5 Ramuan Teh dan Jamu untuk Menyuburkan Kandungan

Ramuan teh dan jamu ini dipercaya dapat meningkatkan peluang kehamilan

23 Juli 2020

5 Ramuan Teh Jamu Menyuburkan Kandungan
Freepik/topntp26

Bagi pasangan yang telah menikah bertahun-tahun, kedatangan sang Buah Hati tentunya sangat didambakan untuk mewarnai kehidupan berumah tangga. Namun, tak semua orang dikaruniai anak dengan mudah. Sebagian di antaranya harus bergelut dengan masalah kesuburan yang membuat mereka kesulitan memiliki momongan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyuburkan kandungan. Salah satu yang dipercaya dan menjadi tradisi turun temurun adalah dengan mengonsumsi minuman herbal, seperti jamu-jamuan dan teh.

Berikut Popmama.com merangkum lima jamu penyubur kandungan yang bisa dicoba:

1. Teh daun jelatang

1. Teh daun jelatang
pixabay.com/Mareefe

Daun jelatang adalah jenis tanaman herbal yang serba bisa. Kandungannya dapat memelihara sistem kelenjar, rahim, kaya akan mineral, bahkan dapat meredakan alergi musiman karena bersifat anti-histamin alami. Selain itu, jelatang kaya akan klorofil yang penting untuk meregulasi darah. Selain itu, daun jelatang juga mengandung vitamin A, C, potasium, kalsium, dan zat besi.

Editors' Picks

2. Teh daun semanggi merah

2. Teh daun semanggi merah
herbco.com

Daun semanggi merah mengandung mineral tunggal yang dibutuhkan oleh sistem kelenjar. Fungsinya adalah detoksifikasi polutan lingkungan dan juga untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, daun semanggi merah meningkatkan fungsi peredaran darah, meningkatkan lendir pada serviks, dan menyokong jaringan rahim.

Lendir serviks sangat penting selama proses pembuahan karena memelihara dan melindungi sperma, serta bertugas sebagai media di mana sperma melakukan perjalan untuk membuahi sel telur. 

3. Ginseng

3. Ginseng
Food.ndtv.com

Ginseng adalah rempah yang terkenal akan manfaatnya untuk mengobati gangguan rahim. Apabila dikonsumsi secara rutin, ginseng dapat meningkatkan ukuran sel telur saat masa subur. Cara mengonsumsinya pun mudah. Bersihkan akar ginseng, seduh dengan air panas, kemudian diminum seperti biasa. Lebih baik lagi apabila ginseng dikonsumsi dalam masa subur untuk memperbesar peluang kehamilan.

4. Teh lempuyang

4. Teh lempuyang
yournews.com

Lempuyang atau yang juga dikenal dengan nama bitter ginger punya rasa yang cukup asam cenderung pahit. Tetapi, meskipun rasanya tak enak, kandungan senyawa-senyawa di dalamnya bermanfaat untuk mengatasi penyakit kista dan endometrium yang menghambat kesuburan. 

Untuk mengurangi rasa pahitnya, Mama bisa merebus lempuyang bersama dengan jahe dan madu agar rasanya lebih enak saat dikonsumsi.

5. Jamu kencur dan kunyit

5. Jamu kencur kunyit
Lifealth.com

Kencur dan kunyit adalah rempah yang sangat umum digunakan sebagai bahan baku jamu. Jamu kencur dan kunyit dipercaya melancarkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, jamu kencur dan kunyit juga berkaitan erat dengan mengurangi aroma tak sedap pada organ intim. Karena itulah, jamu kencur dan kunyit diyakini dapat berpengaruh pada organ reproduksi dan meningkatkan kesuburan. 

Itu dia lima rekomendasi jamu dan teh untuk menyuburkan kandungan. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi segala jenis jamu-jamuan dan teh herbal agar tidak bertabrakan dengan obat-obatan dan program kehamilan dari dokter. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.