TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Keguguran

Makanan-makanan ini bisa menyembuhkan kondisi fisik dan tingkatkan mood setelah keguguran

15 Agustus 2022

Daftar Makanan Baik Dikonsumsi setelah Keguguran
Freepik/tirachardz

Keguguran tentunya merupakan pengalaman yang sangat memilukan. Namun kamu juga perlu bangkit, tidak bisa terus larut dalam kesedihan dan perlu untuk menyembuhkan diri baik secara mental maupun fisik agar nantinya bisa kembali menjalani program hamil.

Setelah keguguran, mungkin diperlukan waktu lebih untuk bisa kembali pulih secara mental dan fisik. Namun, tentunya terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat pemulihan pasca keguguran, salah satunya lewat makanan.

Lewat makanan yang dikonsumsi, kamu bisa sekaligus menyembuhkan kondisi mental meningkatkan mood setelah keguguran. Lalu apa saja, ya, makanan yang baik dikonsumsi setelah keguguran untuk membantu proses penyembuhan fisik dan mental?

Nah kali ini Popmama.comtelah merangkum dari beragam sumber makanan yang baik dikonsumsi setelah keguguran. Apa saja?

1. Cokelat

1. Cokelat
Freepik/freepik

Tak hanya dikenal untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat, cokelat juga dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan mood.

Mengonsumsi cokelat dapat menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres) dalam tubuh dan dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon endorfin dan serotonin (hormon bahagia).

Cokelat memang bagus untuk meningkatkan mood, namung ingat jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan, ya! Jika berlebihan dapat mengakibatkan efek samping seperti peningkatan detak jantung dan obesitas.

Editors' Picks

2. Makanan yang mengandung asam folat

2. Makanan mengandung asam folat
Pexels/ready made

Perdarahan hebat yang terjadi saat keguguran dapat mengakibatkan tubuh kehilangan banyak sel darah merah. Saat tubuh kekurangan dan kehilangan banyak sel darah merah, maka risiko terjadinya anemia akan meningkat

Untuk membantu menggantikan sel darah yang hilang setelah keguguran agar tidak terjadi anemia, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Makanan yang mengandung asam folat di antaranya, yaitu alpukat, pepaya, brokoli, hati sapi atau hati ayam, dan kacang-kacangan.

3. Makanan yang mengandung banyak zat besi

3. Makanan mengandung banyak zat besi
Pexels/Rodolfo Quiros

Saat keguguran tubuh kehilangan banyak darah akibat pendarahan, akibatnya seorang perempuan yang mengalami keguguran bisa saja mengalami lelah dan lemas akibat kekurangan darah.

Untuk itu, mengonsusmsi makanan yang mengandung banyak zat besi bisa jadi pilihan. Kandungan zat besi dalam makanan yang dikonsumsi bisa membantu pembentukan hemoglobin (protein dalam sel merah).

Makanan yang mengandung zat besi yang baik dikonsumsi setelah keguguran di antaranya, yaitu daging merah, bayam, kentang, jeroan (hati, jantung), dan makanan laut seperti salmon dan ikan sarden.

4. Makanan yang mengandung vitamin C

4. Makanan mengandung vitamin C
Pexels/Dids

Vitamin C merupakan vitamin yang baik untuk membantu penyembuhan luka dan proses pembentukan jaringan parut (bekas luka yang terbentuk saat proses penyembuhan luka).

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses pemulihan setelah keguguran.

Makanan yang mengandung vitamin C di antaranya adalah jeruk, lemon, kiwi, tomat, dan jambu biji.

5. Makanan yang mengandung magnesium

5. Makanan mengandung magnesium
Pexels/Kafeel Ahmed

Kandungan magnesium dalam makanan dapat membantu untuk pembentukan otot dan yang hilang saat keguguran.

Tak hanya itu, magnesium juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingah terhindar dari serangan beragam penyakit. Magnesium dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti di bawah ini:

  • Alpukat
  • Pisang
  • Kacang polong
  • Cokelat
  • Kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete
  • Biji labu
  • Gandum Utuh

Itu tadi berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi setelah keguguran. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, jangan lupa istirahat yang cukup untuk membantu penyembuhan diri setelah keguguran. Semangat!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk