kita memerlukan gula sebagai sumber energi. Tetapi, hindari mengonsumsi minuman dan makanan manis yang berlebihan, seperti permen atau minuman soda. Makanan dan minuman manis dapat meningkatkan indeks glikemik tubuh sehingga mengakibatkan lonjakan gula darah. 

3. Makanan berlemak

3. Makanan berlemak
Freepik/Joaquincorbalan

Setelah keguguran, penting menghindari peradangan yang dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Lemak dalam daging dan produk susu bisa menyebabkan peradangan. Jadi hindari daging berlemak dari domba, sapi, babi, mentega, keju, dan susu setelah Mama mengalami keguguran.

4. Makanan cepat saji

4. Makanan cepat saji
Freepik

Beberapa orang mungkin menginginkan makanan cepat saji yang punya citarasa asin gurih untuk menghibur diri. Tidak apa-apa mengonsumsinya dalam jumlah sedang, Ma. Tetapi jangan menjadikan junk food sebagai menu utama setelah mengalami keguguran.

Junk food hanya akan mengisi perut mama dengan kalori kosong yang menghalangi Mama mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat ini.
 

5. Produk-produk kedelai

5. Produk-produk kedelai
Pixabay/bigfatcat

Kedelai baik untuk kesehatan kita. Tetapi di sisi lain, kedelai juga tinggi akan fitat yang mencegah tubuh menyerap zat besi. Jadi, batasi jumlah kedelai yang Mama konsumsi setelah keguguran. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari setelah keguguran. Selain makanan-makanan di atas, Mama juga sebaiknya menghindari makanan yang rawan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri untuk menghindari infeksi. Misalnya soft cheese, produk susu yang tidak dipasteurisasi, daging mentah, dan seafood

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma. 

Baca Juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.